Smart Pole Tiang Pintar Multifungsi
Pemerintah Solusi B2B

Smart Pole TIMUS: Infrastruktur & Keamanan Berbasis IoT

Di tahun 2021, Bhinneka bekerjasama dengan Diskominfo Provinsi Jawa Barat untuk menghadirkan fasilitas Smart Pole TIMUS (Tiang Pintar Multifungsi). Solusi infrastruktur canggih ini berfungsi meningkatkan kenyamanan dan keamanan di ruang terbuka. Tiang pintar ini dipasang di taman kota lapangan Gasibu dan GOR Saparua.

TIMUS (Tiang Pintar Multifungsi) membantu meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang beraktivitas di tempat tersebut. Tiang pintar dilengkapi teknologi Smart Light, kamera CCTV, outdoor speaker, koneksi internet WiFi publik, pengisian daya USB, dan Panic Button yang bisa digunakan saat kondisi darurat.

Solusi teknologi untuk instansi pemerintah ini sejalan dengan program #JabarJuara. Inovasi smart pole TIMUS diluncurkan bertepatan dengan penyelenggaraan Jabar Digital Service (JDS) TechUpdate Spesial 2021 berjudul “Sinergi Hadapi Pandemi Jabar Bangkit Lewat Inovasi.”

Infrastruktur dan Keamanan Berbasis IoT

Bhinneka bersama Diskominfo Provinsi Jawa Barat memasang Smart Pole TIMUS di taman kota lapangan Gasibu dan GOR Saparua. Tiang pintar multifungsi dengan teknologi IoT (Internet of Things) memberi kenyamanan dan keamanan untuk masyarakat yang beraktivitas di ruang terbuka.

Smart Pole Tiang Pintar Multifungsi

“Penambahan smart pole mempertegas fungsi dan manfaat Jabar Command Center (JCC) mewujudkan provinsi digital Jawa Barat meskipun di tengah pandemi. Versalitas fungsi dan fitur dari perangkat smart pole juga sangat membantu pelayanan, kenyamanan, dan keamanan area lapangan Gasibu dan GOR Saparua.

Semuanya dalam kemudahan akses satu pintu dalam Jabar Command Center. Terima kasih kepada Bhinneka atas kontribusinya sebagai perusahaan teknologi asli Indonesia, sinergi antara pelaku industri dan pemerintah ini sangat diperlukan,” kata Setiaji sebagai Kepala Diskominfo Jawa Barat sekaligus Chief of Digital Transformation Office di Kementerian Kesehatan RI.

Keberadaan Smart Pole TIMUS dengan banyak fungsinya meningkatkan estetika fasilitas umum kota. Tiang pintar memiliki desain senada dengan atap gedung sate sebagai landmark kota Bandung. Di dalamnya terdapat piranti keras yang berfungsi untuk monitoring dan mengirim data secara real time ke gedung pusat komando Jawa Barat di Gedung Sate.

Tiang Pintar Multifungsi di Bandung

Dengan kemampuan IoT di dalamnya, data-data yang dikirim TIMUS membantu pemerintah setempat untuk mengambil keputusan strategis terhadap isu-isu perkotaan yang kompleks. Selain itu, kerusakan atau malfungsi dapat diidentifikasi dan diperbaiki dari jarak jauh tanpa mengecek secara langsung ke lokasi.

Fitur Inovatif di Tiang Pintar Multifungsi (TIMUS)

Tiang pintar multifungsi (TIMUS) adalah satu unit tiang yang punya banyak fitur inovatif:

  • Smart Lighting. Teknologi LED dan pengendalian terpusat dapat meningkatkan kecerahan lampu secara otomatis, bisa menyala dan mati. Teknologi pencahayaan otomatis ini membantu mengurangi jejak karbon dan hemat energi.
  • Kamera CCTV 360°. Kamera pengawas 360° sudah dilengkapi fitur People Counting yang berfungsi mengawasi keamanan dan ketertiban di ruang terbuka. Kamera CCTV ini berfungsi mengendalikan kerumunan di dua titik fasilitas umum di kota Bandung tersebut.
  • Outdoor Speaker. Berfungsi memberikan informasi secara audio ke pengguna fasilitas umum. Fasilitas ini bisa digunakan dalam kondisi darurat. Pemerintah juga bisa menggunakan speaker untuk memberi pengumuman ke masyarakat umum.
  • Panic Button. Tombol darurat digunakan dalam keadaan huru hara. Saat ditekan, notifikasi akan dikirim langsung ke Jabar Command Center. Pengunjung taman bisa menekan tombol tersebut untuk memanggil petugas keamanan setempat.
  • WiFi dan USB Mobile Charging. Untuk menambah kenyamanan masyarakat yang beraktivitas di taman, smart pole TIMUS dilengkapi dengan jaringan internet nirkabel (WiFi) dan port USB untuk mengisi baterai smartphone dan berbagai jenis gadget.

Bantu Mencegah Penyebaran Covid-19

Saat dipasang pada Desember 2021, Smart Pole TIMUS membantu pemerintah memantau keamanan. Tiang pintar multifungsi digunakan untuk mengawasi kerumunan demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di ruang publik. Kamera CCTV 360° digunakan untuk memantau kondisi taman. Jika terlihat ada kerumunan, tim keamanan akan datang untuk memecah keramaian untuk menekan penyebaran virus.

Smart Pole di Lapangan Gasibu dan GOR Saparua

“Di bawah Diskominfo, JDS menjadi platform tepat bagi masyarakat untuk pengembangan lebih lanjut infrastruktur seperti TIMUS Bhinneka. Kehadiran smart pole menjadi salah satu inovasi digital dan teknologi di mana data kami kumpulkan dan analisis untuk penanganan isu sosial, pandemi sehingga pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup warga Bandung, terutama dalam hal keamanan dan monitoring kerumunan untuk mencegah gelombang Covid-19 kembali.” ucap Setiaji.

Solusi Teknologi Terkini untuk Pemerintah

Bhinneka adalah pionir e-commerce di Indonesia yang sejak tahun 1993 melayani UMKM, korporasi, dan lembaga pemerintah. Kami menyediakan berbagai produk IT, peralatan elektronik, furnitur kantor, ATK, peralatan medis, MRO, hingga jasa untuk bisnis. Bhinneka adalah penyedia online pertama yang terdaftar di e-Katalog LKPP, serta mendapat penghargaan untuk Dukungan Keterbukaan Data Marketplace dari Kemkominfo (2018), Kontribusi terhadap Penerimaan Negara WP VIP-1 dari Ditjen Pajak (2017-2018), serta dianugerahi Best Brand Award (2018-2019) dari CMO Asia.

“Sebagai perusahaan teknologi lokal yang telah melayani banyak korporasi dan pemerintah daerah, kami senantiasa menghadirkan produk dan layanan yang inovatif dan relevan dengan peningkatan layanan publik. Kami berharap TIMUS Bhinneka ini dapat dibangun di berbagai smart city lainnya di Indonesia. Kami sangat mengapresiasi Pemprov Jabar dalam mewujudkan #JabarJuara lewat kolaborasi dalam pemanfaatan teknologi dan data, sebagai bagian dari upaya meningkatkan keamanan dan menekan laju Covid-19,” ujar Hendrik Tio, CEO dan Founder Bhinneka.

Sebagai toko online B2B pertama di Indonesia, Bhinneka menyediakan banyak solusi teknologi untuk instansi pemerintah. Teknologi canggih terbaru kami meningkatkan pelayanan masyarakat. Implementasi teknologi terbaik di ruang publik dapat digunakan untuk memberi rasa aman bagi masyarakat yang beraktivitas. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa cek solusi Bhinneka e-Government.

Leave a Reply