Ide Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa
Info Bisnis Tren Bisnis

6 Ide Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa, Dijamin Menguntungkan!

Sebagai seorang mahasiswa, Anda dituntut untuk kreatif agar dapat mandiri dan tidak hanya mengandalkan uang dari orang tua saja. Berbekal dengan kreativitas, jeli melihat peluang, dan berani mengambil risiko membuat Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis yang ada, salah satunya peluang bisnis dibidang kuliner. Jika Anda tertarik untuk berbisnis dan bingung untuk memulai, berikut 6 ide bisnis kuliner untuk mahasiswa yang dijamin menguntungkan!

1. Bisnis Roti Bakar

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa, modal mulai Rp 1.000.000

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa - Roti Bakar

Roti bakar termasuk makanan yang disukai oleh semua kalangan, sehingga ini dapat menjadi inspirasi bisnis makanan yang paling menjanjikan. Bisnis roti bakar dapat dijalankan dengan bermodal kecil, lokasi penjualannya juga bisa di mana-mana. Mulai dari di pinggir jalan, cafe, kedai, bahkan secara online.

Untuk memulai bisnis ini, pelajarilah cara membuat roti bakar agar dapat terjual laris manis. Roti bakar yang dijual dapat divariasikan, mulai dari roti bakar manis dan juga asin. Anda juga dapat memanfaat platform pengiriman makanan online dalam memasarkannya sehingga jangkauan pelanggan bisnis Anda akan lebih luas.

2. Bisnis Keripik

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa, modal mulai Rp 200.000

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa - Keripik

Cemilan keripik adalah salah satu cemilan yang menjadi favorit masyarakat. Mulai dari keripik pisang, singkong, tempe, hingga keripik apel-pun bisa menjadi cemilan pilihan keluarga. Besarnya minat pada makanan ini membuat bisnis keripik menjadi usaha yang menjanjikan untuk mahasiswa.

Tidak hanya menguntungkan, bisnis keripik juga dapat dimulai dengan modal yang kecil. Jika Anda tidak ingin memasak keripik sendiri, Anda dapat membeli keripik kiloan lalu mengemasnya sendiri dengan packaging yang menarik.

3. Bisnis Gorengan

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa, modal mulai Rp 500.000

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa - Gorengan

Gorengan adalah makanan  yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Peminatnya selalu saja ada dan hampir seluruh kalangan menyukai makanan ini. Apabila Anda ingin berbisnis, gorengan mempunyai potensi yang cukup menjanjikan. Ada banyak jenis gorengan yang menjadi favorit saat ini, mulai dari gorengan tahu, pisang, jamur, tempe, ubi, dan masih banyak lagi.

Makanan yang mudah dibuat ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu gorengan juga tidak membutuhkan tempat yang mewah. Anda dapat berjualan dengan hanya menggunakan gerobak.

4. Bisnis Dimsum

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa, modal mulai Rp 500.000

Ide bisnis untuk mahasiswa - Dimsum

 

Prospek yang menjanjikan membuat bisnis dimsum menjadi bisnis yang populer saat ini. Bagaimana tidak, dimsum menjadi pilihan makanan yang disukai oleh semua kalangan. Rasanya yang lezat dan disajikan saat hangat membuatnya cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan ini, seperti di pinggir jalan, pusat perbelanjaan, dan juga restoran.

Bisnis dimsum dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sebab bahan yang digunakan untuk membuat dimsum pun terbilang murah. Anda hanya membutuhkan daging ayam, kulit pangsit, dan juga tambahan topping, seperti jamur, wortel, ataupun keju. Cara memasaknya pun cukup mudah, Anda hanya harus mengukus dimsumnya saja.

4. Bisnis Ricebox

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa, modal mulai Rp 500.000

 Ricebox

Saat ini, usaha ricebox adalah salah satu usaha dibidang kuliner yang digemari oleh para pebisnis. Ricebox merupakan makanan yang terdiri dari nasi beserta lauknya yang disajikan di dalam box/kotak. Nasi kekinian ini digemari masyarakat karena bersifat praktis dan menjadi penyelamat saat lapar.

Dengan harganya yang cukup terjangkau membuat siapapun bisa menikmatinya. Tidak heran bisnis ini dapat menjadi usaha yang cukup menjanjikan.

5. Bisnis Sosis Bakar

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa, modal mulai Rp 1.000.000

Sosis Bakar

Menu kekinian yang saat ini laris manis adalah sosis bakar. Makanan ini sangat cocok dinikmati sebagai snack ringan. Proses mengelola sosis bakar pun cukup mudah sehingga tidak heran banyak orang yang menjadikan bisnis ini sebagai lahan untuk mencari untung.

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya perlu mempersiapkan perlengkapan masak, bahan-bahan, serta sosis yang akan dipakai. Anda juga perlu memperhatikan jenis saus yang dipakai sebab saus sangat menentukan citra rasa dari sosis bakar.

6. Bisnis Kue Cubit

Ide bisnis kuliner untuk mahasiswa, modal mulai Rp 500.000

ide bisnis kuliner untuk mahasiswa - Kue cubit

Kue cubit menjadi salah satu cemilan merakyat yang populer. Rasanya yang manis dengan harga yang murah membuatnya mempunyai banyak peminat. Makanan ini dapat dijadikan sebagai peluang Anda untuk berbisnis. Cara pembuatannyapun mudah, cepat, dan modal untuk bahan bakunya juga tidaklah mahal.

Untuk bisnis ini, Anda dapat menginovasikanya dengan memberikan topping yang lezat dan beraneka ragam. Jangan lupa, dalam memasarkannya Anda juga perlu melakukan branding dan memberikan packaging yang menarik. Hal ini bertujuan agar kue cubit Anda semakin populer.

Itulah 6 ide bisnis kuliner untuk mahasiswa yang dapat dijadikan sebagai referensi sebelum memulai berbisnis. Bisnis kuliner memanglah ladang untuk mencari untung yang paling tepat. Apalagi masyarakat Indonesia yang hobi kulineran. Namun, sebelum Anda memulai bisnis ini, terdapat beberapa hal juga yang harus Anda perhatikan agar bisnis yang Anda akan jalankan tidak gagal di tengah jalan.

Berikut tips untuk memulai bisnis kuliner:

1. Pahamilah potensi pasar

Sebelum memulai bisnis dibidang kuliner, Anda perlu memahami potensi pasar yang dituju. Hal ini berguna supaya Anda tahu apa yang perlu dilakukan agar penjualan ramai. Anda dapat menargetkan siapa yang paling membutuhkan produk Anda, melakukan survei kompetitor, atau berbicara dengan calon pelanggan.

2. Buatlah rencana bisnis kuliner yang tepat

Rencana bisnis sangat berguna karena akan membantu Anda untuk mengidentifikasi tujuan bisnis ke depannya. Pada tahap ini, Anda dapat menyusun strategi branding produk, menyusun sales plan, identitas brand, sistem operasional, dll.

3. Tentukan lokasi penjualan

Lokasi adalah bagian terpenting dalam berjualan. Anda pasti tidak ingin bisnis yang dijalankan sepi pelanggan hanya karena salah pilih tempat untuk berjualan. Dalam memilih lokasi, pilihlah tempat yang gampang terlihat dan nyaman.

Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis kuliner. Untuk memulai bisnis ini memang bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis kuliner Anda dapat sukses. Semoga ide bisnis kuliner untuk mahasiswa dan juga tipsnya di atas dapat membantu Anda dalam merintis bisnis kuliner Anda sendiri. Untuk mengetahui informasi lain terkait bisnis, Anda dapat kunjungi laman ini.

 

 

Leave a Reply