Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Jenis dan Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Manis, enak, dan disukai oleh semua orang, ternyata banyak dari kita mengkonsumsi cokelat tanpa mengetahi ada banyak manfaat cokelat untuk kesehatan. Seringkali cokelat dianggap makanan yang kurang sehat dan dapat menyebabkan kegemukan hingga merusak gigi.

Hal tersebut tidak salah. Namun perlu diketahui, cokelat sendiri ada banyak jenisnya dan apabila Anda mengkonsumsi cokelat yang tepat, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cokelat untuk kesehatan tubuh.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sejumlah manfaat cokelat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi cokelat.

Jenis – jenis cokelat

Ada banyak jenis cokelat yang dapat Anda temukan dijual baik di minimarket maupun supermarket. Umumnya cokelat yang dijual merupakan varian seperti milk chocolate, white chocolate dan juga dark chocolate.

Beberapa produsen dalam mengolah cokelat menambahkan beberapa komposisi tambahan seperti gula, pemanis, susu hingga kacang – kacangan untuk variasi rasa dan jenis. Dari sejumlah varian cokelat tersebut, cokelat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah cokelat hitam atau dark chocolate.

manfaat cokelat untuk kesehatan

Dark chocolate adalah cokelat yang memiliki rasa khas pahit. Tingkat kepahitan dari dark chocolate ini biasa dinyakatan dalam persentase biji coklat atau biji kakao yang digunakan. Misalnya saja dark chocolate 70%, dark chocolate 99%. Semakin tinggi persentase nya, maka semakin pahit cokelat tersebut dan tidak ada rasa manisnya.

Tingginya persentase atau banyaknya biji kakao yang digunakan inilah yang memberikan dark chocolate warna khas hitam gelap dan rasa pahit dibandingkan dengan cokelat jenis lainnya. Karena umumnya diolah tanpa penambahan seperti gula atau susu inilah yang membuat dark chocolate lebih sehat dibandingkan cokelat jenis lainnya.

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Meski mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, konsumsi cokelat termasuk dark chocolate haruslah tetap dibatasi. Hal ini karena cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi kalori. Berikut ini adalah manfaat cokelat hitam atau dark chocolate untuk kesehatan

Sumber Antioksidan

Sejumlah penelitian menunjukkan cokelat dan terutama dark chocolate memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Umumnya cokelat mengandung antioksidan berupa polifenol dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Meningkatkan Mood

Cokelat termasuk cokelat hitam merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi mood booster. Hal ini dipicu oleh kandungan dari cokelat sendiri seperti feniletilamin yang dapat meningkatkan mood serta memiliki efek antidepresan dan menjaga agar mood tetap stabil.

konsumsi cokelat

Apabila Anda sedang merasa stress atau depresi, mengkonsumsi cokelat dapat membantu untuk meningkatkan mood dan suasana hati Anda agar lebih baik.

Menurunkan Tekanan Darah

Flavonoid yang terdapat dalam cokelat selain berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah. Flavonoid dapat membantu produksi nitric oxide dalam tubuh yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar dan tekanan darah menurun.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Flavonoid yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap rendah secara tidak langsung juga dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung. Kakao juga dapat membantu untuk menurunkan kolestrol jahat atau LDL dan meningkatkan kadar kolestrol baik atau HDL.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat ini mungkin sedikit aneh karena umumnya cokelat justru salah satu makanan yang dijauhi seseorang saat diet. Cokelat dengan kandungan gula atau pemanis yang tinggi memang perlu dijauhi selama upaya untuk menurunkan berat badan.

Namun tidak dengan cokelat hitam. Cokelat hitam jika dikonsumsi dengan jumlah sesuai dapat membantu untuk memicu pelepasan hormon yang dapat mengontrol nafsu makan. Hal ini berasal dari kadar kakao yang tinggi yang terdapat pada cokelat hitam.

Demikian sejumlah manfaat dari mengkonsumsi cokelat. Oleh karenanya tidak perlu Anda khawatir untuk mengkonsumsi cokelat. Namun pastikan Anda membatasi asupan dan tetap menjaga konsumsi kalori Anda, karena perlu diingat cokelat merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi.

Leave a Reply