Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Manfaat Brand Awareness & Cara Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat brand awareness dalam suatu bisnis atau usaha tidak dapat dianggap remeh. Kesadaran merek atau brand awareness yang dibangun dengan baik dapat membantu suatu produk, bisnis atau usaha untuk bersaing melawan kompetitornya.

Semakin dikenalnya produk yang Anda miliki semakin mudah Anda untuk menarik perhatian dari pelanggan yang Anda tuju. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai pengertian brand awareness dan apa saja tingkatan dari brand awareness, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat brand awareness dan apa saja cara meningkatkan brand awareness.

Apa itu Brand Awareness

Sedikit mengingat kembali yang sudah dibahas terdahulu, Brand awareness dapat diartikan sebagai kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat ciri khas tertentu, seperti warna, logo, gambar, musik, jingle dan lainnya.

Semakin aware atau sadar seseorang akan suatu merek, semakin mudah bagi seseorang untuk mengenali suatu merek atau brand. Pada tahapan atau tingkatan paling tinggi yaitu Top Of Mind, suatu merek akan berada pada urutan pertama dalam ingatan calon konsumen.

brand awareness

Manfaat Brand Awareness

Suatu produk, usaha atau bisnis yang memiliki brand awareness yang baik, akan memiliki kemudahan untuk dikenali oleh calon pelanggan. Tanpa adanya brand awareness yang terbangun dengan baik, produk atau merek usaha yang Anda miliki akan tidak dikenali dan kalah oleh merek kompetitor.

Adapun beberapa manfaat dari Brand Awareness yang dibangun dengan baik antara lain:

  • Meningkatkan kesadaran calon pelanggan atas keberadaan suatu merek produk, bisnis atau usaha
  • Brand awareness yang dibangun dengan baik dapat menciptakan rasa trust atau percaya dari pelanggan akan suatu merek
  • Dengan membangun brand awareness, kita secara tidak langsung juga akan membangun dan meningkatkan loyalitas dari pelanggan, sehingga kecenderungan untuk beralih ke merek lain lebih rendah
  • Dengan terbangunnya loyalitas pelanggan dan semakin tingginya brand awareness, dapat membantu meningkatkan angka penjualan yang berasal dari pelanggan lama (loyal), maupun pelanggan baru.

cara meningkatkan brand awareness

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Setelah mengetahui pentingnya membangung brand awareness dengan baik, tentu Anda bertanya bagaimana cara untuk membangun dan meningkatkan brand awareness secara efektif. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness:

Gunakan Logo & Tagline yang Menarik

Selain nama produk, bisnis atau usaha, menggunakan logo dan tagline yang menarik juga dapat membantu membangun brand awareness. Logo dan tagline yang catchy, mudah diingat akan lebih mudah menempel di ingatan pelanggan atau konsumen.

Logo dan tagline sederhana pun dapat menjadi suatu brand awareness yang kuat apabila dibangun dengan tepat. Misalnya saja logo dari Nike yang berbentuk swoosh, atau logo dari Apple yang berbentuk apel digigit.

Pastikan Website Terurus dan Terlihat Profesional

Selain logo dan tagline, salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah website dari produk atau bisnis Anda. Pastikan website yang Anda miliki terlihat profesional dan terurus. Website yang terlihat apa adanya dan tidak terurus akan memberikan citra yang buruk untuk branding dari produk atau usaha Anda dan terkesan tidak profesional atau tidak terpercaya.

Manfaatkan Media Sosial

Untuk membangun brand awareness kini semakin mudah seiring majunya zaman. Anda dapat menggunakan berbagai media sosial yang ada. Gunakan media sosial yang sesuai dengan jenis produk yang Anda tawarkan atau sesuai dengan bisnis dan usaha yang Anda jalankan.

Gunakan Iklan Online

Untuk mencapai atau menjangkau audiens yang lebih luas, Anda dapat memanfaatkan sejumlah platform iklan online yang ada seperti Google Ads, Facebook Ads, hingga Instagram Ads. Anda dapat menampilkan iklan dari produk atau bisnis ada di halaman facebook, instagram hingga mesin pencarian google dan situs lainnya sesuai dengan target audiens yang Anda pilih.

Tawarkan USP pada Produk Anda

Salah satu cara untuk membangun brand awareness dapat dengan menawarkan suatu hal yang unik dan menjadi pembeda dengan kompetitor pada produk Anda. Apa yang tidak terdapat pada kompetitor dan bisa Anda tawarkan dengan produk Anda.

Contoh misalnya salah satu USP pada produk Apple adalah ekosistem dari produk Apple yang saling terhubung baik antara iPhone, MacBook, iPad, Apple Watch.

Kolaborasi dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini didukung dengan sosok influencer yang umumnya dapat menjangkau massa yang lebih banyak, dan sudah memiliki kepercayaan dari pengikurnya di sosial media

Demikian penjelasan dari manfaat membangun brand awareness serta beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun dan meningkatkan brand awareness pada produk serta bisnis dan usaha yang Anda miliki.

Leave a Reply