Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Mengenal Content Marketing, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Berbicara soal pembuatan konten hampir semua orang sekarang membuat sebuah konten untuk aktivitas pemasaran online. Content Marketing sendiri merupakan bagian penting dari strategi pemasaran berbasis online yang menggunakan pemasaran konten sebagai unsur utama. Untuk memahaminya perlu mengerti dulu pengertiannya.

Apa Itu Content Marketing?

Content Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang mampu meningkatkan produksi konten di sosial media. Melalui konten ini, aktivitas pemasaran berbasis sosial media bisnis Anda akan berjalan lebih baik dan optimal.

Membuat konten untuk melakukan aktivitas pemasaran memang tidak mudah di era modern sekarang ini. Apalagi jika tujuan Anda adalah untuk membuat atau meningkatkan aktivitas penjualan pada bisnis. Konten harus benar benar relevan, konsisten, dan tentunya menarik.

Selain itu, tujuan utama dari pembuatan pemasaran melalui konten sendiri adalah agar dapat membangun hubungan kuat sehingga emosional dari brand dan juga audiens dapat selaras tentunya ini akan meningkatkan peluang penjualan produk semakin tinggi.

Apa Saja Tujuan dari Content Marketing?

Seperti penjelasan pada paragraf sebelumnya, content marketing berperan penting untuk menciptakan sara promosi berbasis digital. Dalam kurun waktu tertentu Anda harus menciptakan sebuah konten menarik dalam mengenalkan sebuah produk berikut adalah beberapa tujuan dari pembuatan content marketing.

1. Memperluas Jangkauan Pelanggan

Tujuan dari pembuatan pemasaran melalui konten adalah memperluas jangkauan pelanggan atau konsumen. Dengan kehadiran content marketing, kemungkinan Anda mendapatkan konsumen dari berbagai kalangan semakin meningkat.

Saat ini ada banyak sekali platform yang dapat Anda gunakan untuk memperluas atau memperbesar jangkauan dari target konsumen. Beberapa perusahaan berbasis e-commerce menyediakan beberapa fitur untuk melakukan aktivitas pembuatan content marketing.

2. Sebagai Aktivitas Investasi Jangka Panjang

Content marketing memiliki sifat berkelanjutan, dengan kata lain aktivitas pemasaran ini sifatnya tidak sesaat. Melalui platform seperti website berbasis Blog atau upload Video Youtube membuat kegiatan ini masuk dalam kategori aktivitas investasi dalam melakukan kegiatan pemasaran.

Tidak hanya itu aktivitas pemasaran melalui konten sendiri memiliki bisa menumbuhkan kepercayaan Audiens sehingga lebih percaya pada produk Anda. Tentunya hal ini dapat meningkat penjualan produk secara signifikan tanpa mengesampingkan konten edukatifnya.

3. Membangun Brand Awareness dan Mengoptimalkan

Membangun brand awareness juga sangat penting melalui aktivitas content marketing. Menciptakan konten menarik secara otomatis akan membuat brand awareness semakin optimal. Branding sendiri meliputi pembuatan warna, image, logo, dan lain sebagainnya.

Brand image termasuk peran penting dalam membangun usaha. Apabila dari awal bisnis Anda sudah memiliki konsep brand awareness dengan baik, maka kedepannya bisnis akan lebih mudah orang kenal. Salah satu metode terbaik di era modern seperti sekarang ini dalam membangun brand awareness adalah membuat pemasaran melalui konten semenarik mungkin.

4. Mengoptimalkan Traffic

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan aktivitas pemasaran berbasis online, maka aktivitas traffic website akan menjadi elemen penting. Pada saat menjalankan pemasaran online, mengoptimalkan traffic dapat membuat konten dari sebuah website terkenal.

Dengan kata lain, apabila content marketing Anda berhasil menembus angka traffic tinggi, maka kesempatan untuk meraih pendapatan lebih besar dalam bisnis pun semakin terbuka, hal inilah yang membuat optimalisasi penjualan berbasis online meningkat. Maka dari itu, meningkatkan traffic ini sangatlah penting.

Jenis Jenis Content Marketing

Membuat sebuah content marketing yang menarik memang tidak mudah, dalam penerapannya sendiri pemasaran melalui konten terbagi dalam beberapa jenis sehingga untuk mendapatkan hasil maksimal Anda harus memahaminya dengan benar. Pertama tama yang perlu seseorang ketahui sebelum membuat pemasaran melalui konten adalah jenis jenisnya sebagai berikut.

  • Media Sosial menjadi jenis yang paling banyak orang gunakan
  • Infografis merupakan jenis yang fokus pada visualisasi dan teks teks singkat beserta penjelasannya.
  • Blog merupakan jenis yang punya peran sangat penting dalam meningkatkan traffic sebuah website sehingga semakin orang kenal
  • Podcast merupakan jenis yang sangat populer dan media suara
  • Video merupakan jenis yang dapat menarik perhatian audiens lewat media visual
  • Ebook merupakan jenis yang menampilkan banyak informasi dan sifatnya mengedukasi audiens’
  • Paid ads merupakan jenis dengan sistem iklan berbayar seperti Google ads, Facebook ads, dan Tiktok Ads
  • Email merupakan jenis yang sangat populer dengan sistem surat elektronik, bisa mengirim undangan, promosi, dan informasi diskon.

 

 

Leave a Reply