Solusi bisnis distribusi produk digital
Tips & Tutorial

Solusi Bisnis Digital Anti Ribet, Pakai Kode QR Aja!

Kode QR bisa menjadi solusi bisnis Anda! dengan hanya memasukkan kode unik atau scan QR, Anda sudah dapat memberikan kepuasan kepada customer dan karyawan Anda. Praktis dan canggih, bukan? Itu semua dapat dilakukan berkat kode QR. Solusi agar bisnis Anda lebih cepat, mudah, dan aman!

Namun, apa itu kode QR? Bagaimana itu bisa membantu kelancaran bisnis Anda?

Lebih Dekat dengan Kode QR

QRIS atau singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard adalah standar kode QR (Quick Response Codes) nasional untuk mefasilitasi pembayaran di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Baca juga: Cara Belanja di Microsite Bhinneka, Mudah dan Cepat

kode qr Aronawa

Pada era digital seperti saat ini, pembayaran dengan menggunakan Quick Response Codes sudah sangat sering dilakukan. Hampir seluruh pelaku bisnis saat ini menyediakan kode QR dengan fitur yang berbeda.

Apabila Anda belum familiar dengan ini, kode QR berbentuk kumpulan dari kode piksel hitam dan juga putih yang tercantum dalam sebuah kotak kecil dari berbagai macam data.

Umumnya, Quick Response Codes dapat ditemukan dipamflet promosi suatu produk atau juga di dalam kemasan produk online. Saat customer melakukan pemindaian kode QR maka secara otomatis customer akan mengakses ke halaman produk yang sedang promo, menu pembayaran, juga halaman lain sesuai dengan arahan kode QR.

Dalam praktik bisnis, Quick Response Codes sendiri sudah dapat digunakan pada:

  1. Pamflet promosi
  2. Struk pembelian
  3. Kemasan produk
  4. Menu restoran
  5. Tiket acara, dsb.

Tidak hanya itu, kode QR juga digunakan untuk mengakses berbagai macam hal, seperti:

  1. Promo, diskon, dan juga penawaran khusus
  2. Melihat lokasi bisnis
  3. Rekomendasi untuk produk
  4. Konfirmasi pembayaran
  5. Profil bisnis Anda
  6. Form feedback customer, dsb.

Dengan berbagai macam keunggulan dari penggunaan kode QR, semenjak September 2021, Bhinneka sebagai pemimpin B2B e-Commerce di Indonesia ikut menerapkan kode QR sebagai bentuk inovasi dan beradaptasi dengan teknologi terkini. Penggunaan kode QR diharapkan dapat membantu bisnis UMKM yang tergabung dalam bisnis Bhinneka.Com.

Kode QR: Solusi Distribusi Produk Digital yang Praktis

distribusi produk digital

Berdasarkan karakteristik kode QR, baik customer maupun merchant sangat akan diuntungkan dengan penggunaan teknologi ini. Terdapat beberapa masalah di dunia bisnis yang acap kali dialami oleh para pelaku bisnis, seperti:

  1. Kebingungan dalam memberikan loyalty program kepada customer dalam jumlah banyak disebabkan minimnya budget yang dimiliki.
  2. Kesulitan dalam mengimplementasikan menerapkan strategi pemasaran secara masif secara efektif dan juga efisien.

 

masalah yang dihadapi bisnis anda

Dengan adanya kode QR ini dapat menjadi solusi bisnis perusahaan, Anda dapat menyelesaikan dua permasalahan di atas tanpa harus ribet. Melalui kode QR yang diberikan Bhinneka.Com, customer Anda dapat mendapatkan loyalty berupa produk digital sebagai reward yang diperolehnya.

Produk digital, seperti pulsa atau uang elektronik, merupakan salah satu reward yang murah dan dapat menjangkau banyak customer secara sekaligus. Menarik, bukan? Bhinneka.Com secara tidak langsung membantu menyukseskan bisnis Anda dengan memberikan kepuasan kepada customer.

Keunggulan Kode QR Bhinneka.Com

1. Meningkatkan Kepuasan Customer

Tahukah Anda bahwa sebagian besar pendapatan yang diperoleh dari suatu bisnis berasal dari customer yang sebelumnya telah membeli produk Anda? Banyak pebisnis yang berusaha untuk mempertahankan customer-nya. Lalu, bagaimana cara agar customer dapat setia dengan produk bisnis Anda? Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan loyalty program.

Loyalty program merupakan suatu strategi yang digunakan pebisnis untuk memuaskan customer sehingga customer tersebut secara terus-menerus berlangganan membeli produk yang ditawarkan. Pemberian reward hadiah, seperti bonus pulsa atau e-money, adalah satu contoh bentuk dari loyalty program.

hadiah costumer dengan kode qr

Dengan solusi bisnis kode QR dari Bhinneka, Anda dapat memberikan reward tersebut kepada customer. Prosesnya pun sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Bhinneka akan memberikan kode QR atau kode unik kepada pelanggan untuk didistribusikan baik melalui kemasan produk maupun media komunikasi lainnya.
  2. QR dicetak untuk didistribusikan melalui email kepada customer.
  3. QR juga dapat dicetak pada kartu ucapan terima kasih dan didistribusikan bersamaan dengan pengiriman produk kepada customer.

Baca juga: Cara Bayar di Bhinneka.Com

2. Bentuk Apresiasi Kepada Karyawan

Karyawan merupakan aset perusahaan yang harus dipertahankan. Karyawan sangat mempengaruhi kesuksesan perusahaan, maka dari itu perlu diberikan apresiasi salah satunya dengan memberikan reward dan insentif seperti Star of The Month, Top Sales Perfomance bahkan untuk donasi.reward karyawan

Dengan Kode QR dari Bhinneka, proses pemberian reward, insentif ataupun donasi sangat praktis efisien dan efektif, berikut langkah-langkahnya:

  1. Bhinneka akan memberikan QR atau kode unik kepada karyawan.
  2. Tim HRD akan mencetak kode tersebut dan ditempelkan pada hadiah fisik atau bisa dilakukan secara digital dengan didistribusikan melalui email blast atau personal kepada karyawan.
  3. Karyawan bisa langsung scan kode dan melakukan proses redeem.

Redeem Journey

redeem journey

Adapun langkah-langkah melakukan redeem:

  1. Penerima dibawa ke halaman khusus untuk memasukka nomor HP.
  2. Penerima diminta memasukkan kode unik yang sudah didapatkan.
  3. Penerima memastikan bahwa nomor yang dimasukkan sudah benar sebelum redeem.
  4. Redemption berhasil, pulsa atau uang elektronik langsung masuk ke nomor yang dimasukkan sebelumnya.

Loyalty & Reward Program

manfaat berlangganan kode qr di Bhinneka

Loyalty dan reward sering dilakukan perusahaan untuk mempertahankan costumer, namun terkadang caranya ribet dan tidak praktis. Bhinneka hadir sebagai solusi bisnis dengan proses yang praktis dan mudah, berikut manfaat berlanggan digital produk di Bhinneka.

Cukup Satu Invoice – Seluruh transaksi top up dan pembayaran dalam satu invoice.

Mudah dan Tidak Merepotkan – Tidak lagi membutuhkan SDM untuk melakukan top up manual, sehingga bisa lebih efisien dan mencegah human error.

Pulsa & Uang Elektronik

pulsa dan e money

Bhinneka hadir dengan beragam produk, salah satunya adalah produk digital seperti pulsa dan uang elektronik. Berkut beberapa produk digital Bhinneka:

Pulsa – Bhinneka menyediakan pulsa dengan jenis Prabayar atau Pasca Bayar dari berbagai provider diantaranya Telkomsel, Indosat, Xl, Axis, Smartfren dan Tri.

Uang Elektronik – Bhinneka bekerja sama dengan dengan perusahaan penyedia uang elektronik seperti Gopay, Ovo, Dana, Link, Shopee pay sebagai alat pembayaran.

Baca juga: Bhinneka QRIS, Dorong Inklusi Keuangan untuk Transformasi Digital

Berlangganan Produk Digital Mudah & Praktis

produk digital Bhinneka

Bhinneka menjadi solusi bisnis produk digital anda, semua dilakukan dengan cara mudah dan praktis. Adapun tiga langkah-langkahnya yaitu:

  • Hubungi tim Bhinneka melalui digital@bhinneka.com
  • Berikan keterangan lengkap tentang produk yang ingin dilanggan
  • Produk dan tagihan akan dikirimkan langsung setiap bulan

1 Comment

Leave a Reply