Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Pengertian Komunikasi Lintas Budaya & Pentingnya dalam Bisnis

Memahami pengertian komunikasi lintas budaya dan betapa pentingnya meningkatkan kemampuan komunikasi lintas budaya yang dimiliki karyawan, perlu diketahui oleh setiap pelaku usaha dan bisnis. Hal ini tidak terlepas dari komunikasi yang merupakan inti utama dalam setiap kegiatan bisnis. Misalnya saja komunikasi antar korporasi, komunikasi antara sesama karyawan, komunikasi antara perusahaan dan konsumen.

Krusialnya kompetensi lintas budaya dan kemampuan komunikasi lintas budaya semakin penting terutama di era globalisasi yang kompetitif. Perusahaan dan bisnis tidak hanya bersaing dengan kompetitor dalam negeri, tapi juga bersaing dengan perusahaan asing dan memiliki partner, karyawan atau konsumen yang juga berasal dari negara lain.

Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian dari komunikasi lintas budaya dan apa saja manfaat atau betapa pentingnya cross cultural communication tersebut dalam dunia bisnis.

Pengertian Komunikasi Lintas Budaya

Komunikasi lintas budaya dapat diartikan sebagai interaksi antar pribadi atau komunikasi antara orang – orang yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda – beda. Perbedaan budaya disini dapat mencakup perbedaan seperti bahasa, agama, norma sosial, gaya hidup dan masih banyak lagi.

Dalam dunia bisnis, komunikasi lintas budaya dapat terjadi dalam satu entitas perusahaan yang memiliki karyawan dari berbagai latar budaya maupun terjadi antara satu entitas perusahaan dengan perusahaan lain ataupun konsumen.

pengertian komunikasi lintas budaya

Sebagai contoh, perusahaan A yang berada di Indonesia memiliki hubungan kerja sama dengan perusahaan asing yang berasal dari Eropa. Ataupun misalnya dalam perusahaan A terdapat karyawan asing yang berasal dari negara lain. Hal tersebut dapat memicu perbedaan budaya dan latar belakang dalam komunikasi, baik antar sesama karyawan maupun antar perusahaan.

Seberapa Penting Komunikasi Lintas Budaya

Komunikasi antar budaya mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis untuk menyatukan perbedaan di setiap perusahaan. Apabila perusahaan atau karyawan tidak memiliki kompetensi lintas budaya yang baik, maka dapat terjadi intoleransi antar karyawan maupun rasa kurang menghargai atas karyawan ataupun perusahaan lain yang berbeda budaya.

Kurangnya kompetensi lintas budaya dan kemampuan komunikasi lintas budaya juga dapat menghambat proses bisnis. Budaya antar satu perusahaan dengan perusahaan asing tidaklah sama. Hal yang dianggap wajar di satu perusahaan, bisa saja dianggap tidak wajar atau memberikan kesan buruk oleh perusahaan lain.

Misalnya sebagai contoh, budaya dan etos kerja perusahaan dan karyawan Jepang sangatlah disiplin dan tepat waktu. Hal ini tentu berbeda dengan etos kerja perusahaan Indonesia yang terkadang masih menyepelekan disiplinitas. Apabila dalam satu perusahaan Indonesia misalnya terdapat pimpinan orang Jepang, dan karyawan yang sebagian besar orang Indonesia, kurangnya kompetensi lintas budaya dapat memicu permasalahan dan menghambat proses bisnis akibat latar belakang berbeda.

bisnis komunikasi

Manfaat Meningkatkan Kompetensi Lintas Budaya & Komunikasi Lintas Budaya

Pentingnya kompetensi lintas budaya dan mengembangkan komunikasi lintas budaya dalam suatu perusahaan sangat signifikan. Komunikasi lintas budaya menjadi penting sebab sebagai jembatan antara satu orang dengan yang lainnya yang berbeda budaya.

Adapun fungsi meningkatkan kompetensi dan komunikasi lintas budaya antara lain:

Mencegah Pertentangan dan Menyatukan Perbedaan Budaya

latar belakang budaya karyawan yang berbeda juga mempengaruhi kenapa harus mempelajari komunikasi antarbudaya. Apa yang dianggap hal yang wajar dan sah oleh satu karyawan belum tentu dianggap wajar oleh karyawan lain. Hal yang dianggap sepele dapat saja membuat karyawan lain tersinggung.

Dengan mengembangkan komunikasi lintas budaya, dapat berguna untuk mengembangkan kemampuan SDM  dalam perusahaan untuk mengatasi dan menghadapi budaya yang  berbeda.

Meningkatkan Kompetensi Untuk Bersaing Global

Komunikasi lintas budaya menjadi kunci utama untuk berbisnis di luar negeri maupun di dalam negeri. Dengan kemampuan komunikasi lintas budaya yang baik, SDM akan siap untuk bersaing secara global. Karyawan perusahaan dapat berkomunikasi dengan perusahaan asing dan berhubungan dengan individu yang berbeda budaya tanpa adanya halangan.

Membantu Menghadirkan Perspektif Baru

Kebudayaan yang beragam dalam sebuah perusahaan dapat membuat setiap individu atau karyawan untuk melihat suatu hal atau masalah dalam perspektif baru dan dapat menghadirkan inovasi serta solusi beragam untuk memecahkan suatu masalah dalam perusahaan.

Demikian pengertian dari komunikasi lintas budaya dan mengapa komunikasi serta kompetensi lintas budaya itu sangat penting dimiliki dalam dunia bisnis. Di dalam bisnis tentunya kita tidak hanya berhadapan dengan orang orang dari dunia bisnis dengan budaya yang sama dengan kita namun juga dengan orang orang dari budaya yang berbeda. Ditambah dengan era globalisasi, maka kita harus siap untuk bersaing dan bekerja sama dengan orang – orang asing yang memiliki perbedaan budaya mencolok.

Leave a Reply