mesin cuci bukaan depan
Tips & Tutorial

Memahami Kapasitas dan Ukuran Mesin Cuci

Saat hendak membeli mesin cuci, selain ukuran mesin cuci, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan supaya mesin cuci yang Anda beli tepat sesuai dengan kebutuhan. Selain harga yang menjadi faktor penentu ada beberapa faktor teknis lain yang harus diperhatikan juga.

Seringkali orang salah dalam memilih mesin cuci misalnya ukuran  terlalu besar, kapasitas mesin cuci yang terlalu kecil. Pemilihan mesin cuci yang tepat, selain sesuai dengan kebutuhan juga dapat memberikan keuntungan seperti Anda tidak membeli mesin cuci mahal dengan fitur yang belum tentu Anda butuhkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mesin Cuci

Saat membeli mesin cuci, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu kebutuhan Anda dalam mencuci pakaian setiap harinya. Berapa banyak pakaian yang Anda cuci setiap hari, berapa banyak jumlah orang dalam keluarga, ukuran ruangan  dan lainnya.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya saja:

  1. Kapasitas dan ukuran mesin cuci
  2. Budget atau harga dari mesin cuci
  3. Daya / energi mesin cuci
  4. Fitur – fitur pada mesin cuci
  5. Jenis mesin cuci apakah bukaan atas atau bukaan depan

Memahami Kapasitas dan Ukuran Mesin Cuci

Ketika memilih dari berbagai merek atau produsen, umumnya Anda akan dihadapi dengan pertanyaan yang sama berapa ukuran atau kapasitas mesin cuci yang Anda butuhkan. Seringkali kita melihat di keterangan display mesin cuci ataupun pada deskripsi produk mesin cuci tertulis 6 kg, 10 kg, atau 7 kg.

Ukuran tersebut bukanlah menunjukkan berat dari mesin tersebut melainkan kapasitas dari mesin cuci. Untuk itu perlu dipahami terlebih dahulu antara kapasitas dan ukuran mesin.

Kapasitas

Kapasitas mesin cuci umumnya dideskripsikan dalam satuan kilogram misalnya 6 kg, 7 kg atau 10 kg. Ukuran ini menunjukkan kapasitas, yaitu seberapa banyak pakaian kering yang dapat dicuci oleh mesin tersebut.

Misalnya kapasitas 10 kilogram artinya mesin cuci tersebut dapat membersihkan pakaian kering seberat 10 kg dalam sekali cuci.

Tentu semakin besar kapasitas mesin cuci, semakin mahal harganya. Dan untuk menentukan berapa besar kapasitas yang Anda butuhkan, Anda perlu mengetahui berapa banyak pakaian yang dicuci. Misalnya saja untuk 1 keluarga dengan jumlah 4 orang, umumnya dapat menggunakan mesin cuci kapasitas 6 – 7 kg.

mesin cuci

Memilih ukuran kapasitas yang tidak sesuai dapat menimbulkan masalah dan kerugian serta dalam jangka panjang dapat merusak mesin, misalnya:

  1. Membeli mesin kapasitas besar dengan harga mahal, padahal cucian hanya sekitar 6 kg
  2. Cucian tidak bersih maksimal jika tabung diisi terlalu penuh atau melebihi kapasitas
  3. Mesin cuci menjadi tidak awet apabila sering mencuci melebihi kapasitas
  4. Kerugian dari segi biaya seperti tagihan listrik apabila menggunakan mesin kapasitas besar untuk mencuci sedikit pakaian saja

Ukuran Mesin Cuci

Ukuran disini merujuk pada dimensi atau ukuran panjang x lebar x tinggi dari mesin. Ini merupakan faktor penting lainnya yang harus diperhatikan saat memilih. Jangan sampai ukuran mesin lebih besar dari tempat yang tersedia.

Ukuran mesin biasanya tergantung juga pada jenis mesin cucinya apakah mesin cuci front loading atau top loading.

ukuran mesin cuci top

Perbedaannya biasanya seperti pada mesin cuci top loading sedikit lebih tinggi karena membutuhkan clearance untuk bukaan tabung mesin cuci. Sebaliknya pada mesin cuci front loading umumnya lebar / kedalaman mesin lebih besar dibandingkan top loading.

Setiap merek atau produsen juga umumnya memiliki dimensi yang kurang lebih atau sedikit banyak bervariasi. Namun ada patokan yang dapat Anda jadikan acuan untuk ukurannya:

  • Mesin cuci front loading umumnya kira kira: 60 x 60 x 85 cm (PxLxT) atau 60 x 70 x 85 cm
  • Mesin cuci top loading umumnya ukuran kira – kira 40 x 60 x 90 cm

Leave a Reply