Info

Mengetahui Tingkat Asam Urat Normal Dalam Tubuh

Penyakit asam urat / gout ditandai dengan tingginya kadar asam urat / uric acid dalam tubuh yang melebihi tingkat asam urat normal. Tingginya kadar asam urat menyebabkan peradangan yang berakibat pada persendian terasa sakit atau bengkak.

Seringkali banyak dari kita mengeluhkan tubuh atau sendi dan pergelangan tangan terurama di celah jari terasa sakit atau terlihat membengkak. Ini merupakan salah satu gejala atau tanda dari penyakit asam urat.

asam urat

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai tingkat batasan asam urat dikatakan normal baik untuk pria atau wanita, serta gejala dan risiko apabila kadar asam urat tinggi dalam tubuh.

Uric Acid & Purin

Asam urat / uric acid sendiri merupakan salah satu zat yang diproduksi oleh tubuh dan berfungsi untuk memecah zat kimia bernama purine. Purine ini dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh maupun berasal dari makanan seperti daging.

Asam urat yang diproduksi tubuh berfungsi memecah purine dan sisanya akan dibuang bersama dengan urine. Namun pada penderita asam urat, kadar asam urat melebihi tingkat asam urat normal sehingga membentuk kristalisasi di sekitar sendi dan menyebabkan peradangan serta nyeri.

tingkat asam urat normal

Tingkat Asam Urat Normal Dalam Tubuh

Untuk mengetahui besarnya tingkat asam urat dalam tubuh, Anda dapat melakukan pengecekan baik melalui laboratorium maunpun melakukan pengecekan secara mandiri.

Pengecekan mandiri dapat dilakukan dengan menggunakan alat tes dan juga strip ukur untuk asam urat. Pengecekan mandiri ini membutuhkan sedikit sampel darah dari tubuh agar mesin dan membaca dan menentukan besarnya asam urat.

Baik hasil pengecekan dengan alat maupun hasil pengecekan di lab umumnya berada pada rentang yang kurang lebih sama dan memiliki standar deviasi yang kecil dan tidak signifikan. Hal ini karena setiap laboratorium mungkin menggunakan metode atau standar yang sedikit berbeda satu sama lainnya.

Namun ada rentang acuan asam urat normal yang dapat Anda jadikan patokan untuk memperkirakan apakah hasil tes asam urat Anda termasuk rendah, normal atau tinggi. Berikut ini adalah kisaran kadar asam urat normal dalam darah:

  • Wanita dewasa: antara 2,4 – 6,0 mg/dl
  • Pria dewasa: antara 3,1 – 7,0 mg/dl
  • Anak – anak: antara 2,0 – 5,5 mg/dl

Apabila hasil tes Anda berada di angka 7,5 mg/dl, maka dapat dikatakan Anda memiliki asam urat yang tinggi baik jika Anda seorang pria atau wanita. Angka 6,5 mg/dl masih berada dalam rentang normal jika Anda pria, dan dikategorikan tinggi jika Anda seorang wanita.

Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan asam urat tinggi melebihi tingkat asam urat normal, misalnya saja:

  1. Obesitas
  2. Mengkonsumsi obat diuretic
  3. Terlalu banyak minum alkohol
  4. Diet tinggi purine misalnya mengkonsumsi daging – dagingan
  5. Hypothyroidism

Faktor – faktor ini dapat membuat asam urat dalam tubuh tinggi. Untuk menurunkan tingkat asam urat, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menerapkan makan sehat dan seimbang.

Leave a Reply