Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Perbedaan Headset dan Earphone, serta Perangkat Audio Lainnya

Tidak sedikit orang yang belum tahu Perbedaan headset dan earphone secara jelas. Kedua alat ini memang memiliki fungsi yang sama akan tetapi memiliki sedikit perbedaan dalam penggunaannya. Kedua alat ini memang sama sama digunakan untuk mendengarkan audio.

Dalam perkembangannya sendiri alat pendengar audio kini tersedia dalam berbagai macam bentuk. Sebut jasa seperti headphone, headset, earphone, handsfree. Perangkat yang digunakan untuk mendengarkan audio ini memiliki bentuk berbeda beda.

Perbedaan antara headset dan earphone serta perangkat pendengar audio lainnya sebenarnya sangat tipis. Semua alat ini dapat memberikan pengalaman mendengarkan audio yang berbeda beda kepada pemiliknya.

Walaupun sebenarnya terdapat hal hal yang memedakan semua perangkat pendengar audio ini, akan tetapi paradigma yang disepakati secara universal tidak ada. Sehingga penyebutannya tidak selalu baku untuk alat tertentu.

Untuk bisa memahami dan mengerti perbedaan antara headset dan earphone serta perangkat pendengar audio lainnya ialah dengan mengetahui definisi alat tersebut. Berikut penjelasan tentang berbagai perangkat pendengar audio.

Definisi Beberapa Perangkat Audio

Headphone

PHILIPS On-ear Wireless Headphones

Yang pertama adalah Headphone. Perangkat yang satu ini terdiri dari dua buah speaker yang terpasang untuk menutupi telinga. Keduanya tersambung oleh bando yang diletakan di kepala pengguna.

Perangkat ini memiliki fungsi untuk mendengarkan audio secara pribadi. Terdapat juga fungsi khusus headphone yakni dapat memberikan kualitas suara yang bagus serta jelas. Headphone tersedia dalam dua jenis, yaitu headphone open-back dan Close-Back.

Untuk jenis open-back biasannya di rancang dengan konsep Housing yang terbuka atau memiliki lubang lubang yang mengalirkan gelombang suara dari speaker. Desain terbuka ini membuat suara bocor keluar sehingga suara masih bisa di dengar oleh orang sekitar walaupun kecil.

Sedangkan untuk jenis Close-back lebih sering digunakan karena konsep Housing yang tertutup. Suara yang dihasilkan mampu diredam oleh headphone itu sendiri. Pengguna tidak perlu khawatir bila suara akan bocor. Kualitas suara yang dihasilkan pun lebih bagus dari Open-Back.

Headset

Perbedaan Headset dan Earphone MSI DS502 Gaming Headset

Walaupun headset memiliki kemiripan dengan headphone, nyatanya keduanya berbeda. Perbedaan bisa dilihat pada mikrofonyang terpasang. Headset merupakan gabungan antara mendengarkan audio dan berbicara atau berkomunikasi. Headset umumnya digunakan untuk melakukan panggilan audio atau video.

Earphone

HIPPO Earphone HF-015

Earphone merupakan perangkat untuk mendengarkan audio sama dengan headset dan headphone. Akan tetapi ukuran earphone sangatlah kecil. Sehingga ia mudah untuk di bawa ke mana mana. Apalagi sekarang kualitas suara yang dihasilkan earphone semakin menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Handsfree

awei a890bl

Perangkat yang terakhir untuk mendengarkan audio adalah handsfree. Alat ini memiliki kemiripan dengan earphone yakni berbentuk kecil. Akan tetapi dia memiliki microphone yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan memungkinkan melakukan panggilan.

Handsfree juga dilengkapi dengan beberapa tombol yang berfungsi untuk menerima atau memutus sebuah panggilan, terdapat juga tombol pengaturan volume. Terdapat dua jenis handsfree saat ini yakni menggunakan kabel dan tidak menggunakan kabel atau nirkabel.

Lebih bagus mana Headset atau earphone ?

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bila perbedaan nyata antara headset dan earphone adalah ukuran. Dan juga headset memiliki mikrofon sedangkan earphone tidak. Lalu yang mana yang lebih baik ? sebenarnya kedua perangkat ini memiliki keunggulannya masing masin bila digunakan sesuai kebutuhan.

Headset Punya Kualitas Suara Lebih Baik

Headset memiliki kemampuan yang dapat menghasilkan suara lebih jernih dan jelas. Sehingga bila Anda ingin fokus mendengarkan musik dalam kantor atau rumah menggunakan headset jauh lebih baik daripada earphone.

Bila anda juga ingin melakukan panggilan tentu saja pilihan menggunakan headset sangat dianjurkan. Apalagi headset memiliki kemampuan untuk memblokir suara dari luar dengan sangat baik. sangat disarankan juga untuk menggunakan headset berkualitas agar terhindar dari masalah pendengaran.

Earphone Lebih Mudah Dibawa Berpergian

Karena kualitas suara earphone yang belum bisa sebagus headset, earphone di nilai lebih aman digunakan agar terhindar dari masalah pendengaran. Keunggulan lain dari earphone ialah bentuknya yang sangat kecil sehingga mudah untuk di bawa ke mana mana. Bila Anda mencari perangkat untuk mendengarkan audio di mana saja earphone jadi pilihan terbaik.

Demikian pembahasan tentang perbedaan headset dan earphone, serta perangkat lainnya. Bagi anda yang ingin membeli salah satunya, silakan kunjungi halaman Headset atau Earphone Bhinneka.

Leave a Reply