Tips & Tutorial Uncategorized

5 Ide Freelance Untuk Mahasiswa

Pernahkah anda mendengar freelance? Freelance merupakan sebuah pekerjaan yang berbeda dengan pekerjaan lainnya. Freelance adalah pekerja lepas, dimana anda dapat terikat tidak hanya satu perusahaan saja, melainkan dua atau tiga bahkan lebih.

Freelance sangat cocok bagi anda yang saat ini sedang berkuliah di sebuah universitas. Karena dengan bekerja sebagai freelance, maka kamu dapat bekerja secara fleksibel. Hal ini sesuai dengan mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan untuk menyelesaikan tugas yang mereka miliki. Apalagi bagi anda yang mengikuti banyak organisasi, baik di kampus maupun luar kampus.

Dibalik kesibukan yang anda miliki, anda pasti memiliki beberapa waktu luang yang dapat anda gunakan untuk bekerja menjadi freelance. Bagi anda yang ingin bekerja sebagai freelance, namun mengalami kebingungan untuk menentukan pekerjaan freelance apa yang cocok bagi anda, maka anda dapat membaca beberapa pekerjaan freelance berikut ini. Apa saja? Yuk, kita bahas!

Foto freelance

1. Ide Freelance Pertama Adalah Content Writer

Foto Ide Freelance Pertama Adalah Content Writer

Content writer adalah salah satu pekerjaan freelance yang bisa anda lakukan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi anda yang saat ini sedang berkuliah. Apalagi mahasiswa sering sekali dituntut untuk mengerjakan artikel ilmiah, makalah, dan jurnal. Sehingga mereka sudah terlatih dalam hal menulis.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang sedang membuka lowongan freelance untuk menulis artikel. Hal ini dikarenakan adanya pergeseran kebiasaan di masyarakat yang selalu mencari berbagai hal melalui internet. Anda dapat mencari lowongan freelance melalui beberapa website freelance berikut ini, yaitu Project.co.id, Sribulancer, Freelancer, Fiverr, Upwork, dan lain-lainnya.

Selain itu, anda juga dapat menulis konten artikel, berita portal, berita media sosial, ataupun bekerja sama dengan pemilik website besar. Anda juga dapat memanfaatkan website menulis artikel yang berbayar, seperti IDN Times, UC News, Geotimes, Voxpup.id, dan lain-lainnya. Dengan anda menjadi content writer maka anda akan memperoleh banyak manfaat. Salah satunya adalah menambah wawasan anda. Hal ini dikarenakan anda akan mencari banyak referensi sebagai bahan artikel anda.

2. Ide Freelance Kedua Adalah Guru Les Private

Foto Ide Freelance Kedua Adalah Guru Les Private

Walaupun semakin canggihnya teknologi saat ini, namun masih banyak orang tua yang masih mempercayakan anaknya untuk belajar dengan menggunakan guru les private. Karena dengan menggunakan guru les private, maka dapat membantu para orang tua untuk mengetahui perkembangan belajar anak secara intens.

Nah, bagi anda yang meguasai suatu bidang pelajaran, maka anda bisa memanfaatkan salah satu pekerjaan freelance ini yaitu guru les private. Anda bisa menjadi guru les private bagi anak SD, SMP, hingga SMA. Tidak hanya itu, bagi anda mahasiswa akhir dan menguasai dengan baik beberapa mata kuliah, maka anda bisa menjadi guru les private bagi mahasiswa baru.

Bagi anda yang menguasai bahasa asing juga dapat mengajar bahasa asing di lembaga-lembaga kursus. Tidak hanya lembaga kursus offline, saat ini sudah banyak sekali platform belajar online sehingga anda dapat menjadi seorang guru les private online. Anda dapat menyesuaikan jadwal les anda dengan jadwal kuliah anda.

3. Ide Freelance Ketiga Adalah Waiter

Foto Ide Freelance Ketiga Adalah Waiter

Salah satu pekerjaan freelance yang dapat anda coba adalah dengan menjadi waiter. Biasanya di sekitaran kampus ataupun diperkotaan memiliki banyak sekali kedai-kedai kopi (coffe shop) dan memiliki banyak sekali pengunjungnya.

Menjadi waiter juga tidak akan memiliki pekerjaan yang berat. Biasanya mereka akan bertugas membuatkan makanan dan minuman, menyajikannya, dan kadang-kadang juga membersihkan kedai kopi tersebut.

Tidak hanya itu, anda akan memperoleh banyak manfaat lainnya, seperti anda akan mengetahui bagaimana cara meracik kopi yang pas, mendapatkan pengalaman berharga, dan anda tidak akan terkejut jika memasuki dunia kerja nantinya.

4. Ide Keempat Menjadi Asisten Dosen

Foto Asisten Dosen

Ketika menjadi dosen, biasanya mereka memiliki banyak kesibukan yang harus mereka selesaikan. Oleh karena itu, tidak jarang para dosen mencari asisten dosen untuk membantu mereka. Jika anda memiliki keahlian di bidang administrasi, pandai mengatur jadwal, dan perencanaan, maka anda bisa memilih pekerjaan ini.

Anda juga akan memperoleh banyak manfaat lainnya, seperti akan memperoleh uang bulanan, memperoleh nilai akademik yang baik jika kinerja kamu baik, dikenal oleh banyak mahasiswa lainnya, dan lain-lainnya. Dengan adanya manfaat tersebut, maka akan membantu anda juga untuk memperoleh personal branding yang baik pula.

5. Yang Terakhir Content Creator

Foto Content Creator

Salah satu pekerjaan freelance yang dapat anda coba adalah dengan menjadi content creator. Di era digital saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mencari pekerjaan ini karena adanya perubahan cara marketing.  Perusahaan-perusahaan ini berusaha untuk menaikkan branding marketing dengan mencari content creator yang memiliki ide yang unik serta menarik untuk memasarkan produk yang mereka miliki.

Jika anda tidak menjadi content creator di perusahaan, maka anda dapat menjadi content creator yang membuat karya sendiri. Nantinya anda dapat mempostingnya di sosial media yang anda miliki. Salah satu platform yang dapat anda manfaatkan adalah Tiktok. Saat ini Tiktok memiliki popularitas yang cukup tinggi.

Jika nantinya anda memiliki banyak followers, maka anda akan memperoleh masukan melalui adanya endorsement ataupun ajakan kerja sama bersama brand lainnya. Dengan begitu anda akan memperoleh masukan untuk membantu biaya perkuliahan anda.

Itulah tadi 5 ide freelance yang dapat anda pilih untuk membantu anda memperoleh tambahan uang masukan untuk membantu biaya perkuliahan anda. Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan freelance ini seperti waktu yang lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah anda, maka anda harus mengambil peluang ini.

 

Leave a Reply