Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Perbedaan Ekspedisi dan Kargo dalam Pengiriman Barang

Perbedaan ekspedisi dan kargo dalam pengiriman barang seringkali disalahartikan oleh sebagian besar orang. Banyak dari kita yang menganggap bahwa pengiriman ekspedisi dan pengiriman kargo adalah hal yang sama. Namun tidak sedikit pula yang menganggap keduanya adalah jenis layanan yang berbeda.

Baik pengiriman ekspedisi maupun pengiriman kargo sama – sama penting untuk keperluan bisnis atau usaha untuk mengirimkan barang. Keduanya sama – sama digunakan untuk mengirimkan barang berupa paket, dokumen, atau barang lainnya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan antara ekspedisi dan juga pengiriman kargo dalam proses pengiriman barang.

Pengertian Pengiriman Kargo

Istilah kargo atau cargo sendiri adalah berbagai macam barang dalam jumlah besar atau banyak yang dikirim ke berbagai tempat tujuan (kota, pulau hingga negara) dan dikirim melalui jalur darat, laut maupun udara.

Oleh karenanya, pengiriman kargo dapat didefinisikan sebagai layanan pengiriman barang dalam jumlah besar dan biasanya memiliki berat minimum yang ditentukan oleh penyedia layanan pengiriman kargo.

pengiriman kargo

Pengertian Ekspedisi

Apabila pengiriman kargo merujuk pada pengiriman pada jumlah atau dengan volume besar dan berat, maka pengiriman ekspedisi reguler biasanya lebih berskala kecil. Pengiriman ekspedisi tidak memiliki berat minimum dan Anda dapat mengirimkan barang dengan berat hingga kurang dari 1 kg.

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Kargo

Melihat dari pengertiannya, baik pengiriman ekspedisi maupun kargo sama – sama digunakan untuk mengirim atau memindahkan barang dari satu tempat ke tempat tujuan lain. Namun ada beberapa perbedaan mendasar antara ekspedisi dan kargo dalam pengiriman barang.

pengiriman ekspedisi

Berikut ini perbedaan ekspedisi dan kargo dalam pengiriman barang:

Berdasarkan Jenis Barang & Berat Minimum

Pengiriman kargo memiliki berat minimum yang harus dipenuhi dan biasanya pengiriman dilakukan dalam jumlah besar atau volume besar dan barang berat. Penyedia layanan pengiriman kargo juga dapat menggunakan container atau peti kemas untuk memuat barang – barang pelanggan sebelum dikirimkan.

Sebaliknya pengiriman ekspedisi atau reguler, barang yang dikirim dalam satuan kecil dan tidak memiliki berat minimum. Contohnya saja Anda dapat mengirimkan dokumen atau barang dengan berat kurang dari 1 kg.

Berdasarkan Tarif Pengiriman

Tarif pengiriman barang dengan kargo cenderung lebih murah karena adanya jumlah minimum berat barang dan biasanya barang yang dikirimkan dalam jumlah besar. Hal ini mengakibatkan biaya pengiriman menjadi lebih murah.

Sebaliknya pengiriman ekspedisi reguler lebih mahal karena dihitung berdasarkan berat satuannya dan berlaku kelipatan per kg nya. Beberapa penyedia layanan juga mengenakan tarif berdasarkan hitungan ukuran dimensi barang yang dikirimkan.

Dari Durasi Waktu Pengiriman

Pengiriman dengan kargo meski lebih murah namun membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama. Hal ini dikarenakan jumlah barang yang dikirimkan lebih besar, berat dan banyak. Selain itu beberapa cargo yang menggunakan layanan darat, seperti Truk, Kereta maupun Bis. Jika anda berencana mengirim barang ke wilayah yang cukup jauh, tentu ini memakan waktu pengiriman yang lebih lama.

Demikian perbedaan antara pengiriman dengan ekspedisi reguler maupun pengiriman menggunakan cargo. Jika barang kiriman Anda berjumlah banyak atau berat, ada baiknya Anda menggunakan layanan pengiriman kargo karena lebih murah.

Leave a Reply