cara reset hp xiaomi
Tips & Tutorial

Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe Tanpa Menghapus Data

Cara reset hp Xiaomi merupakan topik yang banyak dicari. Tidak semua orang tahu bagaimana cara hard reset hp Xiaomi dan apa fungsinya. Secara umum, reset hp atau hard reset adalah mengembalikan setingan hp ke setingan pabrik atau setingan awal. Reset akan menghapus semua aplikasi, setingan, dan data yang ada di hp.

cara reset hp xiaomi

Namun, buat Anda yang khawatir kehilangan data penting saat reset hp Xiaomi. Kami punya tips bagaimana cara reset hp Xiaomi tanpa menghapus data. Berikut ini caranya:

Cara Reset Hp Xiaomi

Cara reset hp Xiaomi pertama adalah dengan fitur Factory Reset. Metode ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone Xiaomi. Untuk mencegah Anda kehilangan data, lebih baik cadangkan data seperti: dokumen, foto, video, dan lainnya di hard disk atau USB flashdisk.

  1. Pastikan baterai penuh saat Factory Reset
  2. Buka menu Setting di hp Xiaomi
  3. Pilih Additional Setting
  4. Pilih menu Backup and Reset
  5. Pilih menu Factory Reset
  6. Selanjutnya pilih Reset Phone dan konfirmasi
  7. Tunggu sampai proses Factory Reset selesai
  8. Setelah selesai, hp Xiaomi akan reboot secara otomatis.

Sebelum melakukan reset hp Xiaomi, pastikan baterai penuh agar tidak menggangu proses Factory Reset. Jika di tengah proses reset, baterai hp habis akan menyebabkan eror pada hp Xiaomi Anda. Setelah proses selesai, Anda bisa seting ulang hp seperti saat pertama kali dibeli.

Cara Hard Reset Hp Xiaomi

Proses hard reset akan menghapus semua data di dalam smartphone. Semua data seperti foto, video, dan dokumen bisa hilang secara permanen. Sama seperti Factory Reset, baterai hp Xiaomi Anda harus penuh atau minimal 70%. Tujuannya agar hp tidak rusak akibat proses reset yang terpotong di tengah jalan.

Berikut ini cara hard reset hp Xiaomi:

  1. Matikan hp Xiaomi Anda
  2. Masuk ke menu Recovery Xiaomi dengan tekan dan tahan tombol Power + Volume Up bersamaan
  3. Setelah itu, Anda akan masuk ke Mi Recovery
  4. Pilih opsi bahasa
  5. Lakukan Hard Reset (Wipe Data) dengan pilih Wipe All Data dan tombol Yes
  6. Tunggu proses Hard Reset sampai selesai
  7. Jangan matikan hp saat proses Hard Reset memakan waktu lama
  8. Setelah selesai, lakukan restart hp Xiaomi Anda.

Hard Reset Xiaomi berguna untuk Anda yang lupa pola kunci layar. Metode ini akan menghapus semua data, dan Anda tidak akan sempat untuk mem-backup data di dalamnya. Parahnya, jika hp Xiaomi mengalami bootlop, hard reset akan merusak perangkat lunak hp Anda.

Cara Reset Hp Xiaomi di MIUI 12

Bagaimana cara reset hp Xiaomi di MIUI 12 terbaru ? Cara Factory Reset atau reset hp di MIUI 12 mungkin berbeda dari versi MIUI sebelumnya. Menu Factory Reset di MIUI 12 memungkinkan Anda mereset data: akun, kontak, foto dan video, aplikasi, data backup, data di MicroSD, atau data di tempat lainnya.

cara reset hp xiaomi terbaru

Anda bisa reset data di masing opsi tersebut secara terpisah. Jadi misalnya Anda ingin reset data foto dan video saja, Anda bisa pilih opsi Photos and Videos saja. Namun jika ingin menghapus semua data, bisa pilih tombol “Erase All Data” di bagian bawah.

Berikut ini langkah-langkah reset hp Xiaomi di MIUI 12 terbaru:

  1. Masuk ke menu Setting
  2. Lalu pilih About Phone
  3. Pilih Factory Reset
  4. Pilih bagian yang ingin di-reset
  5. Jika ingin reset semua data, pilih Erase all data.

Manfaat Reset Hp Xiaomi

Cara reset Hp Xiaomi bisa dilakukan kapan saja. Reset hp atau smartphone punya beberapa manfaat. Beberapa manfaat dari reset hp diantaranya adalah:

1. Menghapus Virus dan Malware

Manfaat utama dari hp Xiaomi adalah menghapus virus dan malware. Program berbahaya ini dapat mencuri data pribadi Anda dan menyebabkan hp lemot. Reset hp akan menghapus semua aplikasi, termasuk virus dan malware yang menempel di hp Anda.

Menghapus virus dan malware di hp sangat sulit. Apalagi jika Anda tidak memasang aplikasi antivirus untuk hp. Virus dan malware juga kadang sulit dihapus, karena variannya banyak dan beragam. Nah, mereset hp akan mengembalikan hp ke pengaturan pabrik dan menghapus semua data, termasuk virus dan malware tersebut.

2. Melindungi Hp dari Hacker

Reset Hp Xiaomi adalah cara yang cukup ampuh untuk memperbaiki hp dari hacker. Ciri-ciri hp dihack adalah kinerjanya melambat. Hp yang di-hack juga bikin baterai cepat habis, kuota internet boros, dan muncul aktivitas aneh di hp. Factory Reset akan menghapus program yang ditanam hacker di hp Anda.

3. Membersihkan Memori Internal Hp

Jika kapasitas memori internal Anda penuh dan sulit menghapusnya, Factory Reset adalah cara yang paling mudah. Reset hp juga dapat menghapus memori sampah yang ditinggalkan oleh aplikasi yang di-uninstal. Menghapus memori aplikasi yang ‘nyangkut’ ini bisa memberi kapasitas tambahan di memori internal.

4. Sebelum Menjual Hp

Reset hp Xiaomi perlu dilakukan sebelum Anda menjual hp. Reset akan menghapus semua data aplikasi, foto, video, dan data email di hp. Mereset hp akan mencegah pengguna baru mengakses data yang masih tersimpan di dalam hp Anda. Daripada menghapus data satu persatu, lebih baik lakukan Factory Reset agar semua data, termasuk user dan password bisa dihapus juga.

Demikian cara reset hp Xiaomi yang benar. Anda juga bisa melakukan hard reset di Hp Xiaomi dengan MIUI 12 terbaru. Sebelum reset, lebih baik backup data terlebih dahulu untuk mencegah kehilangan data-data penting di hp.

Leave a Reply