Printer dan Scanner

6 Jenis Printer Berdasarkan Karakteristik dan Fungsinya

Perkembangan teknologi kini berjalan sangat cepat. Hampir semua produk elektronik memiliki tipe dan varian terbaru setiap tahunnya. Hal ini juga terjadi pada printer, di mana sekarang terdapat banyak sekali jenis jenis printer yang tersedia di pasaran. Bagi anda yang memiliki usaha komputer dan printer, atau di bidang percetakan, ada baiknya anda mengetahui perbedaan dan fungsinya.

Biasanya tipe printer ini memiliki kemampuannya masing masing dan produsen buat menyesuaikan kebutuhan aktivitas manusia modern. Semantara jenis yang paling umum orang gunakan adalah printer kertas untuk kebutuhan sehari hari baik individu maupun perusahaan dan kelompok besar.

Fungsi utama printer adalah mencetak hasil kerja seseorang ketika menggunakan komputer atau laptop seperti desain grafis maupun pengetikan dokumen. Kegunaannya yang sangat penting ini membuat banyak orang mengandalkannya. Berikut jenis jenis printer yang sekarang tersedia untuk orang gunakan :

Jenis Printer Laser Jet

Jenis Printer Laser Jet

Jenis printer ini sangat populer dan cukup banyak yang menggunakannya. Keunggulan utama dari jenis ini adalah dapat melakukan proses pengerjaan secara cepat dan cartridgenya bisa bertahan cukup lama. Sejauh ini telah tersedia warna cetak CMYK yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black

Hasil cetakan dari printer laser jet cukup tajam dan juga sangat hemat biaya isi ulang. Varian printer satu ini akan sering Anda temukan di rumah rumah pribadi, perkantoran, sampai dengan perusahaan. Kebutuhan akan mencetak dokumen membuat printer laser cukup orang minati.

Printer Inkjet

Printer Inkjet

Varian kedua yang sering orang gunakan juga adalah printer tipe inkjet di mana cara kernya dengan menyemprotkan tinta ke atas kerta sehingga terbentuk sebuah gambar cetakan. Secara kualitas printer ini mampu memiliki hasil hampir sama dengan printer laser. Kekuatan cetaknya bisa mencapai kualitas gambar sebesar 300 dpi.

Tingkat dpi ini sudah cukup memberikan kejelasan luar biasa kepada hasil cetakan Anda. Akan tetapi printer inkjet ini punya tinta yang cukup mahal karena warna yang tipe ini hasilkan benar benar cerah. Jadi tidak heran bila harga printernya cukup tinggi. Dalam penggunaan sehari hari sering terlihat di kantor, rumah, dan juga lembaga pemerintahan.

Printer Thermal

Printer Thermal

Printer thermal memang orang buat secara khusus untuk kebutuhan spesifikasi. Jenis ini akan sering Anda temukan di beberapa toko swalayan atau department store karena fungsinya memang hanya untuk melakukan print atau cetak nota kasir.

Bentuk dari printer satu ini tidak sebesar inkjet atau laser. Kebutuhan seorang kasir dalam memberikan hasil belanjaan pelanggan membuat printer thermal menjadi andalan. Harga printer ini cukup mahal, hal ini lantaran kemampuan dan rancangannya memang produsen buat secara khusus.

Jenis Printer Direct To Garment

Jenis Printer Direct To Garment

Printer Direct To Garment atau sering orang singkat menjadi DGT merupakan jenis yang sangat cocok untuk kebutuhan konveksi. Printer ini menjadi inovasi terbaru dalam dunia percetakan. Jenis alat cetak ini bisa orang gunakan untuk mencetak di permukaan selain kertas seperti kayu, handuk, sampai dengan kain. Hasilnya pun cukup memuaskan.

Komposisi antara warna dan juga lekukan bisa sesuai dengan desain yang ada di perangkat lunaknya. Keunggulan lain dari printer DTG adalah awet dan dapat bertahan lama, hal ini yang membuat printer ini menjadi andalan para pelaku bisnis konveksi seperti penyablonan baju dan lainnya.

Printer Plotter

Printer Plotter

Jenis plotter merupakan printer yang mampu mencetak di permukaan unik seperti vinyl, kerta, dan juga sticker. Secara eksplisit, printer jenis ini akan sering Anda temukan di beberapa jasa printing dalam menghasilkan produknya baik keperluan indoor seperti banner dan poster maupun kebutuhan outdoor.

Umumnya printer plotter hadir dengan ukuran yang sangat besar sehingga kecepatan cetak sangat mumpuni. Selain itu, alat cetak jenis ini memiliki hasil yang tajamnya begitu bagus serta jernih. Produsen memang membuat printer plotter untuk kebutuhan komersial dan bisnis. Tentu saja harga dari printer ini cukup mahal.

Printer Dye Sublimation

Printer Dye Sublimation

Jenis berikutnya adalah printer dye sublimation dimana alat cetak satu ini memanfaatkan gulungan film transparan panjang dengan warna kuning, biru, abu abu, sampai dengan merah. Ini merupakan warna dasar dari CMYKnya printer dye sublimation.

Semantara itu printer ini punya komponen Head print di mana elemen ini biasanya pengguna manfaatkan untuk memberikan suhu yang bervariasi pada saat pewarnaan. Kondisi ini membuat proses penguapan dan penyerapan warna ke dalam kertas terjadi sangat cepat, sampai sampai sudah masuk sebelum kembali menjadi padat.

Demikian pembahasan tentang jenis Printer terkait karakteristik dan fungsinya. Silakan kunjungi halaman Printer Terbaru di Bhinneka untuk cek harga terbaru dan jenis yang tersedia.

Leave a Reply