Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Safety Shoes, Fungsi dan Jenis Sepatu Safety

Fungsi dan jenis sepatu safety ada bermacam – macam dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis perlindungan dari sepatu tersebut. Safety shoes atau sepatu safety sendiri adalah salah satu jenis APD atau alat pelindung diri yang termasuk dalam bagian K3 dan wajib dikenakan oleh pekerja terutama yang bekerja di area kerja yang berbahaya.

Sepatu safety dibuat untuk menjaga kaki Anda agar aman dari kemungkinan cedera dan ketidaknyamanan saat berada di tempat kerja. Untuk memilih jenis sepatu safety yang paling tepat, tentunya Anda harus menyesuaikannya berdasarkan potensi bahaya yang ada di lingkungan kerja Anda.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai sepatu safety serta apa saja fungsi dan jenis dari sepatu safety yang perlu dikenakan oleh para pekerja.

Pengertian dan Fungsi Safety Shoes

Sepatu safety atau safety shoes adalah bagian dari alat pelindung diri (APD) yang berfungsi untuk melindungi kaki Anda dari kecelakaan kerja. Banyak bidang industri atau pekerjaan yang memiliki risiko kerja cukup tinggi, misalnya saja di industri pertambangan, konstruksi, bahan kimia, dan masih banyak lagi.

jenis sepatu safety

Risiko – risiko kerja yang mungkin terjadi misalnya saja:

  1. Kaki terkena tusukan dari benda tajam atau material tajam misalnya di area konstruksi atau pertambangan
  2. Terjadi keretakan atau patah tulang akibat kaki tertindih benda berat
  3. Bagian kaki terkena cairan kimia yang berbahaya sehingga terjadi luka bakar
  4. Risiko tergelincir pada area kerja yang licin, misalnya akibat minyak

Dengan adanya banyak risiko kecelakaan kerja, maka sepatu safety merupakan salah satu bagian K3 yang wajib dipakai oleh perkerja yang bekerja di area berbahaya.

Umumnya selain mengenakan safety shoes, pekerja juga diwajibkan memakai safety vest dan juga safety helmet, agar perlindungan dapat maksimal. Beberapa manfaat dari menggunakan safety shoes atau sepatu safety yaitu:

  1. Melindungi kaki dari luka akibat sayatan benda tajam di area kerja
  2. Melindungi kaki dari tusukan benda tajam
  3. Melindungi dan meminimalisir cidera kaki berupa terkilir dan patah tulang akibat tertindih benda berat
  4. Melindungi pemakai dari sengatan listrik di area kerja
  5. Melindungi kaki dari luka bakar akibat cairan kimia di area kerja

Jenis Sepatu Safety

Jenis sepatu safety atau safety shoes ada bermacam – macam. Umumnya sepatu safety dibedakan berdasarkan kemampuan dari sepatu tersebut dalam melindungi pemakainya. Misalnya ada jenis sepatu safety yang dilengkapi steel toe cap dan melindungi jari kaki dari tindihan beban berat.

fungsi sepatu safety

Adapula sepatu safety yang memiliki kemampuan slip resistant dan dapat menghambat hantaran listrik sehingga mencegah pemakainya tersengat listrik. Beberapa jenis sepatu safety antara lain:

Water Resistant & Waterproof Shoes

Sepatu Safety yang sifatnya water resistant atau waterproof, dirancang khusus untuk melindungi pemakai dari paparan air dalam jumlah minimal. Biasanya sepatu ini memiliki material dari karet atau plastik, misalnya saja sepatu safetu berupa sepatu boots yang dapat melindungi pemakai dari air atau lumpur.

Antistatic Shoes

Memiliki kemampuan untuk mencegah penumpukan listrik statis pada kaki. Dengan fitur antistatik, Anda dapat mencegah terjadinya penumpukan listrik yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

Electrical Hazard Shoes

Adalah sepatu safety yang dirancang dan memiliki sifat isolator sehingga dapat menghambat hantaran listrik. Sepatu jenis ini cocok digunakan bagi para pekerja yang sering berada di sekitar sirkuit listrik atau mesin dengan tegangan tinggi untuk mengurangi kemungkinan tersengat listrik.

Toed Shoes (Steel & Composite)

Adalah sepatu safety yang pada bagian dalamnya terdapat material besi atau komposit pada area depan sepatu yang berfungsi untuk melindungi jari kaki dari kejatuhan benda saat bekerja.

Slip Resistant Shoes

Sepatu jenis ini memiliki fitur anti slip berkat material khusus di area lapisan sepatunya. Material ini memampukan sepatu untuk tahan terhadap oli dan cairan berbahaya lainnya

Metatarsal Shoes

Jika toed shoes hanya memberikan perlindungan untuk jari kaki saja, maka metatarsal shoes memberikan perlindungan secara menyeluruh, tidak hanya di area jari kaki saja.

Heat Resistant Shoes

Adalah sepatu safety yang dirancang serta memiliki material khusus yang dapat tahan terhadap panas hingga 300 derajat celcius. Biasanya dipakai oleh pekerja yang bekerja dengan sumber panas atau api seperti pemadam kebakaran.

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan jenis sepatu safety. Pilihlah sepatu safety sesuai dengan risiko kerja yang Anda hadapi sehingga perlindungan yang Anda dapatkan akan sesuai dan maksimal. Pastikan Anda juga memakai perlengkapan APD lain selain safety shoes sehingga Anda terlindungi secara optimal.

Leave a Reply