PC & Laptop Review Produk

Review Spesifikasi Lenovo ThinkPad E14 dan Keunggulannya

Produk lenovo dengan nama ThinkPad E14 baru baru ini jadi pembicaraan. Jika seseorang mencari laptop Lenovo ThinkPad yang terjangkau, ThinkPad E-series adalah pilihan yang sangat jelas, Salah satu model terbaru dalam seri tersebut kini telah banyak diminati. Jelas, namanya sama sekali berbeda dengan pendahulunya  ThinkPad E490 .

Karena sistem penamaan yang disederhanakan, tidak mudah untuk membedakan generasi perangkat keras yang berbeda. Satu hal yang tetap jelas dengan nama baru: Lenovo ThinkPad E14 notebook dengan besaran layar sebesar 14-inci. Layarnya memiliki resolusi FHD dan laptop ThinkPad ditenagai oleh prosesor yang menunjukan kinerja laptop dengan sangat baik.

Lenovo ThinkPad E14

Tabel Spesifikasi Lenovo ThinkPad E14

Processor Intel Core i3-1115G4

Intel Core i5-1135G7

Intel Core i7-1165G7

VGA Integrated Intel UHD Graphics

Intel Iris Xe Graphics functions as UHD Graphics

Nvidia GeForce MX450 2GB GDDR5

Layar 14″ Full HD (1920×1080) Anti Glare IPS 250nits
RAM 8GB DDR4 3200 SoDIMM
Storage 256GB SSD

512GB SSD

1 TB SSD

2 TB HDD

Dimensi 325mm x 232mm x 17.9mm
Berat 1.69kg
Port USB 3.1 Gen 1 (USB-C, with Power Delivery and DisplayPort Alt Mode), USB 3.1 Gen 1, USB 2.0, HDMI 1.4b, RJ45, Headphone / mic combo
Baterai Integrated Li-ion 45 Whr
Warna Hitam

Keunggulan Lenovo ThinkPad E14

Dengan kemampuan ram yang tinggi serta penyimpanan data yang telah menggunakan SSD, laptop ini sudah bisa memberikan banyak manfaat kepada para penggunannya Juga,  Lenovo ThinkPad T490  bergabung dalam perbandingan karena banyak user yang ingin melihat bagaimana harga ThinkPad E dibandingkan dengan T-series yang lebih mahal. Dari pabrikan lain,  MSI Modern 14  dan  Dell Latitude 3400  melengkapi perbandingannya. Berikut beberapa keunggulan  dari produk ini.

Keunggulan Laptop Lenovo

1. Performa Laptop Lenovo T- Series Yang Cukup Tinggi

Dalam produk ini lenova memberikan beberapa pilihan. Pilihan CPU yang tersedia berkisar dari Intel Core i3-10110U dual-core hingga  hexa – core Core i7-10710U. Semua CPU berisi Intel UHD Graphics 620. Opsional,  AMD Radeon 625  atau  AMD Radeon RX 640  adalah pilihan. Maksimal RAM adalah 32 GB DDR4 2400, karena hanya ada satu slot SO-DIMM. Akan tetapi varian ini sudah cukup memberikan daya kerja yang baik

Mesikupun pada model sebelumnya mereka masih memberikan dua slot. Dari pabriknya, Lenovo menjual ThinkPad E14 dengan RAM maksimal 16 GB. Dalam hal penyimpanan, dimungkinkan untuk menggabungkan hard drive mekanis dan SSD M.2 2280. Tentu saja ini menjadi salah satu keunggulan produk ini yang tidak dimiliki oleh produk produk sebelumnnya.

Pada Lenovo ThinkPad E14, CPU dapat mengkonsumsi 25 W selama maksimal 30 detik. Setelah itu, konsumsi dibatasi hingga 15 W hal ini dilakukan beberapa user. Dibandingkan dengan ThinkPad pendahulunya  , kinerja CPU agak meningkat, walaupun peningkatan nya tidak derastis akan tetapi mampu memberikan dampak yang efesien dari segi kecepatan CPU.

2. Keunggulan Dari Sisi Sistem Penyimpanan Data ThinkPad E14

Seperti yang dibahas sedikit diatas, produk lenovo kali ini memberikan kewenangan kepada user untuk menggambungkan hardisk biasa dengan hardisk SSD. ThinkPad E14 berisi satu PCIe NVMe SSD yang dibuat oleh SK Hynix. SSD M.2 2280 ini tidak terlalu cepat akan tetapi cukup efesen, tetapi dengan mudah mengungguli SSD SATA III yang lebih lama. Secara opsional, ThinkPad E14 juga dapat dilengkapi dengan hard drive 2,5 inci. Konektor yang kita perlukan terpasang dengan sangat baik di slot hdd nya.

3. Ketahan Suhu ThinkPad E14 Yang Cukup Menonjol

ThinkPad E14 tidak hanya tenang, tetapi juga keren. Suhu tertinggi 41,7°C hangat, tetapi tidak panas.  Kemampuan ini membuat nya bisa bertahan cukup lama dengan kondisi cool, meskipun konsumsi dengan cepat dibatasi hingga 15 W. Kecepatan clock berada pada 1,1 GHz pada saat ini. Setelah 10 menit, kecepatan clock turun menjadi 800 MHz dan konsumsi daya turun menjadi 10 W.

Setelah 20 menit, kecepatan clock kembali ke 1,1 GHz.Suhu CPU tertinggi: 80 °C Nilai. Throttling TDP tidak berdampak pada penggunaan sehari-hari, karena terdapatnnya fitur 3DMark11 yang mampu menghasilkan hasil yang normal dalam pengerjaannya sehari hari.

4. Manajemen Daya: Notebook Lenovo Meskipun Baterai Kecil Dengan Daya Tahan Yang Baik

Untuk urusan penggunaan baterai, konsumsi energinya tidak buruk, meskipun konsumsi idle sebagian lebih tinggi dari pada penggunaan pada laptopnnya. Konsumsi daya maksimum tidak memberikan masalah saat pengisian baterai berlangsung. Produk terbaru lenovo ini tidak mengalami perubahan yang signifikan dari pendahulunnya.

45 W tidak banyak untuk notebook sebesar ini, jadi Lenovo ThinkPad T490 yang lebih mahal dengan baterai 50 Whnya berkinerja lebih baik. 8,5 jam dalam uji Wi-Fi (kecerahan layar 150 cd/m²) hasil ini bisa dikatakan cukup memuaskan.

Demikian review tentang laptop Lenovo ThinkPad E14 lengkap beserta spesifikasi dan keunggulannya. Silakan kunjungi halaman Laptop Lenovo Bhinneka untuk cek info harga terbaru dan seri laptop lainnya.

Leave a Reply