Bhinneka News

Televisi Ultra High-Definition Mendekati Kenyataan

Jangan risau bila belum cukup puas dengan HDTV yang anda miliki, karena televisi Ultra High Definition (UHDTV) memulai langkah penting untuk menjadi kenyataan, ketika para ahli mencapai kesepatakan sebagian besar karakteristik teknis standar baru televisi dengan resolusi yang lebih tinggi.

UHDTV menandai lompatan menuju masa depan dari standar televisi HD saat ini, dalam membawa kualitas visual mencapai level baru dengan makin meningkatnya resolusi televisi.

Christoph Dosch ketua kelompok studi penyiaran menyatakan, UHDTV menjanjikan satu perubahan besar dari komunikasi audio-visual dan penyiaran dalam dekade terakhir. Teknologi benar-benar berada pada titik puncak mengubah pengalaman seseorang dalam komunikasi audio-visual.

Para ahli yang terdiri dari ilmuan dan insinyur dari seluruh dunia bekerja selama beberapa tahun di ITU study group on broadcasting service (ITU-R study group 6), untuk bersama-sama mengembangkan dan menyepakati spesifikasi teknis dalam menciptakan UHDTV.

Sejumlah perusahaan sudah bekerja menghasilkan teknologi dengan kemampuan quad-FHD (3840×2160, QFHD), bahkan ultra high-definition (7680×4320, UHD, UHDTV maupun Super Hi-Vision (SHV)). Kamera dan layar dengan kemampuan memfilmkan dan menampilkan QFHD dan video UHD sudah ada saat ini, namun masih sangat langka. Pada awal tahun, Sharp pernah mendemonstrasikan layar LCD 85” yang mampu menampilkan resolusi 7680×4320 pixel.

Hamadoun Toure sekretaris jenderal ITU menyatakan, UHDTV akan menghasilkan pengalaman yang lebih mendalam bagi pemirsanya dan akan menciptakan sejumlah peluang bisnis dan pasar baru.

Leave a Reply