Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Apa Itu Kecerdasan Buatan (AI)? Definisi, Kemampuan, dan Contoh Penerapan

AI atau kecerdasan buatan memang menjadi salah satu hasil pengembangan teknologi yang sangat luar biasa. Kehadirannya mampu membantu berbagai aktivitas manusia sehingga menjadi lebih mudah. Meskipun cukup terkenal, banyak orang yang belum mengetahui tentang Kecerdasan Buatan (AI) ini.

Artificial Intelligence atau AI merupakan kecerdasan buatan atau simulasi dari buatan seseorang yang memodelkan manusia di dalam sebuah mesin. Program yang para programer tanamkan pada kecerdasan buatan ini mengacu pada pengalaman serta aktivitas manusia. Untuk mengenalnya lebih dalam berikut pengertian dan hal penting harus Anda ketahui tentang AI.

Definisi AI atau Artificial Intelligence

AI atau kecerdasan buatan merupakan sekumpulan atau sebuah sistem yang dapat mengerjakan berbagai aktivitas. Menariknya aktivitas yang AI kerjakan ini layaknya manusia sehingga dapat menggantikan tenaga manusia untuk beberapa pekerjaan tertentu.

Artificial Intelligence sendiri membutuhkan data dan pengetahuan dari manusia untuk bisa mengerjakan berbagai aktivitas penting. Seiring dengan berjalannya waktu, AI dapat menambah pengalamannya sehingga memiliki kecerdasan yang meningkat. Hal ini lantaran ada sifat Learning, Self Correction, dan Reasoning dalam dirinya.

Kemampuan dalam Mengembang Diri

AI menjadi salah satu penemuan manusia yang sangat luar biasa. Pasalnya pada diri AI terdapat Self Correction atau sifat untuk mengoreksi kesalahan sendiri. Dengan kata lain teknologi ini dapat memperbaiki pekerjaan yang sebelumnya salah Dia kerjakan.

Cara kerja AI sebenarnya sangat sederhana di mana semua pengetahuan manusia yang pernah dirinya tangi akan masuk ke memorinya. Secara otomatis ingatan inilah yang membuat AI atau kecerdasan buatan dapat mengerjakan berbagai hal tanpa kesulitan.

Kecerdasan Buatan (AI)

Beberapa Contoh Kecerdasan Buatan yang Ada saat Ini

Implementasi AI sendiri dalam kehidupan sehari hari sudah sangat banyak. Beberapa perusahaan teknologi besar telah memanfaatkan tenaga AI sebagai salah satu pekerjaannya sehingga bisa menuntaskan berbagai pekerjaan secara efektif. Berikut beberapa contoh kecerdasan buatan yang sekarang ada di kehidupan manusia.

1. AI pada Aplikasi DeepFace Facebook

Contoh nyata pertama penggunaan AI terdapat pada teknologi DeepFace yang terpasang di Facebook. Kecerdasan buatan satu ini memiliki fungsi untuk mengenali wajah seseorang ketika memposting Foto. Teknologi ini akan memberikan informasi dan tingkat kecocokan antara foto dan wajah tersebut.

Sistem atau cara kerjanya sangat sederhana. AI akan mengetahui original foto dengan wajah seseorang berdasarkan lengkuk wajah serta data data yang sudah AI simpan. Dengan kombinasi kerja ini kecerdasaan buatan DeepFace dapat mengidentifikasi seseorang hanya berdasarkan foto saja.

2. AI untuk Merekomendasikan Produk Di eCommerce

Ai selanjutnya yang bisa Anda perhatikan terdapat pada aplikasi eCommerce modern. Aktivitas belanja online melalui website maupun aplikasi eCommerce sekarang sangat masif orang lakukan. Hal ini tidak lepas dari kemudahan seseorang dalam menemukan produk yang sedang hits atau trend.

Ketika menggunakan aplikasi eCommerce, tentunya Anda akan melihat secara otomatis produk produk populer muncul. Anehnya lagi produk tersebut sesuai dengan keinginan para pengguna, misalnya suka dengan baju, maka akan muncul produk baju secara terus menerus. Aktivitas pada eCommerce ini jelas merupakan campur tangan dari kecerdasan buatan.

3. Asisten Virtual Pada Smartphone

Smartphone atau ponsel pintar sekarang hadir dengan berbagai fitur menarik dan luar biasa. Apabila Anda menggunakan HP dengan sistem operasi Android, maka terdapat sebuah fitur bernama asisten virtual. Teknologi ini berasal dari salah satu perusahaan besar yaitu Google.

Melalui teknologi ini, seseorang dapat meminta bantuan secara cepat karena asisten virtual bertingkah layaknya manusia. Google Assistant pada smartphone dapat membantu Anda dalam menemukan berbagai hal dengan mengajaknya berbicara lewat search Voice. Tentu saja hal ini merupakan salah satu aktivitas dari kecerdasan buatan.

4. AI di Beberapa Perangkat Lunak atau Aplikasi

Mungkin Anda menjadi salah satu orang yang tidak asing dengan penggunaan beberapa perangkat lunak maupun aplikasi dalam memenuhi kehidupan sehari hari di era modern seperti sekarang. Misalnya saja ketika ingin mendesain sebuah sketsa arsitektur, poster, editing video, dan masih banyak lagi.

Hampir semua aplikasi seperti editing photo dan video sekarang sudah tertanam AI atau kecerdasan buatan di dalamnya. Dengan bantuan AI ini maka pekerjaan seorang editor video maupun Photo semakin lebih mudah. Misalnya ketika ingin mengedit video atau photo, AI bisa membantu agar proses editing menjadi lebih baik dan cepat.

Leave a Reply