Kamera & Camcorder

Mengenal 6 Jenis CCTV: Karakteristik dan Penggunaannya

CCTV menjadi salah perangkat elektronik yang kini memiliki banyak manfaat. Penggunaanya di berbagai aspek kehidupan membuat para pengembang teknologi ini menciptakan berbagai jenis cctv. Biasannya fungsi dari cctv ini berbeda setiap jenisnya.

Perangkat berupa kamera ini sekarang cukup fungsional dalam melakukan tugas pengemasan. Apabila ingin membelinya pastikan untuk mengetahui jenisnya sehingga bisa memanfaatkan kamera CCTV secara maksimal sesuai kebutuhan.

Kegunaan setiap individu yang berbeda membuat perkembangan CCTV kini sangat pesat. Tidak heran bila hadir berbagai jenis dengan fungsinya masing masing. Untuk mendapatkan yang sesuai dengan keperluan berikut adalah beberapa tipe dari kamera CCTV yang saat ini tersedia :

1. Kamera CCTV Night and Day

Kamera CCTV Day & Night

Sesuai dengan namanya fungsi utama dari kamera cctv tipe ini adalah memberikan fitur tambahan seperti mode malam dan siang. Kamera satu ini mampu merekam gambar secara jelas dengan pengaturan tingkat pencahayaan yang kompleks.

Fitur menarik yang ada di kamera CCTV jenis ini adalah backlight atau terik cahaya matahari. Tidak hanya itu terdapat juga sebuah perangkat infrared yang membuatnya dapat merekam berbagai gambar dengan pencahayaan menyesuaikan. Merekam dalam keadaan siang maupun malam sama bagusnya.

2. Jenis Kamera CCTV IP

Jenis Kamera CCTV IP

CCTV jenis IP camera memiliki kemampuan khusus yaitu terhubung langsung ke koneksi internet. Sesuai nama Internet Protocol Camera, CCTV ini lebih dinamis saat pengguna memakainya. Terdapat banyak sekali brand besar memproduksi jenis ini.

IPC kamera membuat Anda lebih mudah dalam melihat rekaman secara real-time. Hal ini karena terdapat fitur pengaturan khusus dari aplikasi bawaan kamera ini. Kualitas gambar yang IP Camera hasilkan juga cukup bagus dan bisa memberikan tampilan luar biasa.

3. Kamera CCTV HD

Kamera CCTV HD

CCTV HD Camera menjadi salah satu varian terbaru yang bisa membuat rekaman menjadi lebih jernih. Kamera cctv cenderung memberikan gambar seadannya. Akan tetapi High Definition Camera ini mampu membuat rekaman menjadi lebih jelas dan terang.

Kamera ini sangat fleksibel dan bisa orang manfaatkan untuk merekam sebuah momen baik di tempat parkir, kantor, dan pabrik. CCTV HD camera juga sangat cocok untuk melakukan pengawasan di area area umum karena dapat melakukan zoom in secara baik.

4. Kamera CCTV Bullet

Kamera CCTV Bullet

CCTV Bullet Camera merupakan jenis yang sangat umum orang pakai dalam berbagai kegiatan. Kamera jenis ini akan sering Anda temukan di beberapa tempat seperti, hunian rumah, mall, sampai dengan toko. Kamera cctv satu ini memiliki tingkat fleksibilitas tinggi.

Jenis kamera cctv ini juga memiliki fitur waterproof di mana sangat kokoh dan cocok dalam penggunaan outdoor atau luar ruangan. Bullet camera sangat tahan terhadap berbagai cuaca seperti hujan dan panasnya terik matahari sehingga banyak orang yang menggunakannya di luar lapangan.

5. Kamera CCTV Dome

Kamera CCTV Dome

Sesuai dengan nama nya jenis kamera cctv satu ini memiliki bentuk seperti kubah. Kebanyakan orang menggunakan kamera cctv dome ini diluar ruangan sama dengan bullet. Hal ini karena kamera ini punya tingkat ketahanan dan juga kekuatan yang baik. Kemampuan ini yang membuatnya sangat banyak orang memanfaatkan secara outdoor.

Penggunaan dari dome camera cctv ini lebih flexible sehingga orang dapat meletakkannya di berbagai spot dengan jangkau beragam. Untuk mendapatkan radiasi tangkapan kamera dome yang lebih luas biasanya Anda harus memperhatikan spesifikasi serta harganya terlebih dahulu. Karena kamera dome memang tersedia dengan beberapa tipe.

6. Kamera CCTV PTZ

Kamera CCTV PTZ

Jenis kamera CCTV PTZ tau Pant Tilt Zoom menjadi salah satu kamera yang mempunyai pergerakan tersendiri baik ke kiri maupun ke kanan. Bahkan dalam perkembangan terbaru kamera cctv PTZ sudah bisa bergerak ke atas dan ke bawah. Keunggulan lain dari kamera ini adalah mampu menangkap atau memperbesar objek gambar secara baik dengan resolusi tinggi.

Kamera ini banyak orang gunakan untuk jangkauan wilayah atau area yang lebih luas, sebut saja seperti department store, mall, hall, dan juga pusat perbelanjaan. Kemampuan PTZ kamera yang dapat bergerak mengikut arah sebuah objek membuatnya sangat orang meminati dalam kegiatan pengawasan. Biasanya terdapat sebuah controller untuk menggerakkannya.

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis kamera CCTV beserta karakteristiknya. Silakan kunjungi halaman harga CCTV terbaru di Bhinneka untuk info lebih lengkap seputar seri yang tersedia, spek, dan harga terbaru.

Leave a Reply