Tips & Tutorial

Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Risiko Sauna

Sauna merupakan salah satu aktivitas relaksasi yang cukup disukai sebagian besar orang karena manfaat sauna untuk kesehatan. Umumnya Anda dapat menemukan sauna sebagai fasilitas pelengkap atau penunjang di hotel, tempat kebugaran atau gym, salon dan juga spa.

Sauna juga seringkali dijadikan sebagai bagian dari rangkaian perawatan yang ditawarkan di spa. Hal ini karena sauna diyakinin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Namun, yang seringkali tidak diketahui adalah sauna juga memiliki risiko tertentu.

Pada artikel ini akan dibahas dengan singkat mengenai sauna serta apa saja manfaat sauna untuk kesehatan beserta risiko nya yang mungkin dialami.

Macam Jenis Sauna

Secara umum, sauna yang dapat ditemukan di tempat kesehatan, spa hingga gym biasanya dibagi menjadi dua macam yaitu sauna kering atau dry sauna dan juga sauna basah atau wet sauna. Wet sauna juga seringkali dikenal dengan istilah steam atau mandi uap.

Perbedaan antara dry sauna dengan wet sauna terletak pada cara memanaskan ruangan sauna dan juga alat yang digunakan. Dry sauna biasanya berupa ruangan dari material kayu pada dinding dan bangku nya. Dry sauna juga menggunakan panas yang dihasilkan dari bebatuan panas beserta kompor tertutup.

sauna kering

Berbeda dengan wet sauna atau steam. Wet sauna menggunakan generator yang berisikan air mendidih. Air rebusan yang mendidih ini menjadi uap panas yang memenuhi ruangan dan membuat ruangan menjadi terasa panas.

Manfaat Sauna untuk Kesehatan

Baik dry sauna maupun wet sauna sama – sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari sauna untuk kesehatan:

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Rasa panas yang dihasilkan dari sauna dapat meningkatkan detak jantung serta membuat pembuluh darah melebar. Pembuluh darah yang melebar ini dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Sauna secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurunkan Berat Air dalam Tubuh

Sauna seringkali dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini didasari pada seringnya kita melihat berat badan kita turun beberapa kilogram setelah sauna. Namun jangan keliru, karena turunnya atau hilangnya berat badan ini pada dasarnya adalah berat air.

Meski begitu, sauna tetap memiliki manfaat bagi orang yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan karena berat air dalam tubuh dapat hilang setelah sesi sauna.

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Sauna dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini dikarenakan rasa panas dalam sauna membuat tubuh berkeringat dan pembuluh darah menjadi lebih lebar serta melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membuat otot tubuh yang tegang dan kaku menjadi lebih rileks dan kendur.

manfaat sauna untuk kesehatan

Meredakan Rasa Nyeri

Sirkulasi darah yang lebih lancar juga dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada otot, membuat sendi yang kaku menjadi lebih rileks serta membantu meringankan gejala arthritis.

Risiko Sauna untuk Kesehatan

Meskipun memiliki sejumlah manfaat, sauna juga memiliki beberapa risiko yang dapat mengganggu kesehatan, misalnya saja

Dehidrasi

Hal ini merupakan hal yang penting dan perlu disadari oleh orang – orang yang menggunakan sauna. Rasa panas dalam sauna membuat tubuh berkeringat dalam jumlah banyak. Apabila sauna digunakan untuk waktu yang lama, hal ini dapat memicu dehidrasi.

Seseorang dapat mengalami rasa pusing, mual yang merupakan tanda dehidrasi apabila menggunakan sauna untuk waktu yang terlalu lama. Hal ini dapat dicegah dan dihindari dengan meminum banyak air sebelum maupun sesudah menggunakan sauna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Gangguan Kesuburan pada Pria

Sel sperma pada pria sangat rentan pada suhu yang tinggi atau panas. Meningkatnya suhu pada area skrotum misalnya akibat terpapar suhu panas atau berada dalam ruangan panas seperti sauna untuk waktu yang lama dapat mengurangi jumlah maupun kualitas dari sperma yang dihasilkan.

Meningkatkan Tekanan Darah

Hal ini umum disebabkan oleh orang – orang yang melakukan sauna setelah berenang di tempat kebugaran. Pada saat berenang, tubuh beradaptasi dengan suhu yang rendah atau dingin akibat air. Perpindahan ke dalam ruang sauna dengan suhu yang tinggi dapat memicu naiknya tekanan darah. Ada baiknya hindari perpindahan secara tiba – tiba dan biarkan tubuh beradaptasi terlebih dahulu dengan suhu setelah Anda keluar dari kolam.

1 Comment

Leave a Reply