Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Perbedaan Jenis GPU: Integrated, Dedicated dan VGA

Perbedaan jenis GPU, yaitu Integrated, Dedicated dan VGA masih sering menjadi topik yang ditanyakan atau dicari tahu saat seseorang hendak membeli PC atau Laptop. GPU sendiri merupakan Graphic Processing Unit atau unit pengolah grafis yang terdapat pada PC dan juga laptop.

Tanpa adanya GPU, maka tidak akan muncul tampilan atau display pada layar monitor ataupun layar laptop Anda. Fungsi dari GPU ini sendiri cukup penting pada beberapa jenis laptop atau PC misalnya PC Gaming yang membutuhkan kemampuan mengolah grafis yang kuat.

Adapun GPU pada perangkat komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain GPU Integrated, GPU Dedicated dan VGA. Apa perbedaan di antara ketiganya?

Perbedaan Jenis GPU Integrated, Dedicated dan VGA

Permasalahan dalam memilih jenis GPU ini muncul pada saat Anda hendak merakit PC atau membeli laptop. Ada yang menawarkan laptop dengan jenis GPU integrated, ada pula laptop dengan jenis GPU dedicated.

Pada saat merakit PC juga Anda dapat memutuskan untuk menambah VGA tambahan sebagai bentuk GPU dedicated dibandingkan menggunakan GPU Integrated. Berikut ini perbedaan ketiganya:

GPU Integrated

Merupakan tipe pengolah grafis (GPU) yang letak atau posisinya sudah terintegrasi, artinya sudah langsung bersatu di dalam komponen chip prosesor. Misalnya saja pada prosesor Intel Generasi ke 12, menggunakan GPU Integrated Intel UHD Graphic 80EUs.

Pada laptop yang menggunakan chipset atau prosesor Intel Gen 12 dengan GPU Integrated, biasanya pada spesifikasi laptop tersebut menggunakan GPU Intel UHD Graphic 80EUs. Bagi Anda yang merakit PC pun apabila Anda tidak ingin menambah biaya untuk tambahan VGA, maka dapat menggunakan prosesor yang sudah termasuk GPU Integrated.

integrated GPU

Pengolah grafis jenis ini secara umum sering disingkat menjadi IGP (integrated graphics processing). Sementara pada perangkat laptop sering juga disebut dengan onboard GPU atau VGA terintegrasi.

Pada jenis GPU ini, biasanya kurang maksimal dari segi performa karena harus berbagi kinerja dengan kerja dari CPU secara keseluruhan dan memori dari sistem pada PC atau laptop. Oleh karenanya, PC atau laptop dengan GPU jenis ini kurang cocok untuk mengolah grafis yang berat.

GPU Dedicated

GPU Dedicated atau GPU Discrete merupakan jenis GPU yang cukup umum ditemui pada laptop, dimana GPU ini bentuknya sudah terpisah dengan CPU. Akan tetapi, umumnya GPU Dedicated pada laptop masih menyatu atau tertanam pada motherboard.

Hal ini membuat GPU Dedicated pada laptop memiliki kelebihan dan juga kekurangannya sendiri. Kelebihannya yaitu tentu saja kinerja pengolahan grafis dari laptop tersebut akan lebih maksimal karena GPU memiliki memori tersendiri dan terpisah dengan kinerja CPU. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan dengan pengolahan grafis yang berat ataupun untuk kebutuhan gaming.

Kekurangannya adalah GPU Dedicated pada laptop tertanam pada motherboard sehingga Anda tidak bisa sembarangan mengganti atau melepaskan GPU tersebut. Anda hanya terbatas pada GPU jenis tersebut dari awal Anda membeli laptop dan tidak bisa diganti.

VGA Card

VGA Card atau kartu VGA merupakan jenis GPU yang merupakan perangkat tambahan dan dipasang pada bagian motherboard pada saat Anda membeli atau merakit PC dengan jenis GPU Dedicated. Jadi bisa dikatakan dengan memasang kartu VGA pada PC sama dengan memberikan kemampuan GPU Dedicated pada PC tersebut.

Berbeda dengan pada laptop, pada PC Anda bebas mengganti atau melakukan upgrade pada GPU / VGA Card sepanjang tipe VGA Card tersebut cocok dengan motherboard yang Anda miliki. Anda pun dapat memilih GPU dengan jumlah VRAM yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk gaming atau pengolahan grafis dan video editing.

GPU VGA

Kekurangan dari VGA Card atau GPU Dedicated pada PC adalah harganya yang cenderung mahal, dan semakin canggih atau tinggi VRAM GPU tersebut, tentu harganya lebih mahal.

Demikian perbedaan antara GPU Integrated, GPU Dedicated dan juga VGA. Apabila kebutuhan Anda hanya pekerjaan sehari – hari, Anda dapat menggunakan GPU jenis integrated untuk menghemat biaya.

Akan tetapi jika kebutuhan Anda misalnya adalah gaming atau ingin agar ke depannya Anda dapat melakukan upgrade pada GPU, maka akan lebih baik bila Anda membeli PC dengan prosesor tanpa GPU Integrated dan menambahkan VGA Card tersendiri.

Leave a Reply