6 Ide bisnis dari rumah
Tips & Tutorial

6 Ide Bisnis dari Rumah, Berikut Penjelasannya

6 ide bisnis dari rumah yang bisa kamu mulai sekarang juga. Dunia online saat ini telah berkembang dengan sangat cepat, memulai sebuah bisnis rumahan menjadi semakin mudah untuk diakses. Banyak orang yang telah memulai untuk mencari peluang bisnis yang bisa dijalankan hanya di rumah saja. Sudah ada ribuan cara untuk memulai bisnis yang bisa menguntungkan di rumah. Dalam artikel ini akan membahas 6 peluang bisnis dari rumah yang bisa kamu lakukan saat ini juga, simak penjelasannya:

 Ide bisnis dari rumah

6 ide bisnis dari rumah yang bisa kamu lakukan

1. Tempat Penitipan Binatang

6 ide bisnis rumahan yang bisa kamu jalani yaitu ada tempat penitipan untuk binatang peliharaan seperti anjing dan kucing. Bisnis ini cocok untuk kamu yang menyukai Binatang dan memiliki rumah dengan ruang yang luas. Rata-rata penghasilan yang akan kamu dapatkan dengan bisnis ini sekitar Rp500.000 per hari nya tergantung cara kamu memasarkan bisnis tersebut.
Selain biaya penitipan, kamu juga bisa membuka layanan tambahan seperti pelatihan dan perawatan. Dengan layanan tambahan ini membantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Akan lebih baik jika kamu mengikuti juga sertifikasi dan kursus yang relevan dibidang tersebut untuk membantu memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen.

2. Menjual Produk Karya Sendiri

6 ide bisnis dari rumah

Jika kamu termasuk orang yang kreatif dan suka membuat hal-hal unik, bisnis ini sangat cocok untuk kamu. Sudah banyak pemilik bisnis yang berhasil mengubah hobinya menjadi sebuah bisnis. Karya sendiri yang dapat kamu buat dirumah yaitu ada: lilin, sabun, perhiasan, makanan, mendesain dan menjahit pakaian, merajut, dan furniture kayu.
Apa pun yang ingin kamu buat, menjual produk buatan tangan adalah cara yang bagus untuk mengubah hobi menjadi peluang bisnis kerja dari rumah.

3. Menjadi Fotografi Profesional

Jika kamu menyukai dunia foto dan memiliki kemampuan untuk mendapatkan gambar terbaik, coba untuk pertimbangkan bisnis yang satu ini. Pelajari lebih dalam terkait bisnis rumahan tersebut lalu fokuslah menjadi fotografi yang lebih spesifik seperti pernikahan, potret perusahaan, atau membuka studio foto dirumah. Untuk menjadi seorang fotografer kamu harus menginvestasikan waktu untuk mempelajari fotografi profesional, mengasah keterampilan, dan membangun portofolio untuk memamerkan karya kamu.

Selain itu, kamu memerlukan kamera berkualitas dengan perlengkapan lensa, lampu, dan filter yang tepat, kamu juga perlu mendapatkan program pengeditan perangkat lunak digital yang bagus untuk membantu menyempurnakan gambar setelah kamu mengambilnya.
Jangan lupa untuk membuat situs web, agar memudahkan kamu membangun portofolio serta mendapatkan klien baru.

4. Layanan Terjemahan Profesional

Jika kamu mengetahui banyak bahasa dan fasih dalam percakapan dan nada profesional, kamu dapat memulai bisnis sebagai penerjemah. Untuk menjadi penerjemah kamu tidak memerlukan sertifikasi atau pengalaman pendidikan apa pun, tetapi kamu harus fasih sehingga kamu dapat menerjemahkan berbagai subjek konten.

5. Membeli Produk Secara Massal dan Jual Secara Online

Cara lain untuk melakukan bisnis rumahan yaitu dengan membeli produk dalam jumlah besar atau biasa dikenal dengan barang grosir dan menjualnya satu per satu lewat online.
Saat kamu membeli produk dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan biaya per unit yang lebih rendah dibanding jika kamu membelinya secara terpisah. Kemudian, saat menjual produk satu per satu, kamu bisa menaikkan harga untuk menciptakan margin keuntungan.

Baca juga: 7 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

6. Guru Les

Jika kamu memiliki keterampilan atau pengetahuan yang dibutuhkan dan memiliki bakat dalam mengajar pertimbangkan bisnis rumahan satu ini. Kamu bisa memulai dengan mengajar anak-anak disekitar lingkunganmu. Berikan kesan terbaik untuk mendapatkan promosi gratis dari para orang tua murid tersebut, biasanya orang tua murid akan melakukan promosi dari mulut ke mulut ke sesama tetangga. Dengan begitu, bisnis kamu semakin dikenal oleh banyak orang.
Selain itu, kamu juga bisa mulai mengajar lewat media online. Promosikan tempat kamu di media sosial dan buka kesempatan untuk menjadi guru privat yang bisa dipanggil ke rumah.
Mata pelajaran populer yang diajarkan secara online meliputi bahasa, matematika, sains, dan bisnis. Tapi tidak ada batasan untuk apa yang bisa kamu ajarkan, kamu juga bisa mengajarkan les piano, vokal, bahkan kerajinan tangan yang unik.

Tantangan Bekerja dari Rumah

1. Manajemen Waktu

Jika kamu memilih untuk bekerja dari rumah, manajemen waktu merupakan tantangan terbesar yang akan kamu hadapi karena waktu bekerja yang kamu lakukan tidak sesuai dengan struktur kantor yang memiliki jadwal tetap dari pagi hingga sore hari. Cara untuk mengatasinya kamu bisa memulai dengan mencatat prioritas pekerjaan terlebih dahulu.

2.  Tidak ada Keseimbangan Kehidupan Kerja

Orang yang bekerja secara offline akan menghabiskan waktu sekitar 8 jam sehari untuk bekerja, sisanya mereka bisa beristirahat atau hangout dengan teman-temannya, tetapi saat bekerja dari rumah kamu akan terus berfokus ke bisnis yang sedang kamu jalankan. Untuk mengatasinya tetapkan pembagian waktu secara disiplin.

6 ide bisnis dari rumah ini memberikan peluang untuk kalian yang ingin menambah penghasilan tambahan. Selain itu, dengan menjalankan bisnis dari rumah kalian bisa menghemat waktu dan tempat.

Leave a Reply