Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal 5 Jenis Termometer: Karakteristik dan Penggunaannya

Ketika sedang demam, biasanya orang akan mengecek suhunya. Untuk melakukan hal ini Anda memerlukan alat bernama termometer. Dengan menggunakan alat ini, pengguna bisa tahu suhu tubuh seseorang. Dalam perkembangannya, terdapat jenis jenis termometer yang sekarang tersedia dan bisa orang gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Termometer merupakan perangkat untuk mengetahui suhu pada tubuh manusia, terutama yang sedang menderita demam. Alat ini sangat berguna dan orang sudah seharusnya memilikinya di rumah sehingga ketika anggota di dalam rumah demam bisa langsung mengetahui suhunya. Untuk mengenal lebih dekat perangkat ini berikut jenis jenis termometer dan cara penggunaannya :

1. Jenis Termometer Air Raksa

Termometer Air Raksa

Termometer air raksa memiliki bentuk menyerupai tabung kaca dengan tambahan logam cair di dalamnya. Zat merkuri dan air raksa yang ada pada termometer ini menjadi salah satu ciri khasnya. Cukup banyak orang yang menggunakan tipe ini.

Metode penggunaan dari termometer ini cukup mudah yaitu Anda hanya perlu meletakkannya di area mulut tepat di bawah lidah. Akan tetapi perlu menjadi perhatian, sebelum memasukkannya ke mulut pastikan pengguna telah membersihkan tangan baik.

Selain dapat dengan mudah orang gunakan, termometer air raksa juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Tidak heran bila alat ini sering Anda temukan di beberapa rumah baik keluarga atau teman. Saat menggunakan termometer ini pastikan berhati hati karena memang mengandung air raksa.

2. Jenis Termometer Digital

Termometer Digital

Termometer digital merupakan jenis yang mengikuti perkembangan zaman. Bentuk dan tampilannya sangat menggambarkan perkembangan teknologi. Selain itu alat ini dapat memberikan hasil lebih akurat dan cepat.

Sistem dalam perangkat satu ini telah menggunakan sensor panas elektromagnetik dalam melakukan proses pengukuran suhu tubuh manusia. Penggunaan dari termometer mungkin sudah tidak asing yaitu dengan meletakkannya di ketiak selama lima menit.

Terdapat juga termometer digital yang akan mengeluarkan suara bila sudah mendapatkan hasil dari suhu tubuh manusia. Tidak hanya itu, termometer digital juga bisa Anda gunakan dengan meletakkannya di bawah lidah dan menutup mulut selama 40 detik.

3. Jenis Termometer Ear

Termometer Ear

Ear thermometer ini dirancang khusus untuk mengukur suhu dalam telinga. Termometer jenis ini melengkapi dirinya dengan perangkat inframerah sehingga mampu membaca secara detail panas pada tubuh manusia. Hasil dan tingkat akurasi dari alat ini juga cukup bagus.

Penggunannya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu meletakan alat ini di lubang telinga. Setelah termometer sudah berada di area ini, pastikan untuk sensor menghadap ke arah permukaan bagian lubang telinga. Hal ini agar kinerja sensor dalam menangkap hasil lebih baik.

Setelah melakukan hal ini pengguna hanya perlu menunggu sampai alat mengeluarkan sebuah bunyi. Ini akan menjadi pertanda atau isyarat yang menunjukan bila termotor sudah menangkap hasil dari pengukuran suhu badan atau tubuh manusia.

4. Jenis Termometer Dot Digital

Termometer Dot Digital

Termometer Dot Digital memiliki bentuk seperti dot yang sering bayi gunakan. Sesuai dengan namanya alat ini sangat berguna untuk mengukur atau mengetahui suhu dari anak kecil atau bayi. Alat ini memang orang desain dan rancang khusus untuk para bayi.

Sementara untuk penggunaan dari alat ini sangatlah mudah, seperti biasa Anda harus meletakan perangkat ini ke mulut anak atau bayi seperti penggunaan dot pada umumnya. Biarkan anak atau bayi tersebut menghisapnya. Biarkan aktivitas ini selama 3 hingga 5 menit. Tidak lama hasilnya akan keluar.

5. Jenis Termometer Digital Infrared

Termometer Digital Infrared

Termometer digital infrared merupakan jenis khusu yang mengedepankan kinerja inframerah dalam melakukan pengecekan pada tubuh manusia. Sinar infra merah pada alat ini berperan besar dalam melakukan deteksi dan menemukan hasil suhu tubuh seseorang.

Sementara untuk cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu meletakan sensornya ke arah dahi. Tidak lama kemudian alat akan mengeluarkan sebuah cahaya berwarna merah. Infra merah pada termometer ini akan membaca dan mengukur tingkat panas di kepala.

Hasil pengukuran dari alat ini akan tampil pada layar termometer. Pengguna bisa langsung mengetahui ukuran suhu tubuh seseorang ketika melihat hasilnya pada layar perangkat. Saat ini terdapat tipe lain termometer infrared dengan cara penggunaan berbeda seperti mengarahkannya ke punggung tangan.

Demikian pembahasan tentang jenis termometer beserta karakteristik dan penggunaannya. Untuk cek seri yang tersedia dan harga terbaru, silakan kunjungi halaman Daftar Termometer terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply