pengertian barang dan jasa
Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Perbedaan Barang dan Jasa Beserta Contohnya

Pengertian atau perbedaan barang dan jasa sangat penting untuk diketahui jika Anda ingin mendalami bidang ekonomi dan keuangan. Barang dan jasa adalah hal yang paling erat berkaitan dengan kegiatan perekonomian. Setiap manusia pasti membutuhkan keduanya untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

pengertian barang dan jasa

Supaya Anda bisa lebih memahami pengertian barang, pengertian jasa, dan perbedaan antara keduanya, kali ini kami akan membahas secara detil supaya Anda bisa lebih paham.

Apa yang Dimaksud Barang ?

Pengertian barang adalah produk atau sumber daya yang bertujuan memuaskan kebutuhan. Barang adalah produk berbentuk fisik yang memiliki bentuk nyata sehingga bisa dilihat, disentuh, dan diraba. Karena berbentuk fisik maka barang bisa dilihat jelas oleh semua orang. Barang bisa berbentuk apa saja, mulai dari: barang dagangan, peralatan atau perlengkapan, bahan mentah, atau produk yang sudah jadi.

pengertian barang

Barang merupakan produk yang bisa diletakan, disimpan, dan diperlakukan secara fisik seperti: disimpan, dirawat, dibersihkan, dan sebagainya. Barang memiliki banyak bentuk, jenis, warna, dan fungsi sehingga setiap orang harus memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya.

Jenis Barang dan Contohnya

Jenis-jenis barang bisa dibagi menjadi 3 golongan, yaitu: barang menurut wujudnya, barang menurut sifatnya, dan barang menurut fungsinya. Setiap jenis barang punya pengertian yang berbeda-beda. Berikut ini pengertian barang berdasarkan jenisnya dan contohnya.

Barang Menurut Wujudnya

Menurut wujudnya, barang bisa dibedakan menjadi 2 jenis. Berikut ini pengertian dan contohnya:

  • Barang Abstrak. Merupakan barang yang tidak nyata tapi punya nilai berharga bagi kehidupan. Contohnya adalah: hak cipta, hak merk, royalti, dan lainnya
  • Barang Konkret. Merupakan jenis barang yang memiliki wujud nyata sehingga bisa dilihat, diamati, disentuh, dan dirasakan oleh panca indera manusia. Contohnya adalah: laptop, smartphone, sepeda motor, dan lain sebagainya.

Barang Menurut Sifatnya

Jenis barang menurut sifatnya bisa dibedakan menjadi tiga. Berikut ini pengertian dan contohnya:

  • Barang Bebas. Adalah barang yang jumlahnya tidak terbatas dan bisa diperoleh dengan mudah dari alam. Contohnya adalah pasir, air, udara, dan lain sebagainya. Barang bebas bisa ditingkatkan nilainya dengan cara dikemas atau diolah menjadi barang yang bisa dikonsumsi, seperti air mineral botolan dan tabung oksigen medis
  • Barang Ekonomi. Adalah barang yang memiliki nilai dan harga sehingga dibutuhkan pengorbanan untuk memperolehnya. Contohnya adalah sepeda motor, mobil, kipas angin, meja, lemari, dan lain sebagainya
  • Barang Illith. Adalah barang yang jika dipakai berlebihan akan menyebabkan bencana. Contohnya adalah air jika dipakai sedikit bisa untuk minum atau mandi, namun jika jumlahnya banyak bisa menyebabkan banjir dan merusak barang lain

Barang Menurut Fungsinya

Barang merupakan alat untuk memuaskan kebutuhan manusia. Menurut fungsinya, barang bisa dibedakan jadi beberapa jenis, yaitu:

  • Barang Produksi. Adalah jenis barang yang bisa digunakan untuk menghasilkan barang lain. Contohnya adalah: mesin jahit, traktor, wajan, microwave, dan lainnya
  • Barang Konsumsi. Adalah jenis barang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang ini dibuat dari bahan mentah dan sudah diproses sedemikian rupa sehingga memiliki nilai tinggi. Contohnya adalah: pakaian, rumah, lemari, meja, kursi, sepeda motor, dan lainnya.

Apa yang Dimaksud Jasa ?

Jasa adalah produk ekonomi yang tidak memiliki wujud fisik. Tidak seperti barang, jasa tidak bisa dimiliki tetapi hanya bisa dimanfaatkan. Jasa merupakan suatu kegiatan atau layanan yang ditawarkan oleh pemilik jasa ke konsumen. Pada dasarnya, jasa tidak memiliki bentuk fisik namun manfaatnya bisa dirasakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

pengertian jasa

Ciri-ciri utama jasa adalah bersifat intangible yaitu tidak bisa dilihat, dirasa, dan diraba. Namun manfaat jasa bisa dirasakan, dilihat, atau didengar jika dapat memenuhi kebutuhan Anda. Manfaat jasa hanya bisa dirasakan oleh orang yang membutuhkannya. Ciri-ciri jasa lainnya adalah tidak bisa disimpan seperti barang. Dapatkan jasa terbaik di Bhinneka.

Jenis Jasa dan Contohnya

Berkaitan dengan barang, jenis jasa bisa dibedakan menjadi beberapa 7 tipe, yaitu:

  • Pure Tangibles. Jasa penyewaan barang yang tidak melibatkan produk non fisik atau sejenisnya. Contohnya adalah: penyewaan mobil, sewa rumah (kontrakan), dan lainnya
  • Major Tangibles with Minor Intangibles. Barang berwujud yang dilengkapi dengan jasa pendampingnya. Contohnya adalah: service garansi AC, motor, mobil, dan lainnya
  • Minor Tangibles with Major Intangibles. Jasa yang dilengkapi dengan barang berwujud. Contohnya adalah: Pelayanan makanan di jasa penerbangan
  • Pure Services. Jasa yang sepenuhnya tidak berwujud dan bisa dinikmati. Contohnya jasa telekomunikasi
  • Rented Goods. Jasa yang diberikan tepat saat Anda menikmati produk. Contohya jasa bengkel mobil atau jasa service elektronik
  • Owned Goods. Jasa yang melibatkan proses pembuatan, perbaikan, dan peningkatan dari produk. Contohnya adalah jasa update sistem operasi dari aplikasi atau games yang Anda gunakan
  • Non Good Services. Jasa yang tidak ada unsur barangnya sama sekali, lebih menawarkan pengalaman atau sensasi. Contohnya adalah jasa skydiving atau terjun payung.

Perbedaan Barang dan Jasa

Berikut ini beberapa perbedaan barang dan jasa, yaitu:

perbedaan barang dan jasa

  • Barang adalah produk fisik yang bisa dibeli oleh pelanggan dengan harga tertentu. Sedangkan jasa adalah fasilitas atau manfaat yang diberikan ke konsumen.
  • Barang adalah produk yang memiliki wujud fisik (bisa dilihat dan disentuh). Sedangkan jasa adalah layanan atau fasilitas yang tidak memiliki wujud fisik.
  • Saat Anda membeli barang, kepemilikan barang berpindah dari penjual ke pembeli. Sebaliknya, jasa tidak bisa dipindahtangankan.
  • Barang bisa dikembalikan atau ditukar sedangkan jasa tidak bisa dikembalikan atau ditukar setelah dinikmati oleh konsumen.
  • Barang bisa disimpan dan digunakan di masa depan. Sedangkan jasa terikat dengan waktu sehingga tidak bisa disimpan dan hanya bisa dinikmati di waktu yang sama saat dipesan.
  • Barang bisa dikonsumsi setelah melalui proses produksi dan penjualan. Sedangkan jasa diproduksi dan dikonsumsi dalam waktu yang sama.

Itulah semua pengertian barang dan jasa. Perbedaan barang dan jasa bisa Anda pahami dari penjelasan singkat di atas. Secara umum, barang adalah produk yang memiliki wujud fisik, sedangkan jasa tidak memiliki wujud fisik. Keduanya sama-sama bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Leave a Reply