Tips & Tutorial

Jenis Olahraga yang Membakar Kalori Paling Banyak

Mengetahui jenis olahraga yang membakar kalori paling banyak merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui bagi Anda yang menerapkan diet atau menjalankan program penurunan berat badan maupun ingin menjaga berat badan Anda yang sekarang.

Olahraga teratur selain menjaga kebugaran tubuh juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Akan tetapi untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal, tidak cukup hanya menjaga pola makan, namun Anda juga perlu memperhatikan jenis olahraga yang Anda lakukan.

Dalam artikel ini akan dibahas singkat mengenai berbagai macam jenis olahraga yang dapat membakar kalori paling banyak serta membantu Anda untuk mencapai target berat badan yang Anda inginkan.

Konsep Kalori

Kalori diperoleh oleh tubuh dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya. Setidaknya ada tiga hal esensial yang dilakukan oleh tubuh yang membutuhkan kalori yaitu metabolisme dasar, fungsi pencernaan, serta aktivitas fisik.

Kalori dapat kita anggap seperti “bahan bakar” tubuh. Kurangnya asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, membuat Anda merasa lemas, tidak bertenaga dan berakibat tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

Terdapat istilah kalori masuk dan kalori keluar yang dikenal secara umum. Kalori masuk adalah seluruh kalori yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari. Sedangkan kalori keluar adalah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh atau dibakar oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas fisik dan berbagai fungsinya.

kalori

Apabila kalori yang kita konsumsi lebih banyak dari kalori yang keluar atau dibakar tubuh, maka akan terjadi surplus kalori, dimana kalori ini biasa disimpan dalam bentuk lemak dan juga berakibat pada naiknya berat badan di timbangan.

Sebaliknya apabila kalori yang masuk lebih sedikit dari kalori keluar, maka akan terjadi defisit kalori. Kondisi defisit kalori ini membuat tubuh membakar lemak untuk mencukupi kebutuhan energi dan dapat berakibat pada turunnya berat badan di timbangan.

Jenis Olahraga yang Membakar Kalori Paling Banyak

Jika ingin menurunkan berat badan maka perlu tercipta kondisi defisit kalori. Sedangkan apabila Anda ingin menjaga berat badan ideal, maka kalori yang masuk harus sama dengan kalori yang dibakar. Untuk itu Anda perlu mengetahui angka kecukupan kalori Anda dan mengetahui berbagai olahraga yang dapat membakar kalori paling banyak:

Lari

Lari merupakan olahraga yang mudah dan dapat Anda lakukan untuk membakar kalori. Besarnya kalori yang dibakar tergantung pada durasi dan juga intensitas Anda lari. Semakin cepat Anda lari, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

jenis olahraga yang membakar kalori

Umumnya berlari selama 30 menit dapat membakar sekitar 300 hingga 480 kalori

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang juga membakar banyak kalori. Selain bersepeda di luar ruangan, Anda juga menggunakan sepeda statis untuk olahraga bersepeda di dalam rumah. Bersepeda selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 – 300 kalori

bersepeda

Renang

Renang merupakan jenis olahraga kardio dengan intensitas rendah. Meski begitu, sebagai salah satu jenis olahraga kardio, renang dapat membakar sekitar 198 – 294 kalori selama 30 menit. Salah satu keunggulan renang dibandingkan olahraga kardio lain seperti lari adalah, pada renang Anda menggunakan sekaligus melatih seluruh otot tubuh yang Anda miliki.

Untuk orang – orang yang memiliki masalah persendian dan tidak dapat atau sulit berlari juga dapat menjadikan renang sebagai olahraga alternatif.

Senam Aerobik

Senam Aerobik seperti zumba juga dapat dilakukan untuk membakar kalori. Selain menyenangkan bila dilakukan ramai – ramai, senam aerobik dapat membakar hingga 180 – 270 kalori per 30 menitnya.

HIIT

HIIT atau High Intensity Interval Training adalah latihan intensitas tinggi yang dapat Anda dengan mudah lakukan di rumah dengan mengikuti berbagai panduan video yang dapat Anda temukan di internet.

Pada dasarnya HIIT adalah olahraga dengan kecepatan atau intensitas tinggi selama selang waktu tertentu misalnya 30 detik, dan diselingi istirahat selama 1 menit sebelum berlanjut ke gerakan berikutnya.

Gerakan – gerakan pada HIIT cukup beragam misalnya saja lari di tempat, jumping jack, squat, sit up, plank, dan sebagainya

Leave a Reply