Tips & Tutorial

Gitar Akustik Senar Nilon VS Senar Baja

Gitar akustik merupakan jenis gitar yang paling sering digunakan untuk mereka yang baru mulai belajar bermain gitar. Ada beberapa alasan mengapa gitar akustik cukup digemari, pertama gitar tersebut dijual dengan harga lebih terjangkau dibanding gitar listrik, terutama bagi kamu berpikir belum saatnya membutuhkan sebuah amplifier.

builders-reserve-v-taylor-guitars-amp-hero-1
Alat Musik Gitar

Alasan kedua masih ada hubunganya dengan alasan pertama,  yaitu gitar akustik hanya butuh lebih sedikit aksesoris. Karena tidak membutuhkan amplifier, membuat gitar akustik lebih mudah dibawa kemanapun sekaligus bisa langsung dimainkan. Pada dasarnya gitar akustik bisa disebut sebagai instrumen klasik, namun seiring meningkatnya keahlian kamu dalam memainkan gitar, ada baiknya kamu kemudian mentransfernya pada gitar listrik.

1426694
Bermain Gitar

Hampir semua gitar akustik bila diperhatikan terlihat memiliki luas dan besar yang sama dan tersedia dalam berbagai macam model, semuanya dengan konstruksi, fitur dan dimaksudkan untuk tujuan penggunaan berbeda. Namun, gitar akustik ini terbagi dalam dua kelompok utama, yaitu gitar senar nilon atau terkadang disebut dengan gitar klasik atau spanyol dan gitar senar baja.

Gitar Senar Nilon

Gitar senar nilon yang disebut gitar klasik atau spanyol erat kaitannya dengan gitar enam senar. Gitar ini biasanya memiliki tubuh yang lebih kecil dari saudaranya yang menggunakan senar baja meski ada juga beberapa pengecualian.  Nama nilon mengacu pada bahan senar yang terbuat dari nilon yang lebih tipis dari senar baja.

Gitar Akustik Senar Nilon
Gitar Akustik Senar Nilon

Getar senar nilon lebih disarankan sebagai gitar pertama bagi kamu yang baru mulai belajar bermain gitar. Salah satu alasan utama ialah karena gitar tersedia dalam berbagai ukuran seperti setengah, tiga perempat atau empat perempat ukuran. Anak usia 8 tahun mungkin akan kesulitan memainkan gitar ukuran penuh, karena body dan leher gitar bisa jadi lebih besar sehingga tidak bisa dijangkau tangan mereka. Sebaliknya orang dewasa bisa jadi kurang menyukai gitar setengah ukuran.

Alasan lain gitar senar nilon merupakan pilihan terbaik bagi pemula, karena senar nilon lebih lembut dibanding senar baja, sehingga lebih nyaman dimainkan jari pemain gitar pemula karena umumnya jarang dimainkan menggunakan pick gitar. Kelemahan gitar akustik dengan senar nilon ialah leher gitar yang cenderung menjadi sedikit lebih lebar dan gemuk bila dibanding gitar senar baja, sehingga terkadang menyulitkan mereka dengan ukuran tangan yang kecil. Selain itu, gitar senar nilon kurang populer untuk jenis musik pop dan rock.

Gitar Senar Baja

Gitar senar baja sering disebut juga sebagai gitar folk dan tidak diragukan lagi merupakan jenis gitar akustik paling populer. Daya tarik utama dari gitar senar baja ialah sering digunakan sebagai instrumen musik pop dan rock. Jadi kamu bisa belajar memainkan lagu favorit dengan gitar tersebut sehingga menghasilkan suara  yang sama seperti rekaman asli. Selain itu, gitar akustik senar baja memiliki leher ramping dengan jarak antara senar dengan fingerboard yang lebih dekat sehingga tidak perlu terlalu ditekan.

Taylor-Guitars-114ce
Gitar Senar Baja

Namun, senar baja gitar akustik umumnya memiliki bentuk lebih tebal dari model tali nilon dan mungkin sedikit berat bagi anak-anak atau gitaris dengan ukuran tubuh yang mungil. Sebenarnya tersedia model yang lebih kecil, tapi harganya sedikit lebih mahal. Meski gitar senar baja bisa dimainkan langsung dengan jari tapi gitar tersebut lebih sering dimainkan dengan pick atau plectrum gitar.

See More: Gitar Akustik

3 Comments

    1. Hai Gan Immanuel, Terima kasih untuk pertanyaannya.

      Saran dari mimin, Lebih baik tidak memasang senar nilon pada gitar folk/klasik karena selain suaranya tidak bisa maksimal keluar, tension steel string dapat menyebabkan kerusakan parah pada struktur gitar.

Leave a Reply