fungsi nfc pada hp android
Info

8 Fungsi NFC pada Hp Android dan Cara Kerjanya

Saat ini banyak hp Android sudah dibekali NFC (Near Field Communication). Fungsi NFC pada hp Android dan iPhone ada banyak. Fitur ini awalnya hanya ada di hp Android kelas menengah atas. Namun mulai tahun 2021, Anda sudah bisa mendapatkan hp Android dengan NFC di harga Rp 2 jutaan.

fungsi nfc di hp android

Karena fungsi NFC pada hp sangat banyak, kelak fitur ini akan jadi fitur standar untuk setiap smartphone baru yang dikeluarkan. Beberapa brand hp ternama banyak yang sudah mengeluarkan hp Android murah dengan NFC, seperti: Infinix, Xiaomi, Nokia, Samsung, dan Realme.

Fungsi NFC pada HP Android

1. Top Up Uang Elektronik

Saat ini uang elektronik jadi alat pembayaran yang digunakan untuk bayar tol, naik transportasi umum, sampai belanja di mini market. Pemerintah dan Jasa Marga juga mewajibkan penggunaan uang elektronik untuk bayar tol. Jadi tidak ada lagi uang tunai untuk bayar tol. Bayar tol dengan uang elektronik lebih cepat sehingga bisa kurangi waktu antrean di gerbang tol.

Fungsi NFC di hp adalah untuk top up dan cek saldo uang elektronik. Jadi, saat saldo uang elektronik habis, Anda bisa top up kapan saja tanpa harus ke mini market atau ATM. Sebelum masuk tol, Anda juga bisa cek saldo uang elektronik supaya tidak tertahan di gerbang tol.

2. Alat Pembayaran Transaksi

Selain bisa bayar tol, NFC juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Untuk menggunakan NFC sebagai alat pembayaran, Anda harus menggunakan aplikasi Android yang mendukung pembayaran via NFC. Saat ingin bayar, Anda hanya perlu scan dengan menempelkan bagian belakang hp Android ke sensor NFC di mesin kasir.

Bayar lewat NFC di hp lebih simpel karena tidak perlu repot menyimpan uang kembalian. Anda juga tidak perlu bawa uang cash sehingga lebih aman saat berpergian. NFC pada hp juga bisa untuk top up uang elektronik. Jadi, Anda bisa bayar belanjaan di mini market dengan uang elektronik tersebut.

3. Berbagi Foto dan Video

Fungsi NFC pada hp lainnya adalah mengirim foto dan video secara nirkabel. Caranya lebih cepat, cukup tempelkan bagian belakang hp ke logo NFC di perangkat dengan NFC. Fitur NFC memudahkan Anda memindahkan foto dan video berukuran besar dalam waktu singkat.

Kamera DSLR kelas profesional atau mirrorless biasanya sudah dilengkapi NFC. Fungsinya untuk memudahkan fotografer memindahkan foto dan video berukuran besar ke perangkat lain yang mendukung NFC seperti printer dan smartphone Android.

4. Scan Informasi dari Smart Poster

Smart Poster adalah salah satu jenis media kreatif yang akan banyak digunakan oleh brand. Smart Poster memiliki chip NFC di dalamnya sehingga bisa menampilkan konten promosi yang lebih dinamis. Saat Anda menempelkan hp di chip NFC pada poster, Anda bisa melihat halaman web atau konten promo khusus dari brand.

Smart Poster juga digunakan untuk beli tiket konser, mendapat diskon, atau memberi donasi. Caranya cukup scan chip NFC di Smart Poster dan Anda akan diarahkan langsung di hp. Ini adalah salah satu fungsi NFC pada hp yang cukup berguna. Anda bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan atraktif dari Smart Poster.

5. Akses WiFi dari WiFi Porter

NFC di hp Android juga bisa digunakan untuk berbagi koneksi WiFi. Pemilik WiFi bisa berbagi koneksi internet ke perangkat smartphone lain dengan mendekatkan bodi belakang dan melakukan pemindaian chip NFC. Fungsi NFC pada hp ini sangat berguna untuk Anda memberi akses internet tanpa membagikan password.

Di beberapa tempat wisata biasanya memiliki alat WiFi Porter. Dengan alat ini, pengguna hp dengan NFC bisa akses WiFi tanpa memasukan password. Pengunjung tempat wisata bisa menempelkan smartphone NFC di WiFi Porter untuk mengakses WiFi secara instan.

6. Koneksi Speaker Secara Nirkabel

Speaker mobile saat ini banyak yang sudah tidak menggunakan kabel. Kebanyakan speaker bisa dihubungkan ke smartphone atau berbagai gadget melalui Bluetooth. Namun terkadang ada banyak masalah saat menghubungkan speaker ke hp Android dengan Bluetooth. Koneksi sinyal bisa kadang drop dan suara kurang jernih.

Selain Bluetooth, speaker portabel juga dilengkapi NFC. Speaker yang mendukung NFC berfungsi menyambungkan hp ke speaker hanya dengan meletakkan hp di atas speaker. Koneksi nirkabel dari hp ke speaker jadi lebih stabil dan lebih aman dari gangguan sinyal.

7. Berbagi Kontak

Fitur NFC memudahkan Anda berbagi kontak atau nomor telepon ke hp lain. Jadi, Anda tidak perlu menyebut nomor hp, menulis nama kontak, email, dan lainnya. Berbagi kontak melalui NFC bisa mengirim semua data di kontak, mulai dari nama, nomor hp, email, foto, dan informasi lainnya. Kontak yang dikirim akan disimpan di daftar kontak dan bisa langsung dihubungi dan sync ke WhatsApp.

8. Berbagi Data Melalui Android Beam

Teknologi Android Beam pertama kali diperkenalkan di Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Dengan Android Beam, perangkat Android bisa berbagi data dalam jarak dekat. Ketika ada dua hp Android dengan NFC berdekatan akan muncul notifikasi apakah Anda ingin berbagi konten, seperti: video, foto, kontan, dan lainnya.

Sayangnya teknologi Android Beam tidak berfungsi dengan baik. Google secara resmi menghentikan teknologi ini saat meluncurkan Android 10 di tahun 2019. Android Beam digantikan oleh Nearby Share yang memungkinkan pengguna bisa transfer data melalui Bluetooth dan WiFi.

Cara Kerja NFC di Hp Android

NFC adalah teknologi nirkabel jarak pendek yang hanya bisa terhubung dalam jarak kurang lebih 4 cm. Melalui NFC, pengguna bisa berbagi data antara chip NFC di perangkat Android. Fitur NFC di hp Android punya 3 mode operasi, yaitu:

fungsi nfc pada hp android

  1. Baca dan Tulis. Hp dengan NFC bisa baca informasi dari stiker NFC. Hp NFC juga bisa jadi stiker NFC agar bisa dibaca oleh perangkat lain
  2. Peer to Peer (P2P). Mode ini memungkinkan perangkat dengan NFC bisa saling bertukar data dengan perangkat NFC lainnya.
  3. Mode Kartu NFC. Membuat hp Android jadi kartu dengan chip NFC. Chip NFC di hp kemudian akan dibaca oleh NFC Reader seperti yang ada di mesin kasir dengan NFC.

NFC adalah standar baru transmisi data secara nirkabel. Standar teknologi NFC menggunakan standar RFID (Radio Frequency Indetification). Teknologi ini menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi. Chip NFC dapat bekerja dengan daya rendah. Oleh karena itu, NFC diklaim lebih hemat baterai dibanding Bluetooth.

Leave a Reply