Info Bisnis Inspirasi Bisnis

8 Jenis Lampu Modern Dan Karakteristiknya

Peran lampu dari dulu sampai dengan sekarang sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Hampir semua aktivitas modern membutuhkan lampu. Berdasarkan kondisi tersebut para produsen barang elektronik pun mulai menciptakan berbagai varian Jenis Lampu.

Lampu sejatinya menjadi sumber pencahayaan dengan perang krusial. Mungkin masih banyak orang belum begitu memahami apabila saat ini varian lampu memiliki fungsi berbeda beda. Kehadiran berbagai varian model lampu ini dapat menyesuaikan kebutuhan dan memiliki keistimewaannya masing masing. Berikut beberapa jenis lampu saat ini.

1. Jenis Lampu Halogen

Jenis Lampu Halogen

Varian lampu pertama adalah halogen yang menjadi salah satu variasi kekinian. Lampu dengan tipe Incandescent ini melalui proses pembuatan yang menarik di mana menggunakan campuran sedikit bahan gas halogen dan gas mulia.

Sesuai dengan namanya, bahan dasar gas halogen membuat Tingkat efisiensi serta masa pakainya meningkat drastis. Cahaya dari lampu Halogen juga sangatlah terang dan sangat efektif dalam menerangi ruangan, taman, kolam ikan dan lain sebagainnya.

2. Lampu Sodium High Intensity Discharge

Lampu Sodium High Intensity Discharge

Lampu tipe HID atau High Intensity Discharge juga menjadi salah satu jenis modern dengan intensitas Cahaya tinggi. Ketahannya sangat baik dan mampu mencapai hingga 20 ribu jam. Varian lampu satu ini sering orang gunakan untuk menerangi stadion, area parkir hingga jalanan.

Cahaya dari lampu tipe HID sangat terang karena melalui proses panas gas di dalam tabung atau kaca. Di dalamnya terdapat logam khusus dan gas, menariknya lampu jenis ini menawarkan fungsi sebagai penyaring dan memancarkan radiasi UV dengan kekuatan cukup besar.

3. Lampu UV atau Ultraviolet

Lampu ultraviolet UV

Varian lampu selanjutnya adalah UV atau biasa orang sebut lampu Ultraviolet. Kemampuanya dalam menerangi berbagai ruangan sangat baik sehingga menghasilkan Cahaya ultraviolet. Uniknya Cahaya ini juga tidak kasat mata.

Dalam penerapannya lampu ini menawarkan berbagai fungsi sesuai kebutuhan. Kehadirannya untuk berbagai kebutuhan ini membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan lampu tipe UV terutama di tempat tempat khusus.

4. Lampu Incandescent

Lampu Tipe Bohlam Incandescent

Lampu pijar atau Incandescent lamp menjadi salah satu jenis yang sering orang gunakan. Tipe satu ini ini memang terkenal karena tradisional dan merupakan media energi Listrik pertama. Banyak orang menyebutnya dengan sebutan bola lampu atau bohlam.

Mekanisme kerja dari lampu ini sangat simple dengan mengalirkan Listrik melalui seutas benang bernama wolfram. Cahaya dari bohlam ini umumnya berwarna kuning sehingga menyerupai sinar matahari. Ketika menyala rasa hangat juga akan terpancar dari varian lampu ini.

5. Jenis Lampu Neon

Lampu Neon

Selanjutnya ada varian lampu Neon yang mendapatkan muatan energi Listrik untuk bisa menghasilkan Cahaya. Neon dapat menyala ketika mendapatkan aliran Listrik melalui gas, tipe satu ini terkenal dengan cahayanya yang menyilaukan.

Lampu neon mampu menghasilkan Cahaya silau dengan beragam warna dan biasanya cukup mencolok. Karena kemampuannya inilah banyak orang menggunakannya untuk kebutuhan lampu took, hias, dan juga teras. Keunggulan lain dari jenis ini adalah irit dan hemat Listrik.

6. Lampu CFL atau Compact Fluorescent

Lampu CFL atau Compact Fluorescent

Jenis lampu Compact Fluorescent sering menjadi alternatif energi penerang dengan efisiensi tinggi. Kemampuannya cukup baik dan apabila dibandingkan dengan tipe lampu lainnya pencahayaan lebih terang, tahan lama dari segi pemakaian dan hemat energi.

Cara kerja dari lampu ini melalui transfer gas yang memanas dan menghasilkan Cahaya ultraviolet. CFL Lamp saat ini hadir dengan beberapa bentuk mulai dari lurus memanjang, bulat, sprilah sampai dengan bulat Panjang.

7. Jenis Lampu Fluorescent Tube

Fluorescent Tube

Lampu Fluorescent Tube merupakan jenis yang mampu menyesuaikan keadaan. Lampu dengan bentuk menyerupai pipa memanjang atau tabung tertutup ini sangat efektif dalam memberikan penerangan atau pencahayaan sekitar.

Menariknya saat ini jenis lampu fluorescent tube hadir dengan berbagai bentuk sehingga dapat memudahkan para pengguna. Kebanyakan lampu tipe ini orang manfaatkan untuk kebutuhan di lingkungan industri maupun komersial.

8. Jenis Lampu Light Emitting Diode atau LED

Lampu LED

Lampu LED atau Light Emitting Diode menjadi salah satu jenis yang sangat sering orang gunakan di era modern saat ini. Saat ini lampu LED paling efisien ketika bekerja karena terdiri dari komponen listrik yang disebut diode.

Komponen ini mampu menciptakan Cahaya lampu dengan elektron melalui semikonduktor. Pergerakannya ini menghasilkan Cahaya yang mampu memberikan rasa dingin saat bekerja sehingga tidak membuat ruang menjadi terasa panas.

Bhinneka: Solusi Pengadaan Berbagai Jenis Lampu

Anda butuh pengadaan lampu? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman daftar lampu terbaru atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply