Info Bisnis

Jenis – Jenis AC dan Kelebihannya

Semakin majunya zaman, teknologi yang digunakan pada berbagai jenis – jenis AC atau sistem pendinginan ruangan juga semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya model dan teknologi yang digunakan pada AC.

Mengetahui apa saja jenis dari sistem pendingin ruangan atau AC serta kelebihannya, dapat membantu Anda untuk memilih tipe pendingin ruangan yang sesuai dengan kebutuhan pendinginan atau jenis ruangan secara tepat.

Pentingnya Memilih AC yang Sesuai

AC memungkinkan kita untuk tetap beraktivitas dengan nyaman dalam kondisi yang panas. Apabila AC yang tidak sesuai atau tidak cocok, pendinginan tidak akan dapat dilakukan secara optimal. Akibatnya suhu ruangan tidak dapat dingin secara maksimal dan tetap terasa panas.

Hal ini akan membuat kondisi terasa tidak nyaman. Misalnya saja di kantor, AC yang tidak dingin dan terasa panas seringkali dikeluhkan oleh karyawan. Suasana dan kondisi ruang kantor yang panas membuat karyawan terasa tidak nyaman dan berdampak pada pekerjaan menjadi kurang produktif.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa saja jenis – jenis AC dan apa saja kelebihan masing – masing serta perutunkan dari masing – masing jenis AC.

Jenis  AC dan Kelebihannya

Untuk memilih AC terbaik untuk kebutuhan Anda, penting untuk memahami macam macam AC yang tersedia. AC yang dipilih hendaknya disesuaikan dengan kegunaan dan tipe ruangan. Berikut ini beberapa jenis AC yang umum digunakan:

AC Split

AC Split adalah salah satu jenis AC yang sering ditemukan dan banyak digunakan di rumah maupun ruko atau perkantoran ukuran kecil. Sesuai dengan namanya, AC Split terdiri dari 2 komponen utama yang terpisah, yaitu:

  • Unit pendingin yang dipasang di dalam ruangan
  • Unit berbentuk kipas untuk pembuang panas yang berada di luar ruangan

AC Split

AC Split sendiri terbagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. AC Low Watt
  2. AC Split Standard
  3. AC Inverter

Kelebihan dari AC Split yaitu harganya yang cukup terjangkau, serta perawatan AC tipe ini yang cukup mudah dilakukan. Selain itu, AC ini juga terdiri dari beberapa ukuran, mulai dari ukuran 1/2 PK.

AC Cassette

AC Cassette adalah serupa dengan AC Split karena terdapat 2 unit, bedanya adalah AC Cassette terpasang pada bagian plafon ruangan. Berbeda dengan AC Split yang terpasang pada dinding ruangan.

AC jenis ini cocok untuk ruangan kerja atau ruangan meeting yang besar karena pendinginan akan lebih optimal dibanding dengan memasang beberapa AC tipe Split. Selain itu AC jenis ini juga umum digunakan di mall.

AC Cassette

Kelebihan dari AC jenis Cassette adalah lebih efisien dalam mendinginkan ruangan. Pendinginan juga dapat dilakukan untuk 4 sisi sekaligus, berbeda dengan AC tipe split yang hanya 1 sisi.

AC Duct

AC j duct adalah tipe AC yang dipasang di dalam ducting atau saluran ventilasi / udara dari suatu gedung. AC ini biasanya digunakan pada gedung-gedung komersil seperti gedung perkantoran, rumah sakit, dan mall.

AC ducting biasanya digunakan di rumah besar atau bangunan komersial karena kemampuannya untuk mendinginkan ruangan yang besar. Sistem AC duct atau AC central beroperasi dengan mengedarkan udara sejuk melalui saluran.

Kelebihan dari AC duct adalah pemasangan yang lebih rapi karena umumnya menyatu dengan plafon. Selain itu AC tipe ini umumnya lebih senyap saat dinyalakan dan juga pendistribusian dingin lebih merata ke seluruh area gedung.

AC Floor Standing

AC dengan desain yang diberdirikan di lantai. Salah satu tipe yang termasuk dalam AC Floor Standing adalah AC Portable. AC portabel menarik udara hangat dari ruangan, menjalankannya melalui proses pendinginan, dan kemudian mendorong udara yang didinginkan kembali ke dalam ruangan.

Beberapa tipe AC Floor standing juga memiliki kapasitas pendinginan hingga 5PK.

Smart AC

Smart AC merujuk kepada teknologi yang dimiliki oleh unit pendinginan atau AC. Smart AC atau AC Pintar biasanya memiliki fitur khusus atau tambahan yang dapat terhubung dengan internet, Wi-Fi, dan bisa dikendalikan melalui aplikasi pada smartphone.

Smart AC sendiri dapat berupa AC tipe split, cassette, atau AC Duct hingga AC Floor Standing.

Leave a Reply