G20 Indonesia
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Forum Dialog bagian dari G20: Y20, U20, B20 sampai S20

Pertemuan forum dialog G20 atau Engagement Group Meetings merupakan bagian dari organisasi G20. Forum dialog G20 berisikan Y20, U20, B20, C20, L20, P20, SAI20, T20, W20, dan S20. Masing-masing forum diskusi memiliki bidang pembahasannya tersendiri yang berbeda satu sama lain.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sendiri merupakan Group of Twenty, forum kerja sama multilateral yang beranggotakan 19 negara utama dan Uni Eropa (UE) dengan kelas pendapatan menengah hingga tinggi, negara berkembang, hingga negara maju.

Lalu, apa itu Y20, U20, S20 dan istilah forum diskusi lainnya serta bagaimana perbedaan isu yang dibahas masing-masing forum? Selamat membaca B’Nerz!

Forum Dialog G20 Indonesia

1. Y20 (Youth 20)

Y20 adalah forum konsultasi bagi para pemuda anggota G20 sebagai pemimpin masa depan untuk berdialog, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi hingga mencapai konsensus guna meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global.

Y20 biasa dilaksanakan sebelum G20 berlangsung. Indonesia sebagai tuan rumah Y20 mengangkat empat isu prioritas yaitu: Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, serta Keberagaman dan Inklusi.

Hasil dari forum Y20 akan disampaikan dalam bentuk report kepada para pemimpin negara yang menghadiri KTT G20.

Baca juga: Bhinneka dan Ok Oce Indonesia Gelar Webinar Optimalisasi Peran Youngpreneur di Era Digital

2. U20 (Urban 20)

U20 adalah forum bagi para pemimpin pemerintah daerah kota-kota anggota G20. Forum pertemuan U20 bertujuan untuk membawa masalah perkotaan ke garis terdepan agenda G20, seperti melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan.

Isu-isu yang dibahas dalam forum U20 Mayors Summit di Jakarta adalah investasi bidang kesehatan dan perumahan, pendidikan dan pelatihan bagi warga yang hendak mencari pekerjaan, pemanfaatan transisi energi dan pemanfaatan mobilitas penduduk kawasan urban.

3. B20 (Business 20)

B20 merupakan forum dialog komunitas bisnis internasional yang bertugas merumuskan rekomendasi kebijakan tentang isu-isu yang ditetapkan.

Isu-isu yang biasa dibahas dalam forum B20 seperti reformasi sistem keuangan, investasi, ketenagakerjaan, perdagangan, infrastruktur, dan anti korupsi.

Hasil dari rekomendasi kebijakan B20 akan disampaikan kepada pemerintah dan diharapkan akan mewujudkan ekonomi internasional yang kuat, berimbang, dan berkelanjutan.

Forum Dialog B20 Indonesia

4. C20 (Civil 20)

Seperti namanya Civil 20 adalah forum organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia (bukan hanya anggota G20 saja) untuk ambil bagian bersama pemerintah di G20 dalam menghadapi isu-isu penting dunia.

C20 menjadi wadah bagi organisasi masyarakat sipil di seluruh dunia untuk membawa aspirasi publik ke agenda pembahasan pertemuan KTT G20. Isu yang dibahas dalam C20 2022 antara lain:

  1. Akses Vaksin dan Kesehatan Global
  2. SDG’s dan Kemanusiaan
  3. Kesetaraan Gender
  4. Perpajakan & Pembiayaan Berkelanjutan
  5. Energi & Iklim
  6. Pendidikan & Kewarganegaraan Global
  7. Anti Korupsi

5. L20 (Labour 20)

L20 adalah forum yang membahas dan menyuarakan isu ketenagakerjaan dengan mempersatukan serikat pekerja dari negara anggota G20 dan Global Unions. Pada L20 2022 di Indonesia, L20 bertemakan Kontrak Sosial Baru dengan tiga isu utama yang dibawakan yaitu perlindungan pekerja platform digital, pekerjaan yang layak, dan cakupan jaminan sosial nasional.

Baca juga: Bhinneka QRIS, Dorong Inklusi Keuangan untuk Transformasi Digital

6. P20 (Parliamentary 20)

P20 atau Parliament Speakers 20 merupakan forum yang dihadiri oleh perwakilan rakyat (legislatif) dari anggota negara G20 dengan tujuan membawa dimensi parlementer ke tata kelola global serta meningkatkan dukungan politik untuk komitmen internasional.

Dalam rangkaian P20, berbagai pihak akan mendiskusikan isu-isu dan persoalan. Empat isu prioritas dalam P20 2022 yaitu, pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ekonomi inklusif dan masyarakat yang kuat, parlemen efektif dan demokrasi yang kuat, serta kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, dengan tema “Stronger Parliament for Sustainable Recovery”.

Hasil dari P20 akan menjadi bagian dari join statement atau pernyataan bersama yang dibawa ke forum KTT G20.

Forum Dialog SAI20 Indonesia

7. SAI20 (Supreme Audit Institutions 20)

SAI20 merupakan forum lembaga audit tertinggi anggota negara G20 buah hasil inisiatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai warisan Presidensi G20 Indonesia. SAI20 bertujuan membangun kemitraan global dengan berkolaborasi dikalangan lembaga pemeriksa negara dalam komunitas G20.

SAI20 berupaya memberikan kontribusi pengawasan, wawasan, dan pandangan ke depan untuk mendorong tata kelola ekonomi yang transparan dan akuntabel. Tiga fokus utama peran SAI20, yaitu insight, oversight dan foresight

Pada KTT SAI20 di Nusa Dua, Bali, kegiatan tersebut beragendakan pengesahan Rules of Procedures (RoP) dan kesepakatan Komunike SAI20. KTT SAI20 juga mendiskusikan isu-isu global dan nasional terkait Arsitektur Kesehatan Global, Transisi Energi, dan Transformasi Digital.

8. T20 (Think 20)

T20 merupakan forum bagi para pakar terkemuka di dunia untuk berkumpul dan berdiskusi menghasilkan analisis yang komprehensif terkait isu-isu global yang dibahas dalam G20.

Dalam forum T20 terdapat pembicara-pembicara yang tersebar dari akademisi, menteri, ilmuwan, praktisi, dan lainnya. Hasil dari forum T20 adalah rekomendasi kebijakan-kebijakan berbasis riset untuk mendukung para pemimpin dunia di ajang G20 dalam menghasilkan kebijakan global yang konkret dan berkelanjutan.

forum dialog W20 Indonesia

9. W20 (Women 20)

W20 merupakan Engagement Group G20 yang mewakili suara perempuan untuk mendorong pelibatan isu terkait perempuan ke dalam dokumen komitmen G20. Tujuan utama W20 adalah mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai bagian integral dari proses G20.

W20 2022 di Indonesia mengangkat tema “En Route to Gender Equality for Gender Welfare” yang berkomitmen untuk menjembatani kesenjangan disparitas gender. Isu-isu yang dibahas dalam W20 yaitu Pembangunan Perempuan, Kesetaraan Gender, Pertumbuhan Inklusif, dan Kerja sama Perempuan di Sektor Ekonomi Internasional.

10. S20 (Science 20)

S20 merupakan forum pertemuan bagi para peneliti dan ilmuwan dari anggota negara G20 untuk membahas keilmuan yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan global. Forum ini bertujuan memberikan basis ilmiah bagi perumusan kebijakan G20.

Baca juga: Jenis-Jenis Perusahaan di Indonesia dan Perbedaannya

Itulah pembahasan forum dialog G20 atau Engagement Group bagian dari organisasi G20. Setiap forum memiliki bidang pembahasannya tersendiri yang berbeda satu sama lainnya, dengan tujuan memberikan rekomendasi kebijakan global bagi para pemimpin dunia di forum KTT G20.

Leave a Reply