Uncategorized

Macam Jenis Kargo Berdasarkan Jenis Produknya

Mengetahui macam jenis kargo berdasarkan jenis produknya dalam kegiatan pengiriman barang baik antar kota atau antar pulau hingga keperluan ekspor maupun impor sangat penting. Bagi Anda yang memiliki bisnis dengan pengiriman barang antar kota, antar pulau hingga antar negara ataupun Anda yang memiliki usaha dalam bidang forwarder perlu memahami dengan baik berbagai macam jenis kargo.

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dari kargo serta memahami lebih dalam mengenai berbagai macam jenis kargo baik berdasarkan jalur pengirimannya maupun berdasarkan jenis produk atau barangnya.

Pengertian Kargo

Mendengar istilah kargo Anda mungkin membayangkan pesanan atau kiriman barang berupa dus – dus besar dalam jumlah banyak serta membayangkan truk kontainer besar atau kapal kontainer. Istilah kargo atau cargo sendiri adalah berbagai macam barang dalam jumlah besar atau banyak yang dikirim ke berbagai tempat tujuan (kota, pulau hingga negara) dan dikirim melalui jalur darat, laut maupun udara.

pengiriman kargo

Oleh karena jumlah pengiriman yang cukup besar dan banyak serta biasanya juga dikirim antar negara, pengiriman dengan kargo biasanya membutuhkan dokumen pengangkutan yang lebih banyak dan lebih lengkap.

Adapun untuk barang – barang atau muatan yang hendak dikirim biasanya dimuat dalam peti kemas atau kontainer, dimana kontainer ini kemudian diangkut dengan truk kontainer atau kapal pengangkut barang hingga pesawat kargo.

Macam Jenis Kargo Berdasar Jalur Pengiriman dan Jenis Produknya

Pembagian jenis kargo biasanya dibedakan berdasarkan dua klasifikasi yaitu berdasarkan cara atau jalur pengiriman serta berdasarkan jenis barang yang dikirimkan.

Adapun macam – macam jenis kargo berdasarkan cara atau jalur pengiriman antara lain:

Kargo Darat

Adalah pengiriman kargo dengan menggunakan jalur transportasi via darat. Umumnya transportasi yang digunakan dapat berupa mobil, truk / truk kontainer hingga kereta

Kargo Laut

Adalah pengiriman kargo dengan jalur laut dimana proses pengiriman menggunakan kapal. Biasanya jalur laut digunakan untuk melakukan pengiriman antar pulau atau antar negara. Barang yang dikirimkan dengan kargo laut, biasanya dimuat ke dalam peti kemas atau kontainer.

Kargo Udara

Adalah pengiriman kargo dengan jalur udara menggunakan pesawat jenis khusus atau pesawat kargo. Pengiriman dengan jalur udara biasanya lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Namun kekurangannya adalah biaya yang lebih mahal.

Pengiriman kargo juga dapat mengkombinasikan antara berbagai jalur pengiriman yang ada dan hal ini juga cukup umum dilakukan. Misalnya saja Anda dapat menggabungkan pengiriman dengan kargo laut dan juga kargo darat.

Apabila demikian, biasanya kargo akan dikirimkan dengan kapal laut ke pelabuhan tujuan, dan dari pelabuhan tujuan, kargo atau kontainer akan dilakukan pengiriman tujuan dengan jalur darat baik menggunakan truk atau kereta ke kota tujuan akhir.

Selanjutnya adalah pembagian jenis kargo berdasarkan jenis produknya, antara lain:

Kargo Biasa / General Cargo

General Cargo atau kargo biasa adalah jenis kargo yang merupakan muatan tidak berbahaya, tidak mudah rusak ataupun busuk hingga mati dalam pengiriman. Kargo biasa dapat berupa spare part otomotif, mesin, kendaraan, barang elektronik, hingga garmen.

Kargo biasa tidak membutuhkan penanganan khusus dan biasanya tidak membutuhkan dokumen persyaratan tambahan.

Kargo Khusus / Special Cargo

Kargo khusus atau special cargo adalah kargo yang membutuhkan penanganan khusus dalam proses penerimaan, pengiriman hingga pembongkaran barang dan/atau pengiriman hingga ke tempat tujuan.

kargo spesial

Contoh dari kargo khusus antara lain:

  1. Makhluk hidup / Live Animal
  2. Human remain (jenazah manusia)
  3. Perishable Goods
  4. Valuable Goods
  5. Strongly Smelling Goods
  6. Live Human Organ

Dangerous Cargo

Adalah jenis kargo dimana muatan kargo memiliki tingkat risiko tinggi dan berbahaya. Adapun kargo yang termasuk dalam kategori dangerous atau bebahaya terbagi menjadi beberapa jenis lagi. Adapun contoh dari dangerous cargo atau dangerous goods antara lain seperti petasan, BBM, alkohol, batu bara, dll.

Demikian penjelasan mengenai berbagai macam jenis kargo berdasarkan cara pengiriman dan juga berdasarkan jenis produknya. Adapun untuk kargo berbahaya atau dangerous cargo akan kita bahas lebih lengkap pada artikel berikutnya.

Leave a Reply