Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Macam Jenis Obeng dan Fungsinya

Bermacam jenis obeng dan fungsinya yang berbeda terkadang membuat kita bingung dalam memilih atau menggunakan obeng saat diperlukan. Masalah yang sering ditemui adalah ujung atau kepala obeng memiliki bentuk yang tidak sesuai dengan baut, atau ukuran obeng yang tidak sesuai dengan ukuran baut.

Obeng atau screwdriver sendiri memang terdiri dari berbagai macam dan banyak digunakan hampir di setiap bidang pekerjaan maupun untuk keperluan rumah sekalipun. Untuk itu ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis obeng berserta fungsinya agar tidak salah menggunakan.

Fungsi Obeng

Obeng merupakan salah satu hand tools yang kegunaannya cukup penting. Sebagai hand tool, obeng termasuk ke dalam jenis perkakas tangan yang dioperasikan tanpa menggunakan mesin, sama halnya dengan hand tools lain seperti palu atau gergaji manual misalnya.

jenis obeng

Obeng sendiri berfungsi untuk membuka atau mengencangkan baut atau sekrup pada berbagai benda. Misalnya saja, obeng digunakan untuk memasang baut saat merakit meja, atau digunakan untuk membuka sekrup pada cover laptop.

Bermacam Jenis Obeng dan Fungsinya

Namun perlu diketahui, obeng sendiri terdiri dari banyak macam. Anda perlu memperhatikan jenis baut atau sekrup yang dipasang pada benda dan menyesuaikannya dengan jenis obeng yang Anda gunakan.

Hal ini dikarenakan kepala obeng yang tidak sesuai dengan baut atau sekrup, tidak dapat digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup tersebut. Umumnya, yang kita kenal ada dua jenis obeng, yaitu obeng minus dan juga obeng plus atau disebut juga obeng kembang.

Namun selain kedua jenis obeng tersebut, ternyata masih ada tipe jenis obeng lainnya loh. Berikut bermacam jenis obeng dan fungsinya:

Obeng Pipih atau Obeng Minus

Obeng pipih merupakan salah satu jenis obeng yang umum diketahui. Kepala obeng ini berbentuk pipih menyerupai tanda minus. Obeng ini digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan baut berbentuk minus.

Obeng Kembang

Obeng kembang atau disebut juga obeng plus serta philips screwdriver. Obeng ini memiliki kepala obeng yang berbentuk seperti tanda plus atau tanda silang. Obeng ini memiliki banyak ukuran dan digunakan untuk melonggarkan dan mengencangkan baut atau sekrup yang berbentuk plus.

Pastikan ukuran kepala obeng sesuai dengan ukuran bautnya agar dapat digunakan. Ukuran obeng yang tidak sesuai dapat menyebabkan obeng tidak dapat digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan baut.

Obeng Ratchet

Rtchet memiliki keunikan  dimana Anda bisa menukar atau mengganti berbagai jenis mata dalam satu obeng saja.

Obeng Elektrik

Meski kebanyakan obeng merupakan hand tools tanpa mesin, namun terdapat juga obeng elektrik. Sesuai namanya, obeng ini menggunakan baterai dan penggunaannya juga cukup praktis. Anda tidak perlu memutar obeng secara manual karena obeng akan secara otomatis memutar untuk melonggarkan atau mengencangkan sekrup.

Obeng Tespen

Obeng Tespen merupakan salah satu macam yang juga cukup umum dan sering banyak ditemui. Obeng ini dilengkapi dengan fungsi tambahan dapat menyala saat disentuhkan pada benda yang dialiri listrik.

Obeng ini banyak digunakan dalam bidang pelistrikan maupun saat membongkar komputer atau laptop misalnya. Obeng dapat digunakan untuk mengecek apakah terdapat arus pada aliran atau tidak.

Obeng Sok

Obeng sok memiliki ujung kepala obeng yang berbentuk bulat ataupun persegi. Obeng ini banyak digunakan untuk membuka baut yang berbentuk bulat, terutama pada mesin berat

obeng sok

Obeng Bermagnet

Merupakan obeng yang kepala obengnya dilengkapi dengan magnet. Fungsinya adalah untuk mempermudah saat membuka atau memasang baut. Baut akan menempel pada ujung kepala obeng sehingga mempermudah saat hendak dipasang atau diambil, terutama apabila baut cukup kecil atau posisi nya sulit dijangkau tangan.

Leave a Reply