Tips & Tutorial

Penyebab Kaca Mobil Berembun dan Cara Mengatasinya

Penyebab kaca mobil berembun dan cara mengatasinya merupakan hal yang penting diketahui pengendara. Hal ini dikarenakan kaca mobil yang berembun dapat berdampak pada jarak pandang. Jarak pandang saat berkendara merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan.

Seringkali di pagi hari saat hendak berkendara, kaca mobil bagian depan berembun yang menyebabkan pandangan terhalang. Embun pada kaca mobil biasanya terjadi karena tingkat kelembapan di luar mobil yang tinggi dan ada perbedaan suhu pada bagian luar dan dalam kabin mobil.

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Ada beberapa faktor yang dapat membuat kaca mobil berembun. Tidak hanya kaca bagian depan saja, kaca bagian samping dan belakang mobil juga dapat berembun. Berikut beberapa penyebab kaca mobil berembun:

  1. Adanya perbedaan suhu antara luar kabin mobil dengan bagian dalam kabin mobil
  2. Kotoran dan debu pada kaca dapat menjadi salah satu faktor kaca menjadi mudah berembun
  3. Pada beberapa kondisi, jumlah penumpang juga dapat mempengaruhi atau menyebabkan kaca mobil menjadi berembun

kaca mobil berembun

Cara Mengatasi Kaca Berembun

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaca mobil berembun dan mengganggu jarak pandang.

Apabila suhu di luar mobil lebih hangat atau panas dibanding dalam mobil, maka biasanya yang berembun adalah bagian luar dari kaca. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Menggunakan wiper untuk menyeka embun yang ada di kaca bagian depan
  2. Menurunkan suhu AC mobil
  3. Menggunakan tombol resirkulasi untuk memasukkan udara dari luar mobil untuk mencegah atau menghilangkan perbedaan suhu luar dan dalam kabin mobil

penyebab kaca mobil berembun

Sebaliknya bila suhu di luar kabin mobil lebih dingin atau rendah dibanding bagian dalam mobil, embun cenderung muncul pada bagian dalam kaca mobil. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Membuka jendela untuk membiarkan udara masuk dari luar mobil dan menghilangkan embun yang terdapat di bagian dalam
  2. Menggunakan tombol defrost / defogger pada mobil untuk menghilangkan embun yang terdapat di kaca bagian depan maupun belakang

Nah, mudah kan cara untuk mengatasi embun yang muncul pada kaca mobil. Pastikan Anda selalu menjaga visibilitas jarak pandang ketika berkendara agar tetap aman selama berkendara.

Leave a Reply