Tips & Tutorial

Penyebab Wiper Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

Penyebab wiper mobil berdecit bisa dikarenakan oleh banyak hal. Apabila wiper mobil yang Anda miliki mulai bunyi berdecit saat digunakan, maka perlu ada perhatian khusus. Hal ini tidak lepas dari fungsi wiper sebagai salah satu komponen penting pada mobil.

Wiper berfungsi untuk menyeka air pada bagian depan dan belakang kaca mobil. Fungsi wiper menjadi sangat penting terutama pada saat musim hujan. Kotoran dan air yang menghalangi pandangan bisa diusap dengan wiper. Wiper berdecit tidak hanya menjadi pertanda bahwa ada masalah pada komponen wiper. Apabila dibiarkan terus, dikhawatirkan wiper yang berdecit dapat membuat kaca mobil menjadi tergores. Untuk itu ada perlu mengetahui beberapa penyebab wiper mobil berdecit dan cara mengatasinya.

Penyebab Wiper Mobil Berdecit

Bunyi berdecit yang dihasilkan wiper dapat mengganggu pengemudi saat berkendara. Terutama apabila bunyi berdecit sangat kencang. Selain itu, bunyi berdecit yang cukup parah juga dapat menyebabkan kaca tergores.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan wiper mobil mulai berdecit saat digunakan, yaitu:

  1. Usia pakai wiper yang sudah melebihi batas
  2. Kondisi karet wiper yang sudah tidak baik sehingga sudah tidak lentur
  3. Banyaknya kotoran dan debu yang menumpuk di lapisan karet wiper sehingga wiper tidak dapat menyapu kaca dengan maksimal
  4. Wiper menjadi seret akibat adanya lapisan minyak dan debu yang menempel pada kaca

Hal – hal di atas dapat menyebabkan sapuan wiper tidak maksimal sehingga terjadi bunyi decitan saat wiper digunakan.

penyebab wiper mobil berdecit

Cara Mengatasi Wiper Mobil yang Bunyi Berdecit

Apabila wiper mobil yang Anda miliki berdecit, ada beberapa cara yang dapat Anda coba sebelum memutuskan untuk mengganti wiper dengan yang baru. Berikut cara mengatasi decitan pada wiper mobil:

Periksa Kondisi Karet Wiper

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memerika kondisi fisik dan kelenturan dari karet wiper. Anda dapat memeriksa apakah karet wiper dalam kondisi baik atau terdapat sobekan. Selain itu periksa apakah karet wiper tersebut sudah kaku atau masih lentur. Karet wiper yang baik adalah karet wiper yang lentur sehingga dapat menyapu kaca dengan maksimal.

Melembutkan Karet Wiper

Karet wiper yang kaku dapat menimbulkan bunyi decitan saat digunakan. Wiper baru atau wiper dengan karet yang masih kaku dapat diatasi dengan cara dilenturkan. Anda dapat menggunakan cairan pelumas seperti WD40 yang dikhususkan untuk karet / wiper. Selain itu Anda juga dapat mencoba menggunakan alcohol. Usapkan WD40 atau alkohol pada karet wiper.

Bersihkan Karet Wiper

Seiring pemakaian kendaraan, bagian wiper dapat kotor dan debu serta kotoran dapat menumpuk pada area karet wiper. Debu dan kotoran ini dapat menyebabkan wiper berdecit saat hendak digunakan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mencoba membersihkan karet wiper dengan menggunakan kain basah ataupun alcohol. Cukup lap pada area karet wiper untuk membersihkan karet wiper dari debu dan kotoran yang menumpuk

Bersihkan Kaca Mobil Secara Rutin

Kaca mobil yang kotor serta banyak memiliki debu atau kotoran yang menumpuk dapat menjadi penyebab wiper menimbulkan decitan saat digunakan. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat membersihkan kaca dengan pembersih kaca mobil secara rutin.

wiper mobil

Bersihkan Karet Wiper

Debu atau kotoran yang menumpuk dan menyelip pada lapisan karet wiper juga dapat membuat wiper tidak dapat membersihkan secara maksimal dan menimbulkan decitan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan kain bersih dengan alkohol. Bersihkan karet wiper dengan cara melapnya dengan kain yang dibasahi alkohol. Selain membersihkan, alkohol juga dapat membantu melembutkan karet wiper.

Demikian cara yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi wiper yang berdecit. Apabila wiper berdecit dikarenakan usia pakai yang sudah lama atau lebih dari setahun, ada baiknya Anda menggantinya dengan wiper baru.

Leave a Reply