Info Bisnis

Safety Gloves, Fungsi & Jenis Sarung Tangan Safety

Memahami fungsi dan jenis sarung tangan safety sangat penting bagi para pekerja yang bekerja di lingkungan kerja dengan risiko cidera kerja tinggi. Safety gloves atau sarung tangan safety sendiri adalah salah satu jenis APD atau alat pelindung diri yang termasuk dalam bagian K3 dan wajib dikenakan oleh pekerja terutama yang bekerja di area kerja yang berbahaya.

Untuk memilih jenis sarung tangan safety yang paling tepat, tentunya Anda harus menyesuaikannya berdasarkan potensi bahaya yang ada di lingkungan kerja Anda. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai sarung tangan safety serta apa saja fungsi dan jenis dari safety gloves yang perlu dikenakan oleh para pekerja.

Jenis Sarung Tangan Safety

Pengertian dan Fungsi Sarung Tangan Safety

Sarung Tangan Safety atau Safety Gloves adalah bagian dari alat pelindung diri (APD) yang berfungsi untuk melindungi tangan dan jari tangan Anda dari kecelakaan kerja. Banyak bidang industri atau pekerjaan yang memiliki risiko kerja cukup tinggi, misalnya saja di industri pertambangan, konstruksi, bahan kimia, dan masih banyak lagi.

Risiko – risiko kerja yang mungkin terjadi misalnya saja:

  1. Tangan terkena sayatan dari benda tajam
  2. Luka bakar pada tangan akibat suhu tinggi seperti mesin las
  3. Tangan terkilir atau tertindih akibat beban berat
  4. Risiko tersetrum akibat berhubungan dengan arus listrik

Dengan adanya banyak risiko kecelakaan kerja, maka sarung tangan safety atau safety gloves merupakan salah satu bagian K3 yang wajib dipakai oleh perkerja yang bekerja di area berbahaya.

Umumnya selain mengenakan safety gloves, pekerja juga diwajibkan memakai safety shoes, safety vest dan juga safety helmet, agar perlindungan dapat maksimal. Beberapa manfaat dari menggunakan safety gloves yaitu:

  1. Melindungi tangan dari luka akibat sayatan benda tajam di area kerja
  2. Melindungi tangan dari tusukan benda tajam
  3. Melindungi dan meminimalisir cidera berupa terkilir dan patah tulang akibat tertindih benda berat
  4. Melindungi pemakai dari sengatan listrik di area kerja
  5. Melindungi tangan dari luka bakar akibat cairan kimia di area kerja

Jenis Sarung Tangan Safety

Jenis sarung tangan safety atau safety gloves ada bermacam – macam. Umumnya safety gloves dibedakan berdasarkan kemampuan dari sarung tangan tersebut dalam melindungi pemakainya. Misalnya ada jenis yang melindungi tangan dari tindihan beban berat atau ada yang khusus dibuat untuk dapat menahan suhu tinggi.

Adapula Safety Gloves yang memiliki kemampuan slip resistant dan juga sarung tangan yang dapat menghambat hantaran listrik sehingga mencegah pemakainya tersengat listrik. Beberapa jenis sarung tangan safety antara lain:

1. Antistatic Gloves

Memiliki kemampuan untuk mencegah penumpukan listrik statis. Dengan fitur antistatik, Anda dapat mencegah terjadinya penumpukan listrik yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

2. Chemical Resistant Gloves

Jenis sarung tangan yang satu ini menawarkan kebutuhan perlindungan dari bahan bahan kimia berbahaya terutama yang mengandung racun. Seperti Anda ketahui jika bahan kimia punya potensi merusak kulit.

Sarung tangan ini terbuat dari karet seperti butyl, latex, nitrile, vinyl, neoprene, atau PVC. Sarung tangan jenis ini digunakan untuk melindungi pemakai dari zat – zat kimia berbahaya dan biasa digunakan di area kerja seperti laboratorium, rumah sakit.

Untuk membuat kulit seseorang terhindar dari bahannya bahan bahan kimia tersebut, maka kehadiran chemical resistant gloves menjadi jawabannya. Akan tetapi, perlu Anda ingat walaupun sudah menggunakan sarung tangan ini, aktivitas dengan bahan bahan kimia tetap harus berhati-hati.

3. Slip Resistant Gloves

Jenis yang selanjutnya adalah sarung tangan anti slip di mana menawarkan fitur cengkraman lebih kuat. Sarung tangan jenis ini memiliki fitur anti slip berkat material khusus. Anti-slip hand gloves dilengkapi dengan grip technology sehingga objek kerja yang berminyak maupun basah dapat di genggam dengan kuat tanpa terpeleset.

Penggunaan sarung tangan pelindung anti slip sendiri sering terlihat ketika seseorang harus memegang benda benda licin maupun basah ketika beraktivitas. Biasanya sarung tangan ini orang gunakan di sektor industri seperti restoran atau kontruksi.

4. Heat Resistant Gloves

Heat resistant gloves berfungsi sebagai isolator panas. Sarung tangan jenis ini bisa melindungi tangan dari panas atau suhu tinggi sehingga pekerja dapat terhindari dari risiko luka bakar.

Sarung tangan jenis ini sering digunakan dalam aktivitas industri pengelasan. Sarung tangan pelindung ini juga sering orang gunakan untuk beberapa pekerjaan dapur komersial yang sangat krusial seperti memasak dan lain sebagainnya. Jenis ini memang memiliki kemampuan luar biasa terutama terhadap kondisi panas sehingga tangan terjaga.

5. Cut & Puncture Resistant Gloves

Adalah sarung tangan yang dapat melindungi pemakai dari risiko kecelakaan kerja akibat tusukan atau sayatan dari benda tajam. Umum digunakan oleh pekerja yang menggunakan alat – alat potong seperti gergaji misalnya.

6. Impact Hand Gloves

Adalah sarung tangan yang dilengkapi dengan shock absorber atau peredam hantaman atau guncangan yang dapat melindungi tangan dari cidera akibat kejatuhan atau tertindih benda – benda berat. Bantalan yang ada pada sarung tangan ini jelas menjadi alat pelindung utama sehingga tangan tidak mudah cedera saat menerima sebuah hantaman.

7. Safety Lifting Hand Gloves

Selanjutnya ada sarung tangan safety lifting hand gloves dengan rancangan khusus mengangkat beban berat. Seseorang ketika menggunakan sarung tangan ini memperoleh pad tambahan di area telapak sehingga jari jari bisa sedikit ringan ketika mengangkat benda benda berat.

8. Safety Kevlar Gloves

Sarung tangan kevlar menawarkan kemampuan luar biasa di mana dapat membantu tangan terlindungi dari tusukan ataupun luka potong. Kevler gloves biasanya orang gunakan untuk beberapa pekerjaan yang punya resiko tinggi soal luka tusuk seperti pahat kaca ataupun logam tajam.

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan jenis sarung tangan safety. Pilihlah safety gloves sesuai dengan risiko kerja yang Anda hadapi sehingga perlindungan yang Anda dapatkan akan sesuai dan maksimal. Pastikan Anda juga memakai perlengkapan APD lain selain safety gloves sehingga Anda terlindungi secara optimal.

Bhinneka: Solusi Pengadaan Sarung Tangan Safety

Bagi Anda tertarik membelinya, silakan cek ketersediaan dan harga terbaru di daftar sarung tangan safety terbaru. Bhinneka menyediakan produk asli dengan kualitas terjamin. Nikmati berbagai layanan menarik seperti gratis ongkir, diskon dan promo.

Anda butuh pengadaan sarung tangan safety untuk para pekerja Anda? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply