Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Jenis – Jenis Kipas Fan Cooler PC

Jenis – Jenis Kipas Fan Cooler PC sangat beragam dan banyak jenisnya. Meskipun memiliki fungsi utama untuk menjaga suhu di dalam komputer atau unit CPU, ternyata kipas pendingin PC dapat dibedakan menjadi beberapa macam, baik berdasarkan letak ataupun jenisnya.

Bagi Anda yang hendak membeli PC atau merakit komputer, kipas pendingin atau fan cooler merupakan salah satu unit yang penting dan wajib ada. Apa saja kegunaan dari kipas pendingin atau fan cooler PC dan apa saja jenis kipas PC berdasarkan letaknya? Hal ini akan kita bahas lebih lanjut pada artikel kali ini.

Kegunaan Kipas Pendingin PC

Fan cooler atau kipas pendingin pada PC memiliki fungsu untuk menjaga agar komponen – komponen hardware yang ada dalam PC seperti motherboard, CPU, dan lainnya terjaga suhunya. Apabila hardware tersebut terhambat sirkulasi udaranya atau mengalami overheat, dapat menyebabkan penurunan performa, atau bahkan komputer mati dengan sendirinya.

Secara sederhana, cara kerja dari kipas pendingin PC adalah dengan membuang atau menarik hawa udara panas dari komponen hardware dan memasukkan udara yang lebih dingin.

Jenis – Jenis Kipas Fan Cooler PC

Adapun kipas pendingin pada PC dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan letak atau fungsinya. Berikut ini beberapa jenis kipas pendingin PC berdasarkan fungsi dan letaknya:

Kipas CPU

Kipas CPU atau CPU Fan biasanya berada di atas prosesor. Fungsi dan cara kerja dari kipas ini adalah membuang udara panas dari prosesor agar prosesor tetap dingin dan tidak overheat saat komputer digunakan.

Beberapa tipe prosesor tertentu turut menyertakan kipas CPU atau yang dikenal dengan sebutan stock fan pada pembelian prosesor. Akan tetapi, biasanya fungsi stock fan ini cukup standar performanya baik dari tingkat pendinginan maupun tingkat kebisingan yang dihasilkan.

Kipas Casing

Case Fan atau kipas casing adalah kipas pendingin yang biasa terpasang pada sisi casing komputer ataupun di bagian dalam casing. Biasanya kipas ini berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara dan lebih ditujukan untuk membuang udara panas dari dalam casing ke luar sehingga udara dingin masuk ke dalam casing.

PSU Fan

PSU Fan adalah kipas pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan power supply pada saat komputer bekerja. Beberapa PSU modern sudah dilengkapi dengan kipas pendingin tersendiri

Kipas VGA

Pada saat Anda merakit atau membeli komputer dengan VGA dedicated, Anda dapat memperhatikan bahwa pada VGA yang Anda beli, cenderung terdapat kipas pendingin yang umumnya berjumlah dua atau dapat lebih.

Kipas pendingin ini berfungsi untuk menjaga agar bagian GPU pada VGA tetap dingin dan tidak mengalami overheat saat komputer digunakan untuk mengolah grafis berat seperti saat memainkan game.

kipas vga

Demikian bermacam jenis pendingin atau kipas yang terdapat pada PC. Kipas pendingin PC terutama kipas CPU sendiri dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuknya seperti top-down cooler, tower cooler, hingga liquid cooler. Macam – macam jenis dari CPU Fan ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya ya.

Leave a Reply