Bisnis Digital
Info Bisnis Kewirausahaan Kreatif

7 Ide Bisnis Digital untuk Pemula

Perkembangan teknologi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini hampir semua hal sudah terdigitalisasi, mulai dari sistem pembayaran, pengiriman barang, pemesanan makanan, hingga sistem transportasi. Inilah yang menyebabkan munculnya banyak hal baru, salah satunya adalah bisnis digital.

Bisnis Digital

Bagi sebagian orang, adanya bisnis digital memberikan banyak keuntungan karena karakteristiknya yang sangat mudah untuk dilakukan, tetapi memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Bisnis digital banyak diminati masyarakat saat ini karena membuka peluang untuk perbaikan ekonomi lebih luas serta dapat dijalankan oleh siapa saja dan dimana saja.

Berikut akan dijelaskan mengenai bisnis digital dan ide bisnis digital untuk pemula.

Apa Itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan teknologi digital, baik untuk menciptakan produk maupun untuk pemasarannya. Singkatnya, bisnis digital adalah bisnis yang sudah terdigitalisasi. Salah satu contohnya adalah yang telah banyak kita temukan saat ini, yaitu pemasaran produk melalui marketplace, e-commerce, dan media sosial.

Bisnis digital dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk barang dan jasa. Untuk produk jasa sendiri, dapat berupa tulisan atau artikel, gambar dalam bentuk digital, e-book, hingga perangkat lunak (software). Sepanjang memanfaatkan alat-alat teknologi digital, maka bisnis yang dijalankan dapat disebut sebagai bisnis digital.

Ide Bisnis Digital untuk Pemula

1. Bisnis Digital Dropship

Saat ini e-commerce dan marketplace di Indonesia sedang berkembang pesat. Oleh karena itu, potensi bisnis dropship juga meningkat. Dropship adalah salah satu bisnis digital yang dapat dengan mudah Anda jalankan tanpa harus memikirkan tempat penyimpanan dan pengiriman produk.  Anda juga dapat menjalankan bisnis jenis ini hanya dengan modal kuota internet.

Sistem bisnis dropship tidak mengharuskan Anda untuk menjadi produsen. Anda hanya harus menerima pesanan dari pelanggan, mencari pihak ketiga yang dapat menjadi penyedia dari barang-barang yang Anda jual, lalu produsen tersebut juga yang akan mengirimkan barang pesanan kepada pelanggan Anda. Anda juga dapat mengatur harga lebih tinggi dari harga yang ditawarkan oleh produsen sebagai sumber keuntungan. Dengan kata lain, Anda hanya perlu menjadi pihak penghubung antara pelanggan dan produsen.

Untuk mencari produsen, Anda dapat memanfaatkan e-commerce dan marketplace. Biasanya mereka juga mematok harga lebih murah untuk para dropshipper. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda.

2. Bisnis Digital Online Course

Bisnis Digital Online Course

Saat ini minat untuk pembelajaran online semakin meningkat. Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang tertentu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka kursus online. Anda dapat menggunakan berbagai platform, seperti aplikasi video conference dan media sosial untuk menyelenggarakan pembelajaran interaktif. Selain itu, untuk penyediaan materi juga bisa menggunakan video dan e-book dalam bentuk PDF.

Kursus online banyak diminati karena praktis dan tidak mengharuskan murid Anda untuk datang ke tempat kursus secara langsung, tetapi tetap dapat belajar secara intensif.

3. Content Writer

Ide bisnis digital satu ini sangat mudah untuk dilakukan dengan jam kerja yang fleksibel dan dapat mendatangkan pendapatan cukup besar. Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda dapat memanfaatkannya untuk menulis konten digital di media sosial, blog, hingga e-book.

Bahkan saat ini banyak perusahaan yang bersedia membayar mahal seorang content writer untuk menulis konten berkualitas di website mereka. Hasil tulisan dari content writer dibutuhkan untuk meningkatkan traffic pada website perusahaan. Jika traffic meningkat, maka diharapkan brand awareness perusahaan tersebut juga akan meningkat.

Jika Anda memilih menulis di blog Anda sendiri, ketika pengunjungnya sudah banyak maka Anda dapat menambahkan iklan (ads) yang nantinya dapat menjadi sumber penghasilan Anda ketika pengunjung blog Anda menekan tombol iklan tersebut.

4. Web Designer & Developer

Web Designer & Developer

Ide bisnis digital selanjutnya adalah desainer dan pengembang untuk website. Saat ini kebutuhan akan website semakin tinggi, baik untuk perusahaan, instansi pemerintah, maupun individu, sehingga berpotensi mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Anda yang memiliki kemampuan dalam coding, HTML, CSS, dan lainnya dapat menjadi freelancer untuk bisnis ini.

Di samping sifatnya yang potensial, bisnis ini juga memungkinkan Anda bekerja dari rumah maupun tempat lain yang membuat Anda nyaman. Bahkan jika Anda memiliki kemampuan yang sudah sangat mumpuni, Anda dapat membuka sebuah digital agency sendiri dan mempromosikannya lewat media sosial yang Anda miliki.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah strategi pemasaran dengan memberi rekomendasi produk atau jasa dengan membagikan tautan (link) di media sosial, email, dan lainnya. Pada sistem pemasaran afiliasi, Anda harus memasarkan produk atau jasa milik orang lain dan mendapat pendapatan berupa komisi.

Sistem kerja dalam pemasaran afiliasi biasanya terbagi atas tiga proses. Pertama, Anda harus mendaftar pada suatu program afiliasi, hal ini dapat dilakukan pada e-commerce atau marketplace yang menyediakan fitur afiliasi, lalu Anda akan mendapat kode referral atau tautan khusus. Kedua, Anda memasarkan produk tersebut melalui media sosial atau email Anda dengan mencantumkan tautan atau kode referral Anda. Ketiga, ketika ada pelanggan yang memakai kode referral atau tautan yang Anda bagikan, maka Anda akan mendapat komisi dari penjualan tersebut. Cukup mudah, bukan?

6. Influencer & Content Creator

Influencer & Content Creator

Apabila Anda adalah orang yang suka membuat konten video dan memiliki followers yang cukup banyak di media sosial, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi influencer maupun content creator. Bisnis ini banyak diminati oleh anak muda karena selain menguntungkan, mereka juga menyukai pekerjaan yang membutuhkan kreativitas.

Seorang influencer dan content creator mendapat penghasilan melalui sponsor dengan mempromosikan beragam produk dari merek tertentu. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah video yang menarik dan melakukan setting iklan pada video tersebut. Anda akan mendapat penghasilan dari jumlah viewers yang melihat iklan pada video Anda.

7. Desain Grafis

Ide bisnis digital yang terakhir adalah desain grafis. Bagi Anda yang memiiki kemampuan di bidang desain, Anda dapat memanfaatkannya dengan membuka jasa pembuatan logo, banner, poster, flyer, dan lainnya. Potensi bisnis satu ini juga tak kalah tinggi jika dibandingkan dengan bisnis digital lainnya karena saat ini banyak event yang publikasinya dilakukan secara online melalui media sosial.

Selain itu, jasa desain grafis juga dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran untuk mempromosikan maupun memberikan pengetahuan mengenai produk dari merek tertentu.

Itulah 7 ide bisnis digital yang cocok untuk pemula. Di tengah era digital saat ini, kita harus mampu memanfaatkan peluang agar dapat memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan finansial. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply