Seputar Bhinneka

E-Commerce Indonesia Adakan Expo Dan Seminar UKM, Bhinneka.Com: Pengusaha Yang Startup Dibidang Online harus Kreatif Dalam Menyajikan Konten Agar Dapat Menarik Konsumen

IMG_9623

Hendrik Tio CEO Bhinneka.Com

Kegiatan seminar UKM Scale Up yang diadakan Asosiasi Ecommerce Indonesia (IDEA), Sabtu 30 mei 2015, ketua dewan pembina IDEA Hendrik Tio berbagi tips mengenai kepercayaan dan keamanan dalam website ecommerce.

Menurut Hendrik Tio, identitas digital bagaimana membuat sebuah usaha bisa dikenali orang didunia digital. Contoh paling mudah ialah perilaku membeli secara online melalui media internet adalah tindakan konsumen dari mulai mengunjungi, membuat pesanan untuk membeli produk atau jasa, serta menyetujui kontrak untuk menerima dan menggunakan pelayanan melalui media internet, hal yang paling utama ialah menentukan identitas layanan, situs atau ecommerce seperti apa yang akan kamu dirikan. Berikan definisi dan penjelasan mengenai startup digital buatanmu dan tentu saja namanya.

IDEA

Speaker: Hendrik Tio CEO Bhinneka.Com

Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk secara online yaitu kemungkinan positif dan negatif yang diperoleh konsumen ketika berbelanja melalui media internet. Ecommerce sebagai media untuk melakukan pembelian secara online harus membangun kepercayaan masyarakat untuk bisa melakukan pembelian secara online.

Kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian secara online terbentuk oleh isi dari ecommerce tersebut, yaitu: informasi produk jelas, produk yang ditampilkan benar (sesuai dengan sebenarnya), berbagai pelayanan melalui ecommerce tersedia, keberhasilan pembayaran terjamin, dan barang yang dibeli sampai ke alamat pembeli.

Bagi pelaku usaha ecommerce yang startup, dianjurkan dalam menyajikan ide kreatif mereka jangan pernah mengambil isi konten dari website ecommerce lain, karena pelaku ecommerce Indonesia harus bisa menyajikan konten yang kreatif untuk menarik konsumen mengunjungi website mereka disitulah tantangan besar yang harus kita siap untuk bersaing.

IMG_9654

Foto bersama pembicara & penyerahan plakat.

Sebelumnya IDEA mengadakan expo ecommerce dan seminar yang menghadirkan lebih dari 30 pembicara dari berbagai bisnis model seperti market place, iklan baris, online retail termasuk mitra ecommerce yaitu perusahaan logistik, payment gateway, perbankan hingga pakar dibidang media sosial dan perusahaan investasi, yang juga menjadi tujuan acara ini, yaitu membuka akses bagi para UKM Indonesia untuk terhubung dengan pihak pihak yang dapat turut mengembangkan usaha mereka melalui jalur online.

Expo ecommerce yang menghadirkan sekitar 60 booth dan klinik UKM sebagai media berkonsultasi ini dihadiri sekitar 1000 pengunjung. Dalam seminar yang berjudul Indonesia UKM: Scale up! Disponsori oleh 20 UKM diantaranya Bhinneka.com, Blibli, Baidu, Bukalapak, Doku, Tokopedia, OLX dan lainnya yang turut mendukung kegiatan ini.

Leave a Reply