merk hp terbaik 2021 versi IDC
Info

5 Merk Hp Terbaik & Terlaris di 2021 (Versi IDC & Canalys)

Predikat merk hp terbaik dan terlaris di tahun 2021 jadi suatu kebanggaan tersendiri. Banyak produsen smartphone kelas dunia, seperti: Samsung, Apple, Xiaomi, OPPO, dan vivo terus meluncurkan produk baru agar bisa jadi nomor satu di dunia. Selain bermain di harga, produsen smartphone juga meluncurkan banyak varian produk.

Smartphone paling laris di dunia saat ini didominasi oleh sistem operasi Android dan iOS. Paling banyak memakai OS Android dengan market share sebanyak 73%. Sementara, iOS dari Apple yang hanya digunakan iPhone punya market share sebesar 26%. Sisanya adalah sistem operasi lain, seperti: KaiOS, Windows, dan lainnya.

Untuk menentukan apa merk hp terbaik dan terlaris bisa dilihat dari market share atau pangsa pasarnya. Semakin banyak hp dibeli, artinya banyak orang yang percaya dengan brand tersebut. Selain itu, merk hp terbaik di dunia juga punya jaminan purna jual yang tersebar di banyak tempat. Ini membuat konsumen lebih tenang saat membeli hp dari merk terbaik dunia.

Merk Hp Terbaik 2021 Versi IDC

Kami mengacu pada data IDC (International Data Corporation) untuk menentukan apa merk hp terbaik di tahun 2021. Situs IDC rutin memberitakan merk smartphone terbaik dan paling laris setiap tahun. Datanya diambil dari jumlah hp yang dikapalkan setiap kuarter tahun.

Sebelumnya di Q2 tahun 2020, merk hp terbaik di dunia dipegang oleh Samsung dengan market share 19.5%. Di posisi kedua adalah Apple dengan pangsa pasar 13.6%. Kemudian, di posisi 3 ada Xiaomi dengan pangsa pasar 10.3%. Lalu bagaimana dengan peringkat di Q2 2021 ?

merk hp terbaik 2021 versi IDC

Menurut data di atas, sudah terlihat bahwa Samsung masih menjadi posisi nomor 1 merk hp terbaik dunia. Di Q2 tahun 2021, Samsung punya market share 18.8%. Meskipun dari volume pengapalan naik, namun dari presentase mengalami penurunan.

IDC Smartphone Dunia Q2 2021

Lalu di posisi kedua, Apple harus rela diturunkan oleh Xiaomi. Volume penjualan Xiaomi naik sebesar 86.6% dibanding tahun 2020. Kenaikannya lebih tinggi dibanding Apple yang hanya mengalami kenaikan sebesar 17.8%. Xiaomi banyak mengeluarkan produk baru dengan harga murah dan spesifikasi tinggi. Tidak heran, bisa meraih posisi kedua merk hp terbaik di tahun 2021.

Merk Hp Terbaik di Tahun 2021

Berikut urutan merk hp terbaik di tahun 2021 versi IDC:

  1. Samsung. Market Share 18.8%
  2. Xiaomi. Market Share 16.9%
  3. Apple. Market Share 14.1%
  4. OPPO. Market Share 10.5%
  5. vivo. Market Share 10.1%.

Merk HP Terlaris 2021 Versi Canalys

Sama seperti data yang dimiliki IDC, Data dari Canalys memperlihatkan merk hp yang paling laris di tahun 2021. Menurut data Canalys, Xiaomi berhasil masuk ke posisi 2 merk hp terlaris dan terbaik di Q2 2021. Jumlah pengiriman hp Xiaomi di tahun 2021 meningkat pesat.

Peningkatan volume pengapalan paling besar adalah ke Amerika Latin hingga mencapai 300%, Afrika 150%, dan Eropa Barat 50%. Harga produk yang 40% – 75% lebih murah dibanding Samsung dan Apple berhasil membuat banyak konsumen dunia tertarik membelinya.

Namun, Xiaomi akan cukup sulit bersaing di pasar flagship yang masih didominasi Samsung dan Apple. Selain itu, Xiaomi juga akan bersaing dengan OPPO dan vivo yang sama-sama ingin mengusasai pasar flagship. Berikut ini data merk hp paling laris di tahun 2021 menurut Canalys:

Merk hp terlaris Q2 2021 versi Canalys

Merk Hp Terlaris di Tahun 2021

Inilah merk hp terlaris di tahun 2021, menurut Canalys:

  1. Samsung. Market Share 19%
  2. Xiaomi. Market Share 17%
  3. Apple. Market Share 14%
  4. OPPO. Market Share 10%
  5. vivo. Market Share 10%.

Merk HP Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Percepatan jangkauan 5G di Indonesia membuat banyak orang berpikir untuk mengupgrade hp lama mereka ke hp yang sudah mendukung 5G. Ditambah lagi, kehadiran chipset Mediatek Dimensity yang sudah didukung modem 5G membuat banyak hp kelas menengah ke bawah bisa mencicipi kencangnya jaringan 5G. Cek rekomendasi HP 5G Murah.

Xiaomi dan Samsung adalah dua brand hp besar yang cukup getol mengeluarkan hp baru yang sudah mendukung jaringan 5G. Sebut saja seperti: Poco M3 Pro 5G, Redmi Note 10 5G, Samsung Galaxy A22 5G, dan Samsung Galaxy A32 5G banyak diincar konsumen kelas menengah.

Banyaknya varian hp yang diluncurkan membuat Xiaomi memiliki kinerja penjualan yang bagus di Q2 2021. Menurut data IDC, penjualan Xiaomi menanjak pesat mulai Q4 2020. Hingga di Q2 2021, Xiaomi berhasil menjadi top brand smartphone di Indonesia.

Merk HP Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Inilah urutan merk hp terbaik di Indonesia tahun 2021 menurut IDC.

  1. Xiaomi
  2. OPPO
  3. vivo
  4. Samsung
  5. Realme.

Merk hp terlaris indonesia 2021

Data yang dimiliki IDC, sama seperti yang dirilis oleh Canalys. Menurut daya di bawah ini, Xiaomi berhasil masuk ke meraih posisi pertama merk hp terbaik di Indonesia tahun 2021. Pangsa pasarnya di Indonesia mencapai 28% dengan pertumbuhan mencapai 112% dibanding tahun lalu.

Sementara itu, OPPO, Samsung, dan vivo harus rela turun peringkat. OPPO kini ada di posisi kedua dan Samsung di posisi ketiga. Realme berhasil naik peringkat dari posisi 5 ke posisi 4 menggantikan vivo. Sayangnya, vivo harus lebih bekerja keras karena ada posisi paling bawah dan pertumbuhan yang berkurang 28% dibanding tahun lalu.

canalys data smartphone top brand indonesia 2021

Merk HP Terlaris di Indonesia Tahun 2021

Berikut urutan merk hp terlaris di Indonesia pada Q2 2021 menurut Canalys.

  1. Xiaomi. Market Share 28%
  2. OPPO. Market Share 20%
  3. Samsung. Market Share 18%
  4. Realme. Market Share 12%
  5. vivo. Market Share 12%.

Urutan Merk HP Terbaik dan Terlaris di 2021

Berikut ini urutan merk hp terbaik di dunia tahun 2021 menurut IDC dan Canalys.

1. Samsung

Samsung sudah bertahun-tahun menjadi merk hp terbaik di dunia. Banyaknya segmen konsumen yang diincar, kualitas produk yang bagus, service center yang tersebar di banyak kota, dan dukungan sistem operasi berkelanjutan membuat banyak konsumen menyukainya.

Saat ini Samsung punya 5 seri Smartphone yang jadi andalan. Pertama adalah seri Galaxy Z yang diisi oleh banyak hp dengan teknologi layar lipat terbaru. Seri Galaxy S yang jadi andalan untuk bersaing di kelas flagship. Lalu ada Seri Galaxy A yang menyasar segmen kelas menengah hingga pemula.

Samsung seri M menyasar segmen konsumen yang membutuhkan baterai besar. Kemudian yang terakhir ada seri Galaxy Note yang selalu dibekali Stylus untuk mendukung aktivitas pebisnis dan profesional. Banyaknya pilihan produk dan harga yang kompetitif membuatnya masih bertahan di posisi 5 besar dunia dan Indonesia.

2. Xiaomi

Dari dulu sampai sekarang, Xiaomi selalu konsisten memberikan produk dengan harga murah dan spesifikasi terbaik di kelasnya. Xiaomi adalah hp budget friendly yang memungkinkan banyak orang mencicipi spesifikasi kelas atas dengan harga lebih murah.

Kualitas produk, dukungan sistem operasi, dan service center yang tersebar di banyak tempat membuat orang menyukai produk Xiaomi. Berbeda dari Samsung, Xiaomi hanya punya 3 seri smartphone. Yang pertama dan jadi unggulan adalah seri Redmi. Seri ini mengicar segmen kelas pemula hingga menengah atas. Apalagi untuk seri Redmi Note, varian terbarunya selalu dinanti setiap tahun.

Xiaomi juga punya sub brand dengan nama POCO. HP merk POCO dari Xiaomi selalu punya spesifikasi di atas hp lain sekelasnya. Konsumen bisa membeli hp spesifikasi kelas flagship dengan harga 50% lebih murah. Selain itu, untuk bertarung di segmen flagship ada seri Mi yang punya spesifikasi paling tinggi dibanding hp Xiaomi lainnya. Meski ditujukan untuk menengah atas, harga hp seri Mi masih lebih murah dibanding hp lain sekelasnya.

3. Apple

Produk iPhone dari Apple selalu dinanti di akhir tahun. Sesuai dengan kebiasaan Apple yang meluncurkan varian terbaru iPhone setiap akhir tahun. Kebanyakan konsumen di dunia selalu menanti fitur baru apa yang dimiliki seri iPhone terbaru.

Apple hanya punya 1 seri smartphone yaitu iPhone. Merk iPhone sendiri punya turunan seri, seperti: iPhone seri standar, seri Pro, dan seri Pro Max. Perbedaan ketiganya biasanya ada di ukuran layar dan spesifikasi kamera. Harga yang dipasarkan berada di kisaran 10 juta ke atas, karena mengincar segmen menengah atas.

Meski hanya meluncurkan satu seri smartphone dalam setahun, kehadirannya selalu jadi pembicaraan. Desain iPhone yang ikonik jadi salah satu alasan kenapa banyak orang menyukainya. Karena peluncuran iPhone selalu di akhir tahun, biasanya penjualan iPhone akan naik pada Q4 di setiap tahunnya.

4. OPPO

OPPO sudah bertansformasi dari hp yang bagus buat selfie, jadi hp yang bagus untuk fotografi. Dulu memang OPPO lebih fokus mengembangkan kamera depan. Namun kini, kualitas kamera belakang yang jadi perhatian. Resolusi tinggi dan fitur kamera menarik jadi alasan kenapa banyak orang Indonesia menyukainya.

OPPO punya 3 seri smartphone, yaitu: Find X, Reno, dan Seri A. OPPO seri Find X ditujukan untuk menengah ke atas karena harga jual yang cukup tinggi. Spesifikasinya pun sekelas dengan hp flagship pada umumnya. Namun jadi yang fokus OPPO di seri Find X adalah layar dan kamera.

Kemudian untuk seri Reno ditujukan untuk kelas menengah. Fitur kamera yang inovatif jadi jualan utamanya. Sementara itu, performa jadi poin selanjutnya yang dibanggakan. Seri Reno juga punya desain yang mewah. Lalu untuk seri A ditujukan untuk kelas menengah ke bawah hingga pemula.

5. vivo

Selain OPPO, vivo juga cukup gencar menjadikan kamera sebagai nilai jual utamanya. Spesifikasi kamera yang canggih jadi ciri khas vivo. Yang terbaru, vivo bekerjasama dengan ZEISS untuk menghadirkan kamera hp paling inovatif dan terbaik untuk fotografi.

vivo punya 3 seri smartphone unggulan. Yang pertama adalah seri X. Seri ini punya spesifikasi kamera paling tinggi dibanding seri lainnya. Tidak hanya itu, performanya juga sangat kencang untuk main game. Tidak ketinggalan fitur Fast Charging jadi andalan untuk bisa mengecas baterai lebih cepat.

Seri kedua adalah V Series. Hp ini menyasar kelas menengah. Poin utamanya yang dijual adalah masih kamera utama dan selfie. Resolusi kamera tinggi di depan dan belakangnya membuat banyak konsumen Indonesia suka produk vivo. Selain itu, kapasitas RAM besar membuat kinerja lebih mulus. Yang terakhir adalah seri Y dengan harga terjangkau dan spesifikasi kamera cukup oke.

Itulah 5 merk hp terbaik di dunia tahun 2021. Kelima merk hp tersebut punya penjualan yang paling bagus dari merk hp lainnya. Kualitas produk, spesifikasi, dan harga menarik jadi alasan kenapa 5 merk hp di atas tetap bisa jadi yang terbaik hingga sekarang. Beli HP Android dan iOS Terbaru 2021 di Bhinneka.

Leave a Reply