Tips & Tutorial

Manfaat dan Kelebihan Oatmilk

Minuman oat atau oatmilk banyak digunakan sebagai pengganti susu sapi karena manfaat dan kelebihan oatmilk cukup banyak serta aman diminum oleh orang yang alergi susu sapi. Pada toko minuman atau kedai kopi kekinian misalnya, Anda dapat menemui pilihan opsi untuk menggunakan susu oat selain menggunakan susu non fat atau skim milk.

Minuman oat atau oatmilk juga banyak digunakan sebagai pengganti dari susu sapi untuk orang vegan serta orang – orang yang intoleran terhadap susu sapi atau laktosa. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai susu oat beserta manfaat dan kelebihannya dibandingkan susu lain.

Apa Itu Susu Oat atau Oatmilk

Oat milk adalah salah satu pengganti susu sapi yang terbuat dari oat, air, dan beberapa bahan tambahan lainnya. Biasanya, oat milk terbuat dari steel-cut oat (oat yang dibuat dari roti gandum utuh lalu dicincang kasar) atau whole groats (gandum yang dikuliti) yang direndam dalam air.

Oat milk diketahui kaya akan kandungan beta-glucan, yang mana zat tersebut dapat membantu menjaga kadar kolesterol.

kelebihan oatmilk

Kelebihan Susu Oat atau Oatmilk

Jika dibandingkan dengan susu lain, terutama susu sapi, susu oat memiliki sejumlah kelebihan. Susu oat bukan merupakan produk hewani sehingga cocok untuk orang – orang vegan. Selain itu susu oat atau oatmilk juga bersifat dairy free.

Untuk orang – orang yang alergi laktosa dan tidak dapat meminum susu sapi dapat menjadikan susu ini sebagai alternatifnya.

Manfaat Susu Oat

Susu oat atau oatmilk yang diminum secara rutin dapat memberikan beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Setelah mengetahui apa saja perbedaan susu oat dengan susu sapi dan kelebihannya, berikut ini adalah manfaat dari oatmilk:

Menyehatkan Jantung

Oatmilk karena tidak terbuat dari hewani, bebas kolestrol atau tidak mengandung lemak jenuh. Kandungan sodium dari susu oat juga rendah. Kelebihan ini dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi sekaligus menyehatkan jantung.

Tinggi Vitamin

Oat milk mengandung vitamin B, tiamin, dan folat yang bisa membantu pemecahan karbohidrat (tiamin). Hal ini akan membantu pembentukkan energi dan fungsi normal dari sel darah merah di dalam tubuh.

Sumber Vitamin B dan D

Susu oat sering kali diperkaya dengan vitamin B seperti riboflavin (B2) dan vitamin B12, yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain B2 dan B12, susu oat biasanya juga telah diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, dua nutrisi penting bagi kesehatan tulang.

susu gandum

Menjaga Gula Darah Agar Tetap Normal

Oatmilk bila dibandingkan dengan susu sapi, memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah. Oleh karenanya, dibandingkan dengan susu sapi, susu oat lebih sehat dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah meminumnya.

Susu Oat Tidak Mengandung Laktosa

Oatmilk tidak mengandung laktosa sehingga dapat dikonsumsi oleh orang – orang yang alergi terhadap susu sapi atau laktosa. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi bagi orang yang alergi terhadap laktosa tetap dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi Oatmilk.

Demikian sejumlah manfaat dan kelebihan susu dari oat. Anda dapat dengan mudah oat karena saat ini oatmilk banyak dijual di minimarket hingga supermarket besar.

Leave a Reply