Buku, Film, dan Musik Review Produk

Mengenal 7 Jenis Musik Populer Saat ini

Musik saat ini memang menjadi sebuah sarana hiburan yang membuat orang lebih menikmati kehidupan. Musik merupakan perpaduan antara nada dan suara sehingga menghasilkan tempo, melodi, harmoni yang indah ketika mendengarnya. Berdasarkan berkemabgannya terdapat beraneka ragam Jenis Musik saat ini bisa Anda nikmati.

Genre atau jenis dari musik hadir dalam berbagai ragam. Kehadiran banyaknya jenis ini menyesuaikan selera orang yang berbeda beda. Untuk lebih mengenalnya berikut beberapa jenis musik perlu Anda ketahui :

Jenis Musik

1. Jenis Musik Klasik

Musik klasik sering orang kenal juga dengan jenis instrumen yang keluar dari alat alat klasik seperti piano, biola, cello dan sebagainnya. Jenis satu ini terkenal di abad pertengahan dari Eropa pada tahun kurang lebih 1750an sampai dengan 1825.

Jenis instrumen dan suara yang keluar dari musik ini pada umumnya bernada menenangkan dan cenderung halus sehingga ketika mendengarkannya Anda akan merasakan relaksasi. Banyak orang sekarang menggunakannya sebagai media untuk menghilangkan stress.

2. Jenis Pop

Sejauh ini di zaman modern musik jenis pop jadi yang banyak penikmatnya. Hampir semua musisi yang berhasil membuat lagu dengan genre ini selalu laku di pasaran baik itu di Indonesia maupun luar negeri. Genre ini memang sangat nyaman untuk orang dengarkan dalam berbagai kondisi.

Musik jenis ini memang sangat mudah untuk Anda kenali dan sangat nyaman untuk orang dengarkan. Temponya benar benar bervariasi kemudian harmoni serta lantunan nadanya tidak rumit sehingga orang senang dan mudah menyanyikannya.

3. Jenis EDM

Masuknya era digital juga mempengaruhi jenis bermusik banyak orang dengan kehadiran genre EDM. Electronic Dance Music ini sekarang cukup populer dan mengalami perkembangan sangat pesat. Masyarakat mulai mengenal jenis ini pada tahun 70an ketika maraknya tempat disko baru buka.

Musik musik bergenre EDM sendiri memiliki tempo sangat tinggi dan berenergi. Kebanyakan kategori musik ini memang untuk tidak orang menikmati bernyanyi melainkan untuk berjoget dan berdansa. Tidak heran jika musik musik EDM cenderung punya lirik tidak jelas namun alunan harmoninya menyenangkan.

4. Jenis Musik Rock

Apabila Anda menyukai lantunan nada yang berisik dan menggelegar, maka genre Rock jadi opsi terbaik. Musik jenis ini memiliki ciri khas dengan kebisingannya yang memadukan instrumen gitar, bas, dan drum dengan tempo terkesan ganas.

Era kejayaan musik jenis ini terjadi pada tahun 1950 an di mana ketika ini banyak sekali musisi bergenre rock bermunculan dan mulai memperkenalkan beberapa alat musik modern. Gitar listrik menjadi salah satu hasil dari kehadiran genre musik ini yang instrumennya terdengar gahar.

5. Blues

Blues merupakan salah satu jenis pada industri musik yang sampai saat ini menawarkan hal unik dari sisi instrumen dan juga melodinya. Genre musik blues memang menawarkan makna yang mendalam dan juga terkesan sedih serta frustasi. Jenis ini mulai orang kenal pada tahun 1910 an.

Apabila Anda mendengar nya secara sepintas mungkin kategori musik ini memang terdengar seperti bernuansa Jazz akan tetapi Blues sebenarnya lebih syahdu. Tidak hanya itu kebanyakan lagu blues ini benar benar tenang dengan tempo sangat lambat.

6. Country

Country merupakan tipe musik yang berkembang pesat di wilayah Amerika Serikat dan menjadi salah satu instrumen dengan identifikasi seorang cowboy. Ketika Anda mendengarkan musik ini seolah sedang berada di masa masa cowboy sedang berjaya.

Genre musik satu ini punya ciri khas dari pengguna instrumennya seperti gitar klasik dengan petikan unik. Sekarang musik country masih banyak orang sukai dan gemari sehingga masih akses sampai dengan saat ini.

7. Jenis Musik K-Pop

Tipe musik paling baru yang sekarang sedang orang gemari hampir di seluruh dunia adalah K-Pop. Genre ini sebenarnya turunan dari jenis pop namun lebih spesifik ke arah Korea Selatan. Selain melantunkan nyanyian genre K-pop juga biasanya menambahnya dengan tarian dan dance.

Perpaduan antara nyanyian dan tarian ini membuat kategori musik ini menjadi salah satu yang revolusioner dan memberikan warna cerah, penuh semangat, dan berwarna. Ciri khas lain dari KPop biasanya terdiri dari solo artis atau boy bands dan girl bands serta rappers.

Leave a Reply