Bhinneka News

Seagate Harddisk 16 TB “PRM” Mulai Memasuki Masa Distribusikan

Pada Kwartal 2 pada 2019 ini, Seagate berencana akan melakukan produksi massal dan melakukan distribusi untuk  harddisk 16 TB PRM sejak akhir Maret 2019 yang diproyeksikan menjadi produk dengan pendapatan tertinggi bagi mereka. Hard drive tersebut tidak menggunakan teknologi heat assisted magnetik recording (HAMR), tetapi menggunakan teknologi perpendicular magnetic recording (PMR) yang disokong dengan teknologi two-dimensional magnetic recording (TDMR).

Pada bulan Desember tahun 2018, Seagate mengirimkan sample hard drive Exos X16 HAMR ke beberapa pihak. Namun, Seagate belum melanjutkan pengembangan drive HAMR dan fokus ke 16 TB 3.5″ berisi helium dengan teknologi 9-platter PMR + TDMR. Seagate belum memberikan informasi lengkap tentang perkembangan dari drive 16 TB mereka yang menggunakan teknologi HAMR. Hal ini merupakan sebuah kemajuan dari Seagate, karena transisi dari 8-platter ke 9-platter bukanlah hal yang mudah. Transisi ini membutuhkan desain ulang komponen internal dari drive tersebut.

Keuntungannya, drive dapat memiliki ukuran penyimpanan yang lebih besar. Seagate merupakan produsen kedua setelah Toshiba, yang menggunakan teknologi 9-platter ini. Hadirnya drive 16 TB ini sangat membantu kreator konten yang membutuhkan ukuran storage lebih untuk proyek mereka. Hingga saat ini, belum ada informasi dari Seagate mengenai harga dari produk ini. Mereka juga belum memberi informasi mengenai ketersediaan produk ini di Indonesia.

 

 

Leave a Reply