ciri hp di hack
Info Bisnis Tips & Tutorial

7 Ciri-Ciri HP di Hack, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Ciri-ciri hp di hack sebenarnya bisa dilihat dari berbagai tanda berikut ini. Saat Anda mengetahui hp sedang di hack, segera lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi data pribadi di hp Anda. Jangan sampai foto, video, atau dokumen Anda tersebar ke publik atau dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

ciri hp di hack

Bagi pengguna smartphone, data di dalam ponsel sangatlah penting. Karena sering digunakan, maka banyak orang menyimpan semua data pribadi di dalam ponsel. Kebiasaan inilah yang dimanfaatkan hacker untuk data pribadi di dalam ponsel korban untuk keuntungannya sendiri.

Untuk itu, Anda harus tahu apa saja ciri-ciri hp di hack dan bagaimana cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Hp di Hack

1. Ada Aplikasi Aneh Terinstal Otomatis di HP

Biasanya cara hacker untuk menyadap adalah dengan memasang aplikasi khusus di hp korban. Menariknya, aplikasi bisa disembunyikan oleh hacker. Jika Anda melihat ada aplikasi aneh terinstal otomatis di hp, bisa jadi hp Anda sedang di hack.

Selain itu, aplikasi aneh juga bisa terinstal otomatis ke hp saat membuka website yang disusupi malware. Usahakan jangan membuka situs web terlarang atau yang mengundang muatan negatif. Karena aplikasi pengintai tersebut bisa mencuri semua data pribadi Anda dalam waktu singkat.

2. Baterai HP Cepat Habis

Ciri-ciri hp di hack yang kedua adalah baterai cepat habis. Hal ini disebabkan aplikasi yang diinstal hacker terus bekerja di belakang layar tanpa terlihat. Aplikasi tersebut harus terus berjalan di latar belakang untuk mengirim semua data dari hp Anda. Selain bikin baterai cepat habis, hp juga cepat panas.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui berapa lama biasanya baterai hp Anda bisa bertahan. Misalnya dengan pemakaian normal (termasuk streaming dan gaming) baterai habis dalam 20 jam. Anda bisa jadikan angka tersebut sebagai patokan. Jika tiba-tiba daya tahan baterai merosot tajam, Anda seharusnya sudah mulai waspada.

3. Kuota Internet Boros

Ciri hp di hack selanjutnya masih berhubungan dengan aplikasi aneh yang diinstal hacker. Karena cara kerja aplikasi adalah dengan mengirim data ke hacker, sudah pasti kuota internet Anda akan cepat habis. Aplikasi akan terus menerus mentransfer data keluar sehingga pelan-pelan semua data pribadi Anda dikuasai hacker.

Jika hal ini terjadi, segera matikan sinyal seluler untuk mencegah aplikasi terhubung ke hacker. Jangan hubungkan hp Anda ke WiFi karena aplikasi juga bisa bekerja dengan bantuan internet dari WiFi. Lebih parahnya lagi, kalau terhubung ke WiFi rumah, ada kemungkinan hacker bisa mengakses perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama.

4. Performa Melambat dan Muncul Iklan Pop Up

Lalu lintas data akan dimonopoli aplikasi hacker sehingga aplikasi lain akan ikut terganggu. Aplikasi sistem yang membutuhkan internet juga akan terganggu sehingga kinerja hp jadi melambat. Jika tiba-tiba kinerja hp Anda jadi melambat, bisa jadi hp sedang di hack.

5. Muncul Iklan Pop Up Aneh di Layar

Ciri lain yang kerap ditemukan pada hp yang di hack adalah muncul iklan pop up atau tanda peringatan aneh. Hal ini akan menggangu Anda saat menggunakan hp. Iklan pop up juga akan menguras memori RAM yang akhirnya membuat kinerja hp lebih lambat.

6. Muncul Aktivitas Aneh di HP dan Aplikasi

Ciri hp di hack yang juga sering ditemui adalah HP tiba-tiba mendapat banyak telepon masuk dan SMS. Beberapa orang juga pernah mengalami aplikasi chat atau sosmednya tiba-tiba mengirim pesan aneh ke orang lain. Hacker juga bisa mencuri data di sosmed dan mengubah setingan profil dan informasi data diri Anda.

Ciri-ciri HP di hack yang sering ditemukan adalah tiba-tiba nomor SIM Anda tidak bisa menerima panggilan atau SMS. Ini terjadi karena hacker sudah mengcloning SIM Card Anda. Jika ini terjadi, Anda harus segera hubungi pihak operator.

7. Terdengar Suara Aneh Saat Terima Telepon

Selain mencuri data pribadi, hacker juga senang menyadap pembicaraan korbannya. Jika tiba-tiba terdengar suara aneh atau berisik saat Anda terima telepon, bisa jadi hp Anda lagi di hack. Semua percakapan bisa didengar oleh hacker. Parahnya, jika sedang membicarakan hal yang sensitif bisa dijadikan alat untuk memeras Anda.

Suara aneh ini biasanya hanya didengar oleh Anda. Jika lawan bicara Anda tidak mendengar bunyi aneh, Anda harus curiga panggilan telepon sedang disadap. Sebaiknya Anda lakukan factory reset smartphone atau gunakan SIM card lain untuk menelepon.

Cara Mencegah Hp Di Hack

Mencegah lebih baik daripada mengatasi. Untuk mencegah HP di Hack, lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Aktifkan Keamanan 2 Tahap (2 Step Verification)

Beberapa aplikasi email, chat, sosmed, hingga toko online sudah menyediakan fasilitas 2 Step Verification. Fungsinya untuk memberi keamanan tambahan saat user ingin login ke akun mereka. Setelah memasukan user dan password, aplikasi akan mengirim kode OTP sekali pakai ke nomor hp atau email yang terdaftar.

cara mencegah hp di hack

Jika tiba-tiba Anda mendapat SMS atau email berisi kode OTP bisa jadi akun Anda sedang coba diretas hacker. Segera lakukan penggantian password pada akun yang terancam diretas dan ganti password email untuk terima OTP agar lebih aman.

2. Jangan Pernah “Root” Hp Anda

Root atau rooting di smartphone Android biasanya dilakukan supaya pengguna bisa bebas menggunakan fitur atau kustomisasi perangkat. Akan tetapi, proses rooting bisa jadi jalan masuk malware atau virus berbahaya. Hal ini akan meningkatkan risiko keamanan. Hp Anda akan lebih rentan kena serangan hacker. Proses root hp juga membuat kinerja hp tidak stabil, cepat panas, dan berujung merusak komponen di dalamnya.

3. Matikan Data Jika Tidak Sedang Digunakan

Aplikasi hacker berjalan di latar belakang. Aplikasi ini terus mengirim data dari hp Anda ke hacker melalui internet. Jika Anda tidak sedang menggunakan hp segera matikan koneksi data dari seluler atau WiFi. Setelah itu, cek di daftar aplikasi pada menu Setting dan cek apakah ada aplikasi aneh yang berjalan di latar belakang. Metode ini paling efektif untuk memutus koneksi aplikasi ke hacker.

4. Jangan Sembarangan Instal Aplikasi

Aplikasi yang tersedia di Play Store sebenarnya tidak semua aman. Kita bahkan sering mendengar ada aplikasi yang diblacklist Google karena mengandung malware berbahaya. Aplikasi yang disusupi malware bisa mengakses semua data pribadi Anda yang tersimpan di HP.

Bahkan Malware juga bisa mengumpulkan data penting dari browser, email, sosmed, dan aplikasi chat. Untuk mencegah terkena malware jangan instal aplikasi dari developer yang tidak jelas. Hindari juga instal aplikasi (APK) dari website asing atau tanpa melalui Play Store.

5. Jangan Sembarangan Klik Link di Email

Cara aman supaya hp tidak dihack adalah hindari mengklik link yang dikirim melalui email dari sumber yang tidak dikenal. Link sering dimanfaatkan hacker melalui teknik Phising untuk mendapatkan informasi pribadi Anda. Untuk menghindari pencurian informasi, pastikan email yang Anda terima dikirim oleh orang yang Anda kenal.

6. Pasang Aplikasi Anti Malware

Anda bisa pasang aplikasi anti virus atau anti malware untuk mencegah hp di hack. Aplikasi ini bisa mendeteksi malware dan segera menghapusnya. Walaupun Android sudah punya sistem keamanan sendiri, akan lebih baik jika Anda menambahnya dengan aplikasi anti malware khusus smartphone.

Jika Anda butuh aplikasi anti malware yang bagus, silahkan cek di sini.

Cara Mengatasi Hp di Hack

Jika HP Anda sudah terlanjur kena hack, berikut ini cara mengatasinya:

1. Ganti Semua Password

Cara terbaik untuk mengatasi hp di hack adalah dengan sign out dan ganti semua password akun email, chat, sosmed, dan game Anda. Jika Anda punya aplikasi banking, segera lakukan perubahan password dan PIN. Kemudian jika Anda menyimpan informasi data kartu kredit di web e-commerce segera hapus dan ganti password segera.

cara mengatasi hp di hack

Yang perlu diingat jangan pakai password yang pernah digunakan sebelumnya. Hindari menggunakan nama sendiri atau tanggal lahir sebagai password. Kombinasikan password dengan angka, huruf kecil dan besar, dan karakter unik.

2. Matikan Pengalihan Panggilan

Cara mengatasi HP di hack selanjutnya adalah dengan mematikan pengalihan panggilan (Call Forwading). Meski Anda tidak pernah mengalihkan panggilan, namun hacker pasti sudah mengalihkannya sehingga Anda tidak bisa terima telepon lagi.

Untuk mengetahui apakah telepon Anda disadap, tekan kode USSD *#21# pada panggilan telepon. Setelah itu akan muncul apakah panggilan dan SMS Anda sedang dialihkan. Bila pengalihan aktif, bisa dipastikan telepon Anda sedang disadap.

Untuk mematikan pengalihan panggilan bisa menekan kode USSD ##02#. Setelah dinonaktifkan, segera lakukan perubahan password, atau hubungi operator seluler langganan Anda.

3. Putuskan Koneksi HP ke Laptop

Jika Anda sering menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menguhubungkan hp ke laptop segera matikan ketika HP kena hack. Tujuannya agar hacker tidak bisa lebih jauh mengakses perangkat lain yang terhubung dengan aplikasi di hp Anda. WhatsApp adalah aplikasi yang sering jadi sasaran hacker. Segera logout dari WhatsApp web setelah Anda menggunakan laptop atau PC umum.

4. Lakukan Factory Reset

Setelah semua cara dicoba, langkah terakhir untuk mengatasi HP di Hack adalah dengan melakukan factory reset. Fitur ini akan menghapus semua data, aplikasi, dan setingan di HP Anda. Termasuk aplikasi yang diinstal oleh hacker juga akan terhapus. Cara hard reset di setiap merk hp berbeda-beda. Namun fitur ini bisa Anda temukan di menu Setting.

Demikian info ciri-ciri hp di hack, cara mencegah hp di hack, dan cara mengatasi hp di hack. Semoga bisa membantu Anda agar lebih waspada dengan keamanan data di smartphone.

4 Comments

  1. saya beberapa kali beli nomor dan saat instal aplikasi WA dan setalh login nomor saya bebrapa kali di banned oleh WA pdhl nomor sy registrasi Provider.
    apakh hp sy di hack juga?..pdhal hp tetap bisa di hubungi

  2. data saya tb” semua hilang termasuk foto”apakah itu di hack dan coba masuk pakai hp satu nya lagj dan hp nya juga tb” ke restart , itu knp ya ?

Leave a Reply