Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Kapan Perlu Ganti Thermal Paste Pada Laptop

Kapan perlu ganti thermal paste pada laptop merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengguna laptop. Seringkali juga banyak yang tidak mengetahui kalau thermal paste perlu diganti. Akibatnya, laptop jarang diservis dan thermal paste tidak diganti.

Jarang atau tidak pernah mengganti thermal paste dapat menimbulkan berbagai masalah dalam penggunaan laptop. Laptop atau PC yang bermasalah tentunya akan mengganggu pekerjaan para karyawan dalam suatu perusahaan sehingga menjadi tidak efektif dan tidak produktif.

Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian dari thermal paste, apa fungsi thermal paste serta kapan sebaiknya perlu dilakukan servis dan penggantian thermal paste pada laptop.

Pengertian Thermal Paste

Thermal paste atau pasta termal adalah zat atau krim yang biasanya dioleskan di antara prosesor atau unit pendingin atau di kartu grafis yang biasanya terdapat pada laptop dan PC. Thermal paste sendiri banyak dijual dan berbentuk tube seperti odol atau pasta gigi.

Dalam penggunaannya, Thermal Paste dapat dioleskan langsung ke permukaan prosesor CPU atau kartu grafis dengan menggunakan aplikator.

fungsi thermal paste

Fungsi Thermal Paste

Thermal paste memiliki sifat daya hantar panas yang baik. Oleh karenanya, panas yang dihasilkan oleh komponen seperti CPU maupun kartu grafis saat laptop atau PC berkerja, dapat dibuang dengan baik. Thermal Paste membantu mentransfer panas dari prosesor (CPU) dan ke pendingin (cooling fan/AIO fan). Unit pendingin kemudian membuang panas itu keluar dari laptop atau PC melalui lubang pembuangan atau ventilasi.

Kapan Perlu Ganti Thermal Paste pada Laptop dan PC

Setelah mengetahui fungsi dan cara berkerja dari Thermal Paste, Anda tentu mengetahui bahwa thermal paste berperan penting dalam mencegah laptop dan PC menjadi overheat dan tidak terlampau panas saat digunakan.

Seiring berjalannya waktu, thermal paste dapat mengering dan sudah tidak optimal lagi dalam menghantarkan panas. Lantas apa saja tanda atau ciri Anda sudah perlu mengganti thermal paste?

Kipas Laptop atau PC yang Berbunyi Kencang

Salah satu tanda bahwa thermal paste sudah perlu diganti adalah kipas laptop atau PC yang berbunyi dengan kencang. Ini menunjukkan bahwa suhu pada prosesor atau bagian internal PC panas dan tidak efektif dalam menghantarkan panas sehingga kipas pendingin laptop atau PC perlu bekerja dengan keras untuk mendinginkan.

Laptop Menjadi Lemot

Laptop yang terlampau panas dapat menurunkan kinerja dari laptop tersebut. Hal ini biasanya ditandai dari laptop yang terasa pelan dalam membuka aplikasi atau menjalankan program.

Laptop Mati Tiba – Tiba

Jika laptop yang Anda miliki mati tiba – tiba, bisa jadi merupakan tanda bahwa thermal paste pada laptop perlu diganti. Hal ini karena laptop biasanya akan mati secara otomatis apabila mendeteksi adanya overheat atau terlampau panas saat digunakan.

Umumnya, thermal paste perlu diganti secara rutin setiap 1-2 tahun sekali untuk penggunaan laptop yang tidak terlalu berat.  Jika perangkat digunakan untuk pekerjaan yang berat hingga terus-menerus dipakai, sebaiknya thermal paste diganti setiap 6 bulan atau setahun sekali.

kapan ganti thermal paste

Cara Mengatasi Masalah pada Laptop dan PC

Masalah – masalah yang kerap terjadi pada unit PC atau laptop dapat diminimalisir dengan melakukan perawatan atau servis berkala secara rutin. Biasanya perawatan ini dapat mencakup antara lain:

  1. Pembersihan debu pada bagian dalam Desktop dan Laptop
  2. Penggantian thermal paste
  3. Health Checkup berupa scanning virus, malware, dll
  4. Maintenance rutin secara berkala

Dengan melakukan pembersihan debu dan penggantian thermal paste secara rutin misal tiap 6 bulan, kinerja PC akan optimal dan tidak overheat. Lalu proses health checkup dapat mendeteksi apabila ada masalah pada harddisk, atau operasional PC secara keseluruhan.

Bhinneka menawarkan jasa perawatan laptop dan komputer berbasis kontrak. Cocok untuk Anda yang ingin menjaga perangkat kerja di kantor tetap optimal dan awet untuk jangka panjang. Pengerjaan dilakukan oleh teknisi profesional dimana teknisi akan langsung datang ke lokasi Anda untuk melakukan perawatan sesuai permintaan.

Perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan berupa perawatan unit kerja karyawan yang rutin sehingga pekerjaan tetap efektif dan produktif. Selain itu Anda akan mendapat jaminan prioritas dalam pelayanan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait layanan kontrak maintenance perawatan komputer di halaman ini

Leave a Reply