Gabung Jadi Merchant Bhinneka
Merchant

6 Keuntungan Jadi Merchant Bhinneka

Bhinneka membuka kesempatan seluas-luasnya untuk pemilik usaha mengembangkan bisnisnya. Melalui platform Merchant Bhinneka, para pelaku usaha atau UMKM di seluruh Indonesia bisa memasarkan produk dan jasanya di Bhinneka.com.

Gabung Jadi Merchant Bhinneka

Bhinneka merupakan pionir e-commerce di Indonesia yang menyediakan produk IT, solusi bisnis, hingga jasa untuk UMKM, korporasi, dan pemerintahan. Website Bhinneka sendiri termasuk dalam 10 Top E-Commerce di Indonesia. Setiap bulannya kami melayani lebih dari 1,5 juta pelanggan dari segmen konsumen umum hingga bisnis.

Dengan bergabung jadi Merchant Bhinneka, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti:

1.  Jualan Online Tanpa Website

Menurut riset marketing We Are Social berjudul “Digital 2021,” sebanyak 87% responden di Indonesia suka belanja online. Jumlahnya lebih banyak dibanding negara lain, seperti: Inggris (85.5%), Thailand (83.6%), Malaysia (82.9%), dan Jerman (81.6%).

Oleh karena itu, inilah saat yang tepat untuk mulai berjualan secara online. Dengan menjadi Merchant Bhinneka Anda tidak perlu memiliki website untuk bisa jualan online. Cukup taruh dan jual produk Anda di Bhinneka.com. Calon pembeli bisa menemukan produk Anda lebih mudah melalui website Bhinneka atau situs pencarian (Google, Bing, dan lainnya).

Ditambah lagi, kelola stok dan input harga bisa dilakukan sendiri melalui dashboard merchant. Anda bisa set harga dan promo yang menarik untuk konsumen. Produk unggulan Anda juga bisa tayang di halaman utama web Bhinneka dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Tanpa Deposit dan Penalti

Daftar jadi Merchant Bhinneka itu GRATIS. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mulai jualan di Bhinneka.com. Selain itu, Bhinneka juga tidak memungut biaya apapun untuk penutupan toko. Anda bisa mulai jualan kapan saja.

Daftar Jadi Merchant Bhinneka

Namun, untuk setiap transaksi Bhinneka mengenakan fee sebesar 1 – 2% dari harga produk. Besaran fee tergantung jenis atau kategori produk yang dijual.

3. Jualan ke Korporasi dan Instansi Pemerintah

Inilah keuntungan utama saat menjadi Merchant Bhinneka. Pelanggan kami bukan hanya dari kalangan masyarakat umum, tapi juga dari korporasi dan instansi pemerintah. Bhinneka.com adalah E-Commerce yang fokus di segmen B2B (business to business).

Bhinneka saat ini melayani 35 kementrian, 52 lembaga, dan 34 pemerintah daerah di Indonesia. Ditambah lagi, ada lebih dari 40 ribu UMKM dan korporasi besar yang menjadi pelanggan kami.

Karena bisa melayani segmen B2B, Anda bisa mendapatkan volumen dan nilai penjualan lebih besar. Namun untuk bisa melayani konsumen B2B, Anda harus upgrade akun Merchant terlebih dahulu.

4. Akun Merchant Bisa Diupgrade

Untuk bisa berjualan ke korporasi dan instansi pemerintah, Anda harus melakukan upgrade akun Merchant. Proses upgrade ini GRATIS. Prosesnya mudah karean Anda hanya tinggal melengkapi dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan.

Dengan mengupgrade akun Merchant, Anda bisa menjangkau pelanggan korporasi dan pemerintah, serta melakukan transaksi dalam sistem Smart e-Procurement. Menariknya, setelah upgrade akun Merchant Anda tetap bisa berjualan di Bhinneka.com untuk melayani pembeli individu.

Saat ini ada 3 jenis akun Merchant Bhinneka, yaitu:

  • Regular Merchant. Anda dapat menjual produk ke akun individu. Pengelolaan produk dan transaksi diurus secara mandiri oleh Merchant.*
  • Manage Merchant. Anda dapat menjual produk ke akun korporasi dan pemerintah. Pengelolaan produk dan transaksi diurus mandiri oleh Merchant melalui sistem Smart e-Procurement.
  • Associate Merchant. Anda dapat menjual produk ke akun korporasi dan pemerintah. Pengelolaan produk diurus secara mandiri oleh merchant. Namun untuk proses negosiasi dan dokumen transaksi akan diurus oleh tim Bhinneka menggunakan sistem Smart e-Procurement.

*Regular Merchant adalah akun default saat Anda bergabung pertama kali

5. Berjualan di Sistem e-Procurement

e-Procurement adalah sistem pengadaan online yang digunakan perusahaan untuk menangani procurement atau pengadaan barang untuk operasional kantor. Bhinneka memiliki sistem Smart e-Procurement yang digunakan oleh banyak korporasi besar di Indonesia.

Keuntungan menjadi Merchant Bhinneka adalah bisa berjualan di sistem Smart e-Procurement. Anda bisa menggunakan fitur negosiasi untuk mendapatkan deal harga dan orderan yang lebih menguntungkan.

Untuk bisa berjualan di sistem Smart e-Procurement Anda harus upgrade akun Merchant terlebih dahulu. Upgrade akun dari jenis Regular ke Manage Merchant atau Associate Merchant.

Untuk upgrade akun dibutuhkan dokumen pendukung seperti: KTP, NPWP, NIB (Nomor Izin Berusaha), dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Jika tidak memiliki NIB dan SIUP bisa sertakan Surat Pernyataan Pengurusan Dokumen sesuai Permendag No. 50 Tahun 2020.

6. Dukungan Merchant Care

Segala keluh kesah Anda tentang teknis atau penjualan akan ditangani oleh tim Merchant Care. Anda bisa hubungi Merchant Care melalui e-mail hunter@bhinneka.com pada Senin – Jumat jam 08.00 – 18.00 WIB. Untuk akun jenis Manage Merchant dan Associate Merchant akan mendapat dukungan dari Tim Bhinneka Bisnis.

Banyak sekali keuntungan jadi Merchant Bhinneka. Keuntungan yang paling besar adalah Anda bisa perluas pasar ke segmen korporasi dan instansi pemerintah. Dapatkan peluang nilai penjualan yang lebih besar. Daftar Jadi Merchant Bhinneka Sekarang.

Leave a Reply