Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Mengenal Google Bisnis dan Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha

Apakah Anda pernah mencari sebuah layanan jasa atau toko di mesin pencari Google dan langsung menemukan ?, jika iya ini merupakan salah satu fitur dari Google Bisnis. Kemudahan dalam mempromosikan sebuah usaha atau jasa kini bisa pelaku bisnis nikmati karena hadirnya fitur dari Google ini.

Mengenal Teknologi Google Bisnis

Google bisnis atau Google My Business merupakan salah satu teknologi berbasis online yang dapat membantu seseorang mengembangkan usahanya dalam hal promosi. Teknologi yang diciptakan Google ini membuat pelaku usaha dapat membuat usaha atau jasanya orang ketahui secara cepat di pencarian Google Maps.

Melalui fitur ini, seseorang dapat memberikan informasi dengan jelas mengenai sebuah bisnis sehingga mudah orang temukan di internet terutama Google Maps. Pelaku Usaha dapat mengedit informasi usaha dan jasanya dengan mudah dan cepat. Kekuatan promosi lewat Google My Business ini benar benar luar biasa.

Google Bisnis sendiri merupakan sebuah produk yang memang bertujuan untuk mempermudah pelaku usaha mempromosikan produknya. Melalui teknologi ini, seseorang menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatan promosi dan periklanan produk ataupun jasa sehingga jangkauan pasar menjadi lebih luas.

Google My Business

Manfaat Google My Business untuk Pelaku Usaha

Berkat adanya Google My Business kemajuan dalam mengembang usaha untuk pebisnis semakin cepat dan efisien. Kehadirannya di industri bisnis sangat membantu pelaku usaha khususnya dalam aktivitas marketing atau pemasaran produk. Berikut adalah manfaat lainnya dari Google Bisnisku ini :

1. Mempermudah Calon Customer Menemukan Informasi Bisnis

Promosi menggunakan sebuah website dengan cara mengetikan alamatnya sebenarnya sudah sangat efektif. Akan tetapi, ada beberapa orang yang menganggap hal ini cukup ribet, maka dari itu kehadiran Google My Business sebagai platform pemberi informasi sebuah usaha jadi sangat unggul.

Google My Business dapat memberikan informasi sebuah produk atau jasa dengan sangat ringkas dan rinci. Melalui teknologi calon klien dapat mengetahui informasi seperti alamat, jam buka sebuah kantor atau layanan sampai dengan kontak person dengan tampilan lebih sederhana dari sebuah website.

2. Google Bisnis Media Komunikasi Calon Customer

Manfaat lainnya yang dapat seorang pelaku usaha peroleh dari Google bisnis ini adalah kemudahan dalam berkomunikasi. Google Bisnisku ini menawarkan sebuah fitur Q & A atau tanya jawab. Melalui fitur ini calon pelanggan dapat menanyakan perihal jasa atau sebuah produk dengan mudah.

Apabila dalam sebuah website, fitur ini biasanya ada di menu contact person. Google Bisnisku menawarkan form tanya jawab di mana calon pelanggan bisa menanyakan semua hal tentang sebuah jasa atau produk. Pemilik bisnis pun dapat menjawab pertanyaan pertanyaan ini dengan fast respon.

3. Mudah Dalam Mendapatkan Review dan Kredibilitas Bisnis

Terdapat beberapa calon pelanggan yang ketika hendak membeli produk atau jasa memperhatikan terlebih dahulu review atau ulasannya. Google Bisnisku menawarkan sebuah form pemberian review atau ulasan untuk setiap pengusaha atau penyedia layanan dan jasa.

Lewat fitur ini calon pelanggan dapat memperoleh informasi review dari sebuah jasa atau produk dengan sangat rinci. Hal ini tentunya dapat meningkatkan peluang kepada pelaku usaha untuk mendapatkan pelanggan baru sekaligus membangun image perusahaan atau jasa dengan sangat efektif.

4. Bisnis Seseorang Bisa Muncul di Google Maps

Google Bisnisku juga terintegrasi dengan produk Google lainnya yaitu Google Maps. Apabila bisnis Anda sudah terdaftar dalam Google Bisnisku, maka kemungkinan calon pelanggan menemukannya di maps sangatlah tinggi.

Hampir semua orang saat ini menggunakan Google Maps sebagai aplikasi penunjuk arah. Dengan kata lain, apabila bisnis Anda ada di Google Maps, maka calon pelanggan tidak akan kesulitan menemukan lokasinya. Hal ini benar benar sangat menguntungkan untuk para pelaku usaha.

5. Google Bisnis Memberikan Analisis Rinci dari Klien

Ketika menggunakan teknologi Google Bisnisku ada sebuah fitur bernama Insight. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat sebuah informasi mengenai performa usaha. Berdasarkan informasi  dan data data dari fitur Insight ini pelik usaha dapat melakukan sebuah analisis dan riset.

Tentunya analisis dan riset ini nantinya akan menjadi bahan indikator dasar untuk Anda dalam melakukan evaluasi. Hadirnya informasi ini membuat pelaku usaha dapat memberikan dan mengambil keputusan nyata sehingga bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

 

 

Leave a Reply