Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Model Bisnis Berlangganan: Pengertian, Contoh dan Keuntungan

Model bisnis berlangganan merupakan bisnis yang semakin naik daun di era digital saat ini. Dengan didukung oleh internet dan teknologi, bisnis ini sudah dirasakan oleh semua kalangan.

Nah, kali Bhinneka akan mengupas tentang model bisnis berlangganan mulai dari pengertian, contoh dan keuntungan. Tunggu apalagi, selamat membaca B’Nerz!

Pengertian Model Bisnis Berlangganan

Model bisnis berlangganan atau subscription business model adalah model bisnis dimana konsumen melakukan pembayaran secara berulang-ulang untuk mendapatkan suatu produk ataupun layanan. Biasanya waktu berlangganannya juga beraneka ragam mulai dari mingguan, bulanan sampai tahunan tergantung minat konsumen masing-masing.

Model bisnis berlangganan

 

Model bisnis ini sudah ada sejak lama contohnya koran dan majalah, dimana konsumen melakukan pembayaran berulang serta berlangganan surat kabar tersebut. Saat ini koran dan majalah sudah melakukan transformasi digital guna menjangkau lebih banyak pembacanya.

Contoh Model Bisnis Berlangganan

Subscription business model yang sangat populer di Indonesia saat ini adalah bisnis platform hiburan. Di era digital saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan model bisnis seperti ini, mari kita bahas beberapa contoh lainnya.

1. Layanan Streaming Film

Platform layanan berlangganan streaming film yang sangat populer di Indonesia diantaranya Netflix, WeTv, Viu, Iflix, Disney+, Maxstream, Vidio.com dan masih banyak lagi. Dengan berlangganan dengan platform tersebut, konsumen dapat menikmati film terbaru dengan kualitas terbaik serta dapat diakses melalui smartphone ataupun laptop.

2. Layanan Musik dan Podcast

Model bisnis berlangganan juga merambah kedunia musik dan podcast, diantaranya seperti Spotify, Joox, Resso, Noice dan lain-lain.

3. Layanan Video Premium

Dengan berlangganan platform video premium, pelanggan akan menikmati segala video tanpa bebas iklan. Salah satu platformnya ialah Youtube premium.

4. Layanan Bimbingan Belajar

Salah satu platform bimbingan belajar yang bayak diminati di Indonesia yaitu Ruangguru, Zenius, Quipper dan masih banyak lagi. Dengan berlangganan, konsumen dapat menikmati pembelajaran secara daring didampingi tenaga pendidik yang berkualitas.

5. Layanan Koran dan Majalah Digital

Beberapa perusahaan media di Indonesia juga mulai menggunakan subscription business model diantaranya, Kompas.id, Tempo, Wattpad, Wayang dan lain sebagainya. Mereka menyediakan berita serta majalah yang terkini yang dapat dinikmati para konsumennya.

6. Layanan Aplikasi

Contoh layanan aplikasi berlangganan seperti Canva, Photography Plan, Adobe Photoshop, Terabox dan lainnya.

7. Layanan SaaS

Contoh layanan Saas diantaranya adalah Aronawa. Aronawa adalah platform aplikasi SaaS yang menawarkan layanan pembuatan online store dan marketplace bagi para pelaku usaha dari berbagai bidang, mulai dari Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) sampai korporasi secara cepat dan siap langsung digunakan.

Model bisnis berlangganan aronawa

Selain itu Aronawa juga merupakan penyedia E-procurement Marketplace, tentunya ini dapat menjadi solusi bagi perusahaan sampai korporasi ketika ingin melakukan pengadaan, baik berupa barang ataupun jasa.

Keuntungan Model Bisnis Berlangganan

Setelah kamu memahami pengertian dan juga contohnya, kamu juga harus tahu apa saja keuntungan dari subscription business model. Simak berikut ini.

1. Keuntungan Model Bisnis Berlanggan Bagi Konsumen

Subscription business model memberikan pembayaran yang cukup terjangkau kepada konsumen baik di setiap mingguan, bulanan, sampai tahunannya. Konsumen dapat menikmati layanan yang sangat bagus mulai dari entertaiment, productivity, cloud storage dan masih banyak lagi. Selain itu, konsumen juga dengan gampang merencanakan anggaran biaya bulanan yang konsisten.

2. Keuntungan Model Bisnis Berlanggan Bagi Perusahaan

Perusahaan akan lebih mudah memprediksi jumlah pendapatan (Revenue), dikarenakan konsumen bersedia melakukan pembayaran dimuka untuk produk ataupun layanan yang mereka akan nikmati.

Perusahaan juga lebih gampang scale up revenue dengan memberikan nilai lebih sehingga konsumen mau menaikkan jumlah berlangganannya.

Kemudian perusahaan dapat membangun hubungan dengan konsumen, karna adanya semacam kontrak yang mengikat perusahaan bisa mengetahui profil konsumen, dan apa yang mereka sukai. Sehingga data-data tersebut bisa digunakan untuk memberikan pelayanan dan nilai lebih kepada mereka.

Subscription business model juga akan meningkatkan costumer loyalti dan pendapatan perusahaan, nah itu tadi keuntungan yang akan di dapat kalau kalian memiliki bisnis berlangganan.

Itulah pengertian, contoh dan keuntungan subscription business model, semoga dapat membantu para B’Nerz. Untuk mengetahui info lain seputar bisnis dapat dilihat melalui laman ini

2 Comments

Leave a Reply