Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Freight Forwarding

Ada banyak manfaat dan kelebihan menggunakan freight forwarding untuk keperluan mengirimkan barang atau menerima kiriman barang, terutama pengiriman dalam jumlah besar maupun antar pulau hingga antar negara.

Freight forwarder banyak digunakan oleh pelaku bisnis atau usaha dalam bidang ekspor dan impor karena kemudahan serta berbagai fungsi dan layanan yang diberikan. Selain menggunakan freight forwarder, Anda juga dapat mengurus pengiriman sendiri. Akan tetapi proses yang banyak dan biaya yang lebih mahal tentu membuat hal ini menjadi tidak efisien.

Setelah sebelumnya kita membahas apa saja fungsi dan tugas dari freight forwarder, serta apa perbedaan dari freight forwarder dengan jasa logistik, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dan kelebihan dari menggunakan jasa freight forwarder.

Sekilas Mengenai Freight Forwarder

Freight Forwarding atau freight forwarder (forwarder) adalah perusahaan jasa angkut barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan jumlah pengiriman besar dan banyak.

tugas freight forwarder

Forwarder melakukan serangkaian aktivitas yang berkaitan dengan proses ekspor impor dan berhubungan langsung dengan pihak consignee, shipper hingga pengurusan izin ke pihak custom. Jasa pengiriman ini juga biasanya memiliki jaringan freight forwarder yang tersebar luas dan bekerjasama dengan negara-negara tertentu.

Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Freight Forwarding

Apabila Anda melakukan pengiriman barang dalam skala kecil hingga menengah, dalam jumlah kecil atau terbatas hanya pengiriman antar kota, Anda dapat menggunakan jasa logistik untuk melakukan pengiriman.

Akan tetapi, apabila Anda hendak melakukan pengiriman dalam jumlah besar dan banyak, atau barang kiriman Anda memiliki volume banyak dan berat serta antar negara, ada baiknya Anda mempertimbangkan menggunakan jasa freight forwarder.

kelebihan menggunakan freight forwarding

Berikut ini beberapa manfaat dan kelebihan dalam menggunakan jasa freight forwarder untuk melakukan pengiriman barang:

Memberikan Kemudahan Dalam Pengiriman Barang

Pengiriman barang dari atau ke luar negeri membutuhkan dokumen persyaratan dan perizinan yang lebih rumit dan lebih banyak. Selain itu pengirim atau shipper apabila hendak mengirim dalam jumlah besar, perlu memuat barang terlebih dahulu ke dalam peti kemas.

Sejumlah hal yang perlu disiapkan ini tentu akan menyita waktu apabila dilakukan sendiri oleh pengirim. Dengan freight forwarder, Anda dapat mendapatkan kemudahan dalam pengiriman barang. Hal ini karena sejumlah tugas dan layanan dari freight forwarder sudah mencakup hal di atas, seperti:

  1. Membantu menyiapkan surat-surat atau dokumen pengiriman barang.
  2. Membantu pemesanan kontainer dan pemuatan cargo.
  3. Membantu negosiasi ongkos kirim
  4. Membantu mengatur ekspor impor barang

Efisien dan Bisa Mengirim dalam Volume Kecil atau Besar

Dengan freight forwarder Anda dapat mengirimkan barang sesuai dengan kebutuhan baik dalam jumlah sedikit atau besar. Freight forwarder dalam melakukan pengiriman barang umumnya menyediakan layanan full container load untuk pengiriman dalam volume besar atau less container load dimana Anda dapat mengirimkan barang dalam jumlah kecil.

Hal ini menjadi lebih efisien dari segi biaya karena biaya yang Anda keluarkan lebih kecil dibandingkan Anda melakukan pengiriman secara mandiri baik dalam jumlah kecil atau besar.

Dapat Mengirim Aneka Jenis Barang

Freight forwarder juga dapat membantu Anda melakukan pengiriman berbagai jenis barang. Freight forwarder akan membantu Anda menentukan moda pengiriman yang sesuai apakah melalui jalur darat, laut atau udara yang disesuaikan dengan jenis barang yang Anda kirimkan.

Freight Forwarder juga dapat membantu Anda melakukan pengiriman untuk barang – barang yang diklasifikasikan sebagai kargo khusus / special cargo dan barang berbahaya atau dangerous goods. Hal ini dikarenakan freight forwarder memiliki pengetahuan atas perizinan yang dibutuhkan serta peraturan ekspor impor dari berbagai negara.

Cocok untuk Pelaku Usaha dan UMKM

Jasa freight forwarder juga cocok untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal yang berbisnis e-commerce dalam hal pengiriman barang dari dan luar negeri. Freight forwarder akan membantu pelaku usaha mengurus berbagai perizinan dan memastikan barang Anda sampai di tujuan sesuai waktu yang ditentukan.

Leave a Reply