Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Kandungan Vitamin dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat lidah buaya diketahui cukup banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tanaman dengan segudang manfaat yang sangat disukai. Tidak jarang banyak orang yang memutuskan untuk menanam lidah buaya di pekarangan rumahnya.

Bukan tanpa alasan, tanaman dengan bentuk daun tegak dan duri di bagian pinggirnya ini sangat mudah ditanam dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda dapat menanam lidah buaya secara langsung di tanah atau dengan pot.

lidah buaya

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, ada banyak manfaat lidah buaya. Misalnya saja sebagai obat – obatan. Lidah buaya juga dapat dikonsumsi dengan cara diolah menjadi minuman segar. Selain itu lidah buaya juga banyak dijadikan kandungan obat – obatan maupun produk perawatan kulit karena manfaatnya yang banyak

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya selain mudah ditanam dan dirawat juga mudah diolah. Lidah buaya seringkali digunakan sebagai kandungan makanan, minuman hingga berbagai obat – obatan karena memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan.

Yang paling mudah misalnya, Anda dapat mengoleskan lidah buaya ke kulit yang kering untuk melembabkan kulit Anda. Anda juga dapat mengolah lidah buaya menjadi minuman dingin atau es untuk dikonsumsi.

Berikut ini berbagai manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui

Melembabkan dan Mengatasi Kulit Kering

Sudah menjadi rahasia umum kalau lidah buaya sangat dipercaya dapat membantu mengatasi kulit kering. Ini dikarenakan lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan vitamin E serta mineral yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lidah buaya yang rutin dikonsumsi dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta mencegah penyakit. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung vitamin, mineral serta nutrisi yang diperlukan tubuh.

manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Mengatasi Batuk Berlendir & Berdahak

Apabila Anda membeli obat batuk, seringkali Anda menemukan obat batuk yang diformulasikan khusus untuk batuk berlendir dan berdahak. Pada obat batuk tersebut biasanya terdapat kandungan aloe vera atau lidah buaya. Lidah buaya dipercaya dapat membantu membuang lendir dan dahak serta melegakan tenggorokan yang gatal sehingga dapat membantu mengatasi batuk yang membandel.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Lidah buaya juga seringkali diandalkan apabila terjadi luka ringan seperti tergores atau sayatan kecil pada jari misalnya. Selain itu lidah buaya juga dipercaya dapat membantu mengatasi serta mempercepat penyembuhan luka akibat panas atau luka bakar derajat ringan.

Lidah buaya dipercaya dapat memberikan efek tenang dan dingin pada kulit yang terkena luka bakar ringan sehingga dapat mempercepat proses pemulihan.

Mengatasi Mata Bengkak dan Dark Circle

Salah satu manfaat kecantikan dari lidah buaya adalah membantu mengurangi bengkak pada mata serta mengatasi kantung mata dan juga lingkar hitam atau dark circle. Anda dapat mencoba mengoleskan krim atau gel lidah buaya secara rutin ke area di bawah mata Anda jika Anda memiliki kantung mata dan juga dark circle.

Membantu Mengatasi Sulit Buang Air Besar

Lidah buaya adalah salah satu obat alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi sembeli atau susah buang air besar. Lateks pada gel lidah buaya bersifat laxative dan dapat membantu untuk melancarkan pencernaan.

Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, mengkonsumsi lidah buaya secara rutin dapat membantu untuk menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol, khususnya bagi para penderita diabetes tipe 2.

Meski lidah buaya banyak mengandung manfaat, akan tetapi penggunaan maupun konsumsi lidah buaya hendaknya tidak berlebihan. Konsumsi atau penggunaan yang berlebihan dapat memicu efek samping seperti diare karena lidah buaya yang bersifat laxative.

Pengolesan lidah buaya sebagai gel atau krim juga dapat memicu alergi pada beberapa orang. Oleh karenanya, Anda dapat mencoba mengoleskan sedikit terlebih dahulu pada kulit Anda dan menunggu beberapa saat untuk melihat ada atau tidaknya reaksi alergi dari penggunaan produk kecantikan yang mengandung lidah buaya.

Leave a Reply