Tips & Tutorial

Memilih Ukuran Kulkas & Kapasitas Sesuai dengan Kebutuhan

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli kulkas tentu adalah menentukan ukuran kulkas yang dibeli. Anda tentunya tidak ingin kulkas yang Anda beli tidak muat dalam tempat yang disediakan seperti terlalu besar. Namun Anda juga tentu tidak ingin kulkas yang dibeli terlalu kecil sehingga tidak cukup untuk menyimpan makanan dan minuman.

Menentukan atau memilih ukuran kulkas yang sesuai dapat dilakukan dengan cara paling mudah yaitu mengukur luas tempat yang tersedia dan disesuaikan dengan ukuran kulkas. Namun cara ini praktis apabila tempat Anda terbatas.

Sebaliknya apabila tempat yang tersedia cukup luas, bagaimana menentukan dimensi atau kapasitas kulkas yang sesuai dengan kebutuhan?

Panduan Memilih Ukuran Kulkas yang Sesuai

Ada beberapa panduan dasar yang dapat digunakan saat hendak membeli kulkas, mulai dari luas dimensi area, berapa banyak makanan yang hendak disimpan, hingga jumlah orang dalam rumah,

Luas Dimensi Area

Hal mendasar yang perlu Anda perhatikan adalah luas tempat untuk menaruh kulkas. Anda perlu menghitung agar luas tersebut sesuai dengan dimensi panjang x lebar x tinggi kulkas yang hendak dibeli.

Selain itu hendaknya Anda sisakan beberapa cm pada bagian atas kulkas dan tidak mentok atau menyentuh perabot lemari atau plafon. Tujuannya adalah sebagai ventilasi kulkas. Pastikan juga Anda menyisakan beberapa cm pada bagian belakang dan sisi kulkas dan tidak mendempetkannya pada dinding.

kulkas dua pintu

Anda juga perlu memperhatikan luas atau panjang pintu kulkas saat dibuka. Pastikan pintu kulkas dapat terbuka dengan sempurna dan tidak membentur ke dinding atau perabotan lain. Apabila kulkas hendak diletakkan dalam dapur, pastikan kulkas muat dan dapat masuk atau melalui pintu dapur secara sempurna.

Jumlah Makanan & Orang dalam Rumah

Panduan ini didasarkan pada berapa banyak makanan atau berapa jumlah orang dalam rumah yang akan menggunakan kulkas. Semakin banyak makanan atau jumlah orang, tentu Anda membutuhkan kulkas dengan kapasitas yang lebih besar. Panduan dasarnya misalnya:

  1. 1 – 2 orang: Kulkas 50 – 200 liter
  2. 3 – 4 orang: Kulkas 250 – 300 liter
  3. 4 – 5 orang: Kulkas 300 – 350 liter

Terlepas dari kapasitas kulkas yang Anda beli, hal yang perlu ketahui terkait menyimpan makanan dan minuman dalam kulkas adalah jangan menyimpan makanan dan minuman hingga maksimal atau penuh dalam kulkas. Kulkas yang terisi hingga penuh akan mempengaruhi pendinginan kulkas.

Kulkas tidak akan dapat mendinginkan makanan atau minuman secara optimal sehingga beberapa jenis makanan dan minuman mungkin akan rusak dan menjadi tidak segar.

Jenis Kulkas Berdasar Ukuran Kulkas

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, maka Anda dapat menentukan jenis kulkas apa yang cocok dan sebaiknya Anda beli. Di pasaran banyak terdapat model kulkas seperti single door, double door, side by side. Tentunya beda model beda pula kapasitas penyimpanan dari kulkas tersebut.

ukuran kulkas

Pada umumnya Anda dapat menggunakan acuan sebagai berikut:

  1. Kulkas single door untuk kapasitas 50 – 200 liter
  2. Kulkas single door atau double door untuk kapasitas 250 – 300 liter
  3. Kulkas double door atau side by side apabila kapasitas 300 liter keatas

Tentunya dalam pemilihan jenis kulkas ini Anda tetap perlu memperhatikan tempat yang tersedia dalam ruangan. Jangan sampai Anda membeli kulkas double door, namun tempat yang tersedia tidak cukup untuk membuka pintu kulkas.

Leave a Reply